Pesona Telogo Madirda Yang Sangat Alami

Pesona Telogo Madirda Yang Sangat Alami

Diantara sekian banyak obyek wisata di kaki Gunung Lawu, terdapat sebuah telaga atau telogo yang masih sangat alami. Telogo Madirda namanya. Telogo ini menyimpan pemandangan alam yang sangat mempesona. Karena belum dikembangkan sebagai obyek wisata favorit, maka masih sedikit orang yang mengunjunginya. Tetapi hal itu malah membuat kealamian telaga ini semakin terjaga, dan pesonanya pun semakin terasa. Bagi Anda yang penasaran seperti apa Telogo Madirda ini, sebaiknya segera mengunjunginya dengan menggunakan sewa mobil .

Kealamian Yang Ada di Telogo Madirda

Telaga Madirda berada di sebuah lembah. Perbukitan di sekitar lereng Gunung Lawu seperti menyembunyikan keberadaan lembah tersebut. Dahulu diperkirakan seluruh bagian lembah adalah telaga. Karena mengalami pendangkalan, telaga yang tersisa hanya sepertiganya saja. Untuk memasuki lembah ini terdapat dua buah pintu masuk, melalui loket utama atau dari wilayah pemukiman penduduk. Dengan menggunakan kendaran kecil seperti rental mobil online, kita tidak akan kesulitan menemukan tempat parkir. Setelah memarkir mobil, kita dapat menikmati kealamian telogo yang berupa:

1. Kondisi alam sekitar

Jika kita mengunjungi Telogo Madirda, akan terasa kondisi alam sekitar yang masih sangat natural. Tanaman-tanaman yang ada merupakan jenis yang biasanya tumbuh di lereng-lereng gunung tropis. Pohon-pohonnya tinggi dan juga lebat. Di tepi telaga serta pada lereng bukit banyak ditemui semak-semak yang tumbuh liar. Suara burung dan hewan hutan yang sesekali terdengar memecah kesunyian yang biasanya menyelimuti tempat ini. Keramaian di Telaga Madirda hanya terjadi saat perayaan Nyepi, ketika dilakukannya prosesi Melasti oleh umat Hindu.

2. Air telaga

Telaga Madirda ukurannya tidaklah luas. Jika dibandingkan dengan Telaga Wahyu yang juga berada di kaki Gunung Lawu, telaga ini hanya 1/10 luasnya. Walaupun demikian, air Telogo Madirda sangatlah jernih. Air ini berasal dari mata air yang alami. Kejernihan air telaga ini membuat dasar dari telaga dapat terlihat jelas. Akan tampak ikan-ikan kecil yang berenang kesana-kemari. Dasar telaga tampak begitu hijau, dengan lumut dan ganggang yang tumbuh disana.

3. Sumber air alami

Di daerah sekitar Telogo Madirda, bisa ditemui banyak sumber air. Mata air tersebut masih sangat alami serta belum mengalami kontaminasi. Ada juga mata air yang dianggap keramat oleh penduduk sekitar. Menurut kisahnya, mata air ini merupakan bagian dari situs pentirtaan. Disamping jalan yang menuju mata air ini, terdapat sebuah petilasan dari Cupu Manik Astagina, sebuah legenda dari cerita wayang.

Lokasi dari Telogo Madirda adalah di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar. Dari Solo, jarak telogo ini sekitar 41 km. Karena letaknya berada di kaki gunung, maka perjalanan yang harus ditempuh akan banyak melalui tanjakan tajam dan juga jalan yang menurun. Terdapat banyak tikungan yang harus dilalui untuk bisa sampai ke tempat ini. Pengemudi harus dapat mengendalikan kendaraannya dengan sangat hati-hati. Selain itu, kendaraan yang digunakan pun harus berada dalam kondisi fit dan siap menghadapi medan yang berat.

Untuk bisa menaklukkan kondisi jalan yang berat menuju Telogo Madirda, tidak bisa digunakan mobil sembarangan. Apalagi jika mobil tersebut adalah sebuah mobil sewaan. Sebaiknya digunakan kendaraan dari sewa mobil solo online yang dipesan melalui docar.co.id. Situs yang merupakan e-marketplace untuk jasa sewa mobil ini akan menyediakan mobil yang selalu dalam kondisi fit. Calon penumpang bahkan dapat mengetahui sendiri kondisi mobilnya sebelum digunakan. Dengan demikian perjalanan ke Telogo Madirda akan lebih terjamin keamanannya. Selain Solo Docar juga menyediakan jasa rental mobil jogja , sewa mobil semarang dan Bandung.

Sewa mobil online dari docar.co.id selalu berada dalam kondisi fit. Mobil ini siap dipakai untuk mengunjungi Telogo Madirda yang masih sangat alami dan mempesona.

Loading...

Add Comment