7 Hal Sepele Yang Bisa Jadi Penyebab Puasa Batal! Waspadalah!!

Penyebab Puasa Batal

Ilustrasi Penyebab Puasa Batal

Karena kita bukan lagi anak SD yang puasa-nya hanya sekedar menahan haus dan lapar, maka kita wajib menahan segala godaan-godaan yang bisa memicu dosa saat kita sedang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.

Di bulan Ramadhan, umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa sangat diharuskan menjaga sikap sebaik-baiknya, kalau bisa jangan pernah sedikit pun mendekati kegiatan-kegiatan yang bisa membatalkan puasa Ramadhan.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Tapi, terkadang ada beberapa hal sepele yang biasa kita lakukan tapi bisa membuat batal ibadah puasa. Lantas, hal sepele apa saja yang bisa membatalkan puasa di bulan Ramadhan ini? berikut ulasannya

1. Main Media Sosial

Di jaman sekarang siapa yang tidak punya akun sosial media? bahkan ada beberapa orang yang punya lebih dari satu akun di sosial media. Terkadang, scroll timeline pun sudah sama seringnya seperti dia bernafas.

Berkat sosial media juga kita bisa tahu update kabar orang yang kita kenal tanpa harus bertanya terlebih dahulu. Tapi hati-hati, keasyikan main media sosial, kemudian menemukan kabar yang tidak diharapkan, misalnya kabar mantan yang sudah punya gebetan baru.

Karena kabar dari mantan ini bisa membuat hatimu jadi panas dan cemburu pun merajarela dihatimu. Kalau sudah begini, habislah pahala puasamu, karena kamu akan menjadi lebih emosi sepanjang hari.

2. Olahraga

Hal sepele selanjutnya yang bisa jadi biang keladi penyebab puasa batal yaitu olahraga. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa olahraga adalah salah satu kebutuhan tubuh yang harus dilakukan jika ingin sehat lebih lama.

Tapi berhubung saat ini kita sedang menjalankan ibadah puasa, lebih baik jangan berolahraga di siang hari. Karena, bisa-bisa waktu sampai rumah tanpa sadar kamu langsung mengambil air dingin di dalam kulkas karena dehidrasi.

Maklum, karena kehausan habis olahraga, terkadang kita lupa bahwa sedangkan menjalankan ibadah puasa. Jadi biar lebih aman, sebaiknya jadwal olahragamu diganti ke malam hari saja, sehabis sholat Tarawih saja.

3. Nonton TV

Nonton TV juga bisa jadi penyebab puasa batal. Alasannya sederhana, walaupun TV adalah media hiburan, tapi tidak semua tayangan di TV bisa menghiburmu, ada beberapa tayangan yang malah bisa membuat emosi seseorang.

Misalnya, nonton pertandingan sepakbola, jadi emosi karena tim kesayanganmu kalah telak, nonton acara gosip, tambah emosi karena yang diberitakan itu-itu saja, atau nonton sinetron, semakin tambah emosi karena pemeran utamanya terus dianiaya tapi tetap diam saja.

Kalau kamu memang mudah emosi, mending jangan nonton TV disaat sedang menjalankan ibadah puasa. Kan rugi besar, kalau sampai puasamu batal karena sedikit-sedikit emosi lihat acara-acara di TV.

4. Mendengarkan Lagu

Mendengarkan lagu memang tidak akan membuatmu langsung emosi, tapi lain ceritanya kalau lagu yang kamu sedang dengarkan adalah lagu galau, kemudian teringat kenangan masa lalu dengan dia yang dulu pernah bahagia denganmu.

Tapi kini kamu sedang sendiri tanpa dia lagi disampingmu, sedangkan dia yang dulu bahagia bersamamu, baru saja mengirimkan surat undangan pernikahannya dengan pasangan lain habis lebaran nanti.

Kemudian kamu bertanya-tanya? kenapa dia bisa begitu cepatnya move on? karena tidak bisa menerima kenyataan, akhirnya kamu menangis. Semua ini terjadi karena apa? karena hanya sebuah lagu.

5. Ngabuburit

Banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan sambil menunggu datangnya waktu berbuka puasa di bulan Ramadhan, salah satunya yaitu Ngabuburit. Ngabuburit adalah salah satu momen yang khas di bulan Ramadhan.

Tapi tunggu dulu, kalau kamu tinggal di kota kecil memang asyik Ngabuburit sama teman-teman keliling kota dengan motor kesayangan. Tapi lain ceritanya. kalau kamu tinggal di kota besar seperti di kota Jakarta.

Jangan pernah mencoba Ngabuburit, yang ada kamu justru jadi emosi melihat banyaknya jalanan yang macet. Niatnya mau menghabiskan waktu menunggu datang berbuka puasa, malah bisa jadi buka sebelum waktunya.

6. Main Game

Selain jalan-jalan keliling kota, main game bisa jadi pilihan yang cocok untuk menghabiskan waktu sambil menunggu datangnya waktu berbuka puasa. Karena asyiknya main game, bedug magrib tidak terasa lama.

Biar lebih seru lagi, main game-nya sama teman-teman, tapi kalau memainkan tipe game pertandingan harus sportif. Kalau kalah ya kalah, jangan sampa ada yang tidak terima, terus marah-marah sampai berkelahi.

7. (Khusus Cowok) Chatting Dengan Pacar Yang Sedang PMS

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa wanita yang sedang PMS bukanlah waktu cocok diajak berkomunikasi. Sebaiknya kamu jangan terlalu sering berkomunikasi dengannya, termasuk juga dengan Chatting.

Daripada kamu chatting dengannya tapi apapun yang kamu katakan dianggap salah terus dan ujung-ujungnya berantem, mending kamu tidur atau ngaji untuk memperbanyak pahalamu di bulan Ramadhan ini. Tapi, kamu harus cari alasan yang tepat, agar dia tidak merasa kamu abaikan.

Nah, beberapa hal sepele yang biasa dilakukan tapi bisa jadi penyebab puasa batal di bulan Ramadhan. Intinya, apapun yang sedang kamu lakukan disaat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, kamu harus menjaga sikap sebaik-baiknya.

Baca Juga: 11 Lagu Religi Terbaik Yang Selalu Jadi Hits di Bulan Ramadhan

Loading...

Add Comment