Inilah 5 Penemuan Leonardo Da Vinci Yang Jarang Diketahui

Kalian pasti sudah tahu siapa itu Leonardo Da Vinci, atau paling tidak sudah pernah mendengar namanya. Dia merupakan seorang seniman besar, penemu, dan ilmuan yang lahir di Italia, dimana karya-karyanya sudah terkenal bahkan melegenda di dunia.

Salah satu karyanya yang paling terkenal di dunia yaitu lukisan Monalisa. Lukisan tersebut terkenal dengan misteri dan kontroversi nya, sebab banyak spekulasi tentang lukisan tersebut yang sampai sekarang belum bisa dipecahkan.

Tapi tahu kah kalian, kalau Leonardo Da Vinci juga memiliki karya-karya lain yang tidak kalah hebat dibandingkan lukisan Monalisa. Bisa dikatakan ini adalah penemuan Leonardo Da Vinci yang cukup terkenal pada masa itu. Penasaran? berikut ulasannya

1. Flying Machine

Penemuan Leonardo Da Vinci

Flying Machine via wikimedia.org

Kalau kalian pernah nonton film serial “Da Vinci’s Demons” pasti tahu bentuk dan cara kerja alat ini. Flying Machine (mesin terbang) dikenal juga dengan sebutan ornithopter terinspirasi dari kekelawar atau burung lainnya.

Leonardo Da Vinci merancang sebuah alat (mesin) dimana penguna berbaring ditengah dan untuk bisa mengerakan mesinnya, penguna harus mengayuh engkol yang terhubung langsung ke sistem batang dan katrol.

Setelah diudara, sayap dirancang untuk bisa pengepak seperti burung. Tapi sayangnya, karena peralatan pada saat itu belum terlalu canggih, sehingga alat tersebut tidak berfungsi sebagai mana semestinya.

2. Machine Gun

Penemuan Leonardo Da Vinci

Machine Gun via wikimedia.org

Leonardo Da Vinci membuat alat ini karena kebenciannya terhadap perang yang sering terjadi pada masa itu. Selain itu penemuan Leonardo Da Vinci ini juga digunakannya semata-semata hanya untuk melindungi keluarganya saja.

Machine Gun buatan Leonardo Da Vinci sangat berbeda dengan Machine Gun modern. Alat ini juga merupakan satu-satunya alat paling berbahaya dan mematikan yang pernah dibuat oleh Leonardo Da Vinci.

3. Parachute

Penemuan Leonardo Da Vinci

Parachute via wikimedia.org

Leonardo Da Vinci memang dikenal sebagai ilmuan yang banyak menghabiskan waktunya memikirkan bagaimana manusia bisa berada di udara, dan yang lebih penting lagi, yaitu bagaimana cara mereka kembali dengan selamat.

Pada akhirnya dia berhasil membuat sebuah struktur kayu berbentuk piramida dengan sepotong kain yang berguna memperlambat kecepatan seseorang jatuh ke bumi. Dengan alat ini memungkinkan manusia menjatuhkan dirinya dari ketinggian tanpa mengalami cidera apapun.

4. Diving Suit

Penemuan Leonardo Da Vinci

Diving Suit via pixabay.com

Penemuan Leonardo Da Vinci yang ini merupakan pesanan dari pemerintahan saat itu yang dipergunakan untuk kegiatan militer. Penemuannya ini adalah alat menyelam yang bertujuan untuk mengejutkan musuh-musuh berkapal yang akan menyerang.

5. Armored Tank

Penemuan Leonardo Da Vinci

Armored Tank via wikimedia.org

Leonardo Da Vinci adalah orang pertama yang merancang sebuah mesin perang berlapis baja. Saat itu dia bekerja untuk Duke of Milan, dia menciptakan mesin perang berlapis baja lengkap dengan 36 senjata untuk delapan orang.

Secara teori mesin perang penemuan Leonardo Da Vinci hampir tidak terkalahkan, tapi ada kesalahan dalam desainnya yaitu gigi roda depan dan belakang bergerak berlawanan arah. Tapi, banyak para sejarawan yang meragukan itu adalah kesalahan yang dibuat Leonardo Da Vinci tanpa sengaja.

Para sejarawan percaya dan yakin itu merupakan taktik perang yang dibuat Leonardo Da Vinci, dimana hanya dia yang bisa merakit mesin perang tersebut, sehingga menjaga mesin perang tersebut agar tidak direbut kemudian digunakan oleh musuh.

Baca juga: 10 Kata Mutiara Albert Einstein Yang Menginspirasi Banyak Orang

Loading...

Add Comment