Mengenal 10 Peninggalan Kerajaan Kutai dan Sejarahnya

Bagi yang suka baca buku sejarah waktu di sekolah, pasti ingat tentang kerajaan Kutai, dimana diketahui kerajaan yang dulunya berada di kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara ini adalah kerajaan Hindu tertua di Indonesia.

Walaupun sering dibahas di bangku sekolah, tapi kebanyakan dari kita jarang mendengar tentang peninggalan dan sejarah tentang kejayaan Kerajaan Kutai yang diketahui sudah ada sejak abad ke 4 Masehi.

Makanya, sebagai tambahan informasi berikut adalah beberapa peninggalan Kerajaan Kutai dan sejarahnya, dimana beberapa di antaranya masih bisa ditemukan di Museum Mulawarman di Kota Tenggarong, berikut ulasannya

Peninggalan Kerajaan Kutai

1. Prasasti Yupa

Prasasti Yupa merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Kutai tertua, dimana benda bersejarah ini adalah salah satu bukti terkuat bahwa Kerajaan bercorak Hindu ini memang pernah ada di Kalimantan Timur.

Ada 7 Prasasti Yupa yang masih ada sampai sekarang, dimana prasasti ini ditulis mengunakan bahasa Sansekerta dan Aksara yang menceritakan tentang kehidupan sosial, politik, dan budaya Kerajaan Kutai.

2. Ketopong Sultan

Ketopong Sultan adalah sebuah mahkota terbuat dari emas yang biasanya dipakai oleh Sultan Kerajaan Kutai. Mahkota ini memiliki berat sekitar 1,98 kg dan disimpan di Museum Nasional di Jakarta.

Sedangkan Ketopong Sultan yang dipajang di Museum Mulawarman di Tenggarong, Kutai Kartanegara adalah ketopong tiruan. Ketopong ini ditemukan pada tahun 1890 di Muara Kaman, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

3. Kalung Ciwa

Kalung Ciwa juga merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Kutai yang ditemukan pada tahun 1890 oleh seorang penduduk lokal di Danau Lipan, Muara Kaman. Sampai saat ini Kalung Ciwa masih digunakan oleh Sultan Kerajaan Kutai bila ada pesta penobatan sultan baru.

Peninggalan Kerajaan Kutai

4. Kura-Kura Emas

Kura-Kura Emas adalah salah satu peninggalan Kerajaan Kutai yang cukup unik, dimana benda ini bisa ditemukan di Museum Mulawarman di Tenggarong. Kura-Kura Emas ini ditemukan di hulu sungai Mahakam yang bernama Long Lalang.

Berdasarkan riwayatnya, benda ini merupakan persembahan untuk putri Kerajaan Kutai yang bernama Aji Bidara Putih oleh seorang pangeran yang berasal dari salah satu kerajaan di China sebagai bentuk kesungguhan untuk mempersunting sang putri.

5. Pedang Sultan Kutai

Pedang Sultan Kutai juga kini tersimpan di Museum Nasional di Jakarta. Karakteristik pedang kebesaran Kerajaan Kutai ini yaitu pada gagangnya terukir seekor harimau yang siap menerkam, sedangkan pada ujung sarung pedangnya terukir seekor buaya.

Baca juga: 7 Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang Menarik Diketahui

6. Keris Bukit Kang

Konon katanya Keris Bukit Kang ini adalah keris milik Permaisuri Aji Putri Karang Melenu, dimana berdasarkan legendanya Aji Putri Karang Melenu adalah seorang putri yang ditemukan disebuah gong di atas balai bambu yang hanyut di sungai.

Di dalam gong tersebut, selain ditemukan seorang bayi perempuan yang tidak lain adalah Aji Putri Karang Melenu, ditemukan juga telur ayam, dan sebuah keris. Keris inilah yang dipercaya sebagai Keris Bukit Kang.

Peninggalan Kerajaan Kutai

7. Singgasana Sultan

Singgasana Sultan adalah salah satu peninggalan Kerajaan Kutai yang sampai sekarang masih terjaga dan terawat dengan baik. Dahulu, singgasana yang sekarang berada di Museum Mulawarman ini sering digunakan oleh raja-raja kutai terdahulu.

8. Kelambu Kuning

Ada beberapa benda peninggalan Kerajaan Kutai yang diyakini dan dipercaya memiliki kekuatan magis oleh penduduk asli suku Kutai sampai sekarang ini. Nah, benda-benda ini disimpan di dalam Kelambu Kuning ini untuk menghindari bala yang bisa ditimbulkannya.

9. Kalung Uncal

Kalung Uncal merupakan kalung emas seberat sekitar 170 gram dengan liontin berelief kisah ramayana. Sampai sekarang, kalung ini menjadi salah satu atribut Kerajaan Kutai dan hanya digunakan oleh Sultan Kerajaan Kutai.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kalung ini diperkirakan berasal dari India, dimana diketahui hanya ada dua Kalung Uncal di dunia, satunya berada di India sana dan satunya lagi ada di Museum Mulawarman di Tenggarong.

10. Meriam

Peninggalan Kerajaan Kutai

Ada 4 Meriam yaitu Meriam Sapu Jagat, Meriam Gentar Bumi, Meriam Aji Entong, dan Meriam Sri Gunung, dimana keempat Meriam ini masih terawat dengan baik sampai sekarang ini. Banyak orang beranggapan bahwa Meriam-Meriam ini adalah bukti bahwa Kerajaan Kutai memiliki sistem pertahanan yang kuat.

Nah, itulah beberapa peninggalan Kerajaan Kutai dan sejarahnya. Jika ingin mengetahui lebih jauh lagi bisa kunjungi Museum Mulawarman di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Baca juga: 5 Candi Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Yang Menarik Diketahui

Loading...

Add Comment