Pulau Bungin: Pulau Terpadat di Dunia Ternyata Ada di Indonesia

Pulau Bungin

Pulau Bungin via kompas.com

Indonesia memang tersusun atas beribu-ribu pulau yang membentang dari Sabang hingga Merauke. Jadi tidak heran, jika pemerintahan Indonesia sedikit kewalahan dalam mengelola semua pulau yang merupakan aset negara ini.

Saking kewalahannya, sampai ada beberapa pulau yang hampir diakusisi atau diambil alih oleh negara lain, khususnya untuk pulau-pulau terluar Indonesia yang memang dekat dengan perbatasan dengan negara tetangga.

Tapi siapa yang menyangka, diantara ribuan pulau Indonesia tersebut ada satu pulau yang didaulat sebagai pulau terpadat di Dunia yaitu pulau Bungin. Lantas, seperti seperti apa dan dimana letak pulau Bungin tersebut? berikut ulasannya

1. Letak Pulau Bungin

Secara geografis, letak pulau terpadat di dunia ini berada di teluk Alas, kecamatan Alas, kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kalau dari kota Sumbawa sekitar 70 kilometer ke arah barat.

Menurut legendanya, konon pulau ini ditemukan pertama kali oleh Palema Mayu, yaitu salah satu anak Raja Selayar. Diceritakan kalau Palema datang ke Sumbawa beberapa saat sebelum Gunung Tambora meletus.

2. Jalur Untuk Mengunjungi Pulau Bungin

Walaupun tempat ini berupa pulau kecil, tapi banyak cara untuk bisa mengunjungi pulau terpadat di dunia ini, salah satu mengunakan jalan darat yang bisa ditempuh sekitar 90 menit perjalanan dari kota Sumbawa, atau bisa juga mengunakan perahu motor, ojek, hingga Cidomo.

Tapi jangan kaget, saat tiba di pulau ini, pengunjung tidak akan menemukan garis pantai, sebab hampir keseluruhan tanah di pulau ini sudah dibangun rumah-rumah penduduk yang mendiami pulau ini.

Totalnya ada sekitar 3.400 jiwa yang menghuni pulau seluas 8,5 hektar ini. Makanya, siapapun yang ingin membangun rumah baru di pulau ini, mau tidak mau, harus mengeruk pasir dan karang mati dari laut.

Pulau ini memang sudah sangat padat, saking padatnya, untuk jalan umum saja hanya selebar 1,25 meter saja. Sedangkan halaman yang cukup luas cuma ada di dua sekolah dasar saja, itu pun tidak terlalu luas, bahkan tidak cukup untuk anak-anak sekolah bermain.

3. Cuma Ada Satu Suku di Pulau Bungin

Penghuni pulau terpadat di dunia ini adalah salah satu pelaut paling tangguh di Indonesia yaitu suku Bajo. Suku Bajo ini memang dikenal tangguh sebagai pelaut, sampai-sampai mereka dijuluki ” Orang Laut “, “Sama Bajau “, atau ” Gipsi Laut “.

Saking hebatnya mereka mengarungi lautan, kini penyebaran suku ini sudah sampai ke Kalimantan, hingga ke Filipina. Sedangkan di pulau Bungin ini dikatakan sebagai tempat pemberhentian untuk meregenerasi silsilah dari suku Bajo.

Perlu diketahui, hingga sampai saat ini, asal usul suku Bajo ini masih simpang siur. Tapi, isu terbaru yang berkembang mengatakan suku Bajo berhubungan erat dengan suku Malagasi dari pualu Madagaskar.

4. Kebudayaan dan Kepercayaan Masyarakat Pulau Bungin

Sejak kecil anak-anak dari suku Bajo di pulau Bungin sudah diperkenalkan dengan dunia bahari lewat upacara adat yang bernama Toyah. Upacara ini memang bertujuan untuk memperkenalkan dunia bahari kepada anak-anak mereka.

Dalam ritualnya, ada tujuh wanita yang memangku si bayi secara bergantian di atas sebuah ayun yang terayun. Ayunan tersebut bermakna gambaran gelombang lautan yang nanti akan dihadapi oleh si bayi tersebut.

Selain itu, upacara ini juga sebagai media untuk memanjatkan doa untuk keselamatan si bayi kelak. Selain upacara Toyah, suku Bajo di pulau ini juga memiliki kebudayaan agar tidak merantau. Kebudayaan ini seolah-olah mereka tidak cocok tinggal di tempat lain.

Makanya sudah seperti adat, setiap orang dari pulau ini yang menikah, si suami akan mengeruk pasir dan karang mati di tengah laut untuk membangun rumah. Uniknya, tidak batasan seberapa luas dia mau membangun rumahnya, tapi seberapa mampu dia membangun rumah tersebut.

5. Populasi Penduduk di Pulau Bungin Jadi Magnet bagi Wisatawan

Kepadatan penduduk di pulau ini justru jadi magnet bagi wisatawan, dimana setiap akhir pekan pulau ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Hebatnya lagi, bukan hanya wisatawan lokal saja yang berkunjung ke pulau ini, tapi banyak juga wisatawan dari mancanegara yang penasaran dan ingin mengetahui kebudayaan yang unik dari pulau Bungin ini.

Nah, itulah beberapa penjelasan tentang pulau Bungin yaitu pulau terpadat di dunia yang ada di Indonesia. Jadi, tertarik mengunjungi pulau terpadat di dunia ini.

Baca Juga: Wow! Ternyata Inilah 5 Pulau Termahal Di Dunia

Loading...

Add Comment