7 Peninggalan Kerajaan Banten Yang Menarik Diketahui Agar Kita Tidak Lupa Sejarah

Kerajaan Banten awalnya adalah bagian dari kerajaan Demak, sampai akhirnya memisahkan dan mendirikan kerajaan sendiri pada tahun 1526 di ujung barat pulau Jawa, dimana raja pertamanya adalah Sultan Maulana Hasanudin.

Kerajaan Banten mencapai kecapai kejayaan yang luar biasa pada tahun 1651-1682, dimana rajanya pada saat itu adalah Sultan Ageng Tirtayasa. Sampai akhirnya Belanda datang dan meruntuhkan kerajaan ini pada tahun 1813.

Inilah 7 Kejadian Memalukan Wanita Kejepit Sesuatu Paling Langka

Selama berkuasa kurang lebih 3 abad tersebut, kerajaan Banten meninggalkan beberapa bukti bahwa kerajaan ini pernah berjaya di pulau Jawa .Lantas, apa saja peninggalan kerajaan Banten tersebut? berikut ulasannya

1. Masjid Agung Banten

Peninggalan Kerajaan Banten

Masjid Agung Banten via wikimedia.org

Masjid Agung Banten adalah salah satu bukti peninggalan kerajaan Banten sebagai salah satu kerajaan Islam di Indonesia. Masjid yang berada di desa Banten Lama, kecamatan Kasemen ini masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Masjid Agung Banten dibangun pada tahun 1652, tepat pada masa pemerintahan putra pertama Sunan Gunung Jati yaitu Sultan Maulana Hasanudin. Selain itu, Masjid Agung Banten juga merupakan salah satu dari 10 masjid tertua di Indonesia yang masih berdiri sampai sekarang.

Keunikan masjid ini yaitu bentuk menaranya yang mirip mercusuar dan atapnya mirip atap pagoda khas China. Selain itu, dikiri kanannya bangunan masjid tersebut ada sebuah serambi dan komplek pemakaman sultan Banten bersama keluarganya.

2. Istana Keraton Kaibon

Peninggalan Kerajaan Banten

Istana Keraton Kaibon via kekunaan.blogspot.co.id

Peninggalan kerajaan Banten yang selanjutnya yaitu bangunan Istana Keraton Kaibon. Istana ini dulunya digunakan sebagai tempat tinggal Bunda Ratu Aisyah yang merupakan ibu dari Sultan Syaifudin.

Tapi kini bangunan ini sudah hancur dan tinggal sisa-sisa runtuhannya saja, sebagai akibat dari bentrokan yang pernah terjadi antara kerajaan Banten dengan pemerintahan Belanda di nusantara pada tahun 1832.

3. Istana Keraton Surosowan

Peninggalan Kerajaan Banten

Istana Keraton Surosowan via iraganean.blogspot.co.id

Selain Istana Keraton Kaibon, ada satu lagi peninggalan kerajaan Banten yang berupa Istana yaitu Istana Keraton Surosowan. Istana ini digunakan sebagai tempat tinggal Sultan Banten sekaligus menjadi tempat pusat pemerintahan.

Nasib istana yang dibangun pada 1552 ini juga kurang lebih sama dengan Istana Keraton Kaibon, dimana saat ini tinggal sisa-sisa runtuhan saja yang bisa kita lihat bersama dengan sebuah kolam pemandian para putri kerajaan.

Baca juga: Mengenal 10 Peninggalan Kerajaan Kutai dan Sejarahnya

4. Benteng Speelwijk

Peninggalan Kerajaan Banten

Benteng Speelwijk via matabuderfly.blogspot.com

Benteng Speelwijk adalah peninggalan kerajaan Banten sebagai bentuk dalam membangun poros pertahanan maritim kekuasaan kerajaan di masa lalu. Benteng setinggi 3 meter ini dibangun pada tahun 1585.

Selain berfungsi sebagai pertahanan dari serangan laut, benteng ini juga digunakan untuk mengawasi aktivitas pelayaran di sekitar Selat Sunda. Benteng ini juga memiliki Mercusuar, dan didalamnya juga ada beberapa meriam, serta sebuah terowongan yang menghubungkan benteng tersebut dengan Istana Keraton Surosowan.

5. Danau Tasikardi

Peninggalan Kerajaan Banten

Danau Tasikardi via malangnews.blogspot.com

Di sekitar Istana Keraton Kaibon, ada sebuah danau buatan yaitu Danau Tasikardi yang dibuat pada tahun 1570 – 1580 pada masa pemerintahan Sultan Maulana Yusuf. Danau ini dilapisi dengan ubin dan batu bata.

Danau ini dulunya memiliki luas sekitar 5 hektar, tapi kini luasnya menyusut karena dibagian pinggirnya sudah tertimbun tanah sedimen yang dibawa oleh arus air hujan dan sungai di sekitar danau tersebut.

Danau Tasikardi pada masa itu berfungsi sebagai sumber air utama untuk keluarga kerajaan yang tinggal di Istana Keraton Kaibon dan sebagai saluran air irigasi persawahan di sekitar Banten.

6. Vihara Avalokitesvara

Peninggalan Kerajaan Banten

Vihara Avalokitesvara via amboyindonesia.blogspot.co.id

Walaupun kerajaan Banten adalah kerajaan Islam, tapi toleransi antara warga biasa dengan pemimpinnya dalam hal agama sangat tinggi. Buktinya adalah adanya peninggalan kerajaan Banten yang berupa bangunan tempat ibadah agama Budha.

Tempat ibadah umat Budha tersebut yaitu Vihara Avalokitesvara yang sampai sekarang masih berdiri kokoh. Yang unik dari bangunan ini yaitu di dinding Vihara tersebut ada sebuah relief yang mengisahkan tentang legenda siluman ular putih.

7. Meriam Ki Amuk

Peninggalan Kerajaan Banten

Meriam Ki Amuk via madingcangkir.blogspot.co.id

Seperti yang disebut sebelumnya, di dalam benteng Speelwijk adalah beberapa meriam, dimana diantara meriam-meriam tersebut ada meriam yang ukurannya paling besar dan diberi nama meriam ki amuk.

Dinamakan seperti itu, karena konon katanya meriam ini memiliki daya tembakan sangat jauh dan daya ledaknya sangat besar. Meriam ini adalah hasil rampasan kerajaan Banten terhadap pemerintah Belanda pada masa perang.

Nah, itulah beberapa peninggalan kerajaan Banten yang menarik diketahui agar kita tidak lupa sejarah. Tapi sayang beberapa peninggalan tersebut tinggal sisa runtuhan saja akibat perang melawan Belanda di masa penjajahan.

Baca juga: Menarik Diketahui, Inilah 4 Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai

Loading...

Add Comment