Perbankan Syariah Tempat Menabung Yang Baik

Perbankan Syariah Tempat Menabung Yang Baik

Ilustrasi Bank Syariah

Perbankan syariah tentunya sudah sangat kita kenal ada disekitar kita. Memang jika kita tidak mengerti sepintas memang tidak ada perbedaan antara menabung ke bank konvensional dan bank syariah. Akan tetapi jika kita cermati tentunya ada sejumlah keunggulan jika anda memiliki tabungan di perbankan syariah. Dimana keunggulannya? Tentu saja keunggulannya yaitu ada pada basis syariah yang telah mendasari operasinya.

Jika di bank konvensional konsep hubungannya yaitu bank dan penabung. Jika di perbankan konvensional bank tentunya menjadi debitor dan penabungnya menjadi kreditor. Dengan atas dasar simpan pinjam kemudian bank membayar bunga kepada penabung dengan tingkat bunga yang telah di tentukannya, tidak pedulu berapa untuk keuntungan yang diperoleh bank ataupun kerugian yang di derita oleh bank tersebut.

Akan tetapi jika di perbankan syariah si penabung ini menjadi sebagai mitra bank dan sekaligus sebagai investor untuk bank tersebut. Tentunya jika ia sebagai investor maka berhak untuk menerima hasil dari investasi bank tersebut. Maka dari itu untuk hasil yang diperoleh dari penabung bisa naik dan turun dengan proporsional, mengikuti dari perolehan banknya.

Jika kita bermuamalah dengan berdasarkan konsep kemitraan serta kebersamaan maka akan di dalam profit dan risk itu juga akan menjadi lebih mewujudkan ekonomi yang lebih adil dan juga lebih transparan. Kemudian selain itu juga perbedaan pengolahan dana mengenai bagaimana di manfaatkanya akan mengetahuinya, namun jika di bank konvensional penabung tidak akan tahu dan tidak memiliki hak untuk tahu kemana dana tersebut akan disalurkan.

Dalam perbankan syariah tentunya juga menyeleksi proyek yang akan didanai, dalam hal ini tentunya bukan hanya melihat dari sisi kelayakan, akan tetaoi juga mengenai usaha tetapi yang halal atau yang haram usaha tersebut. Untuk semua nasabah baik itu sebagai deposan ataupun debitor terhindar dari adanya praktik moral hazard yang biasanya bersumber dari sistem riba.

Nah ada banyak kemaslahatan bersama dengan kita menggunakan perbankan syariah sebagai tempat kita memliki tabungan rencana untuk masa depan.

Loading...

Add Comment