Pulau Socotra: Konon Katanya Dajjal Dikurung Di Pulau Ini!

Pulau Socotra

Pulau Socotra

Pernahkah kamu mendengar nama pulau Socotra? Socotra adalah pulau kecil yang terletak di Samudera Hindia, atau lebih tepatnya sekitar 80 km disebelah timur benua Afrika, dan sekitar 380 km disebelah selatan Jazirah Arab.

Jumlah penduduk di Pulau ini sekitar 42.000 jiwa, dimana sebagian besar tinggal menetap di Kota Hadiboh, dan bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa Soqotri, dengan mata pencaharian umumnya beternak hewan.

Pulau Socotra memiliki beberapa keunikan dan keanehan, mulai dari flora dan fauna, hingga ada yang menjuluki pulau ini dengan sebutan pulau ” Alien “. Lantas, kenapa sampai seperti itu? daripada penasaran, langsung saja simak ulasannya berikut ini

Sejarah Pulau Socotra

Nama ” Socotra “ diambil dari bahasa Sansekerta ” sukhadhara dvipa “ yang artinya ” Pulau Kebahagian “. Berdasarkan catatan sejarah, penduduk pulau Socotra sudah memeluk agama kristen sejak tahun 52 sebelum masehi.

Pada abad ke-10, ada seorang ahli geografi asal Arab bernama Abu Muhammad Al-Hassan Al-Hamdani yang menyatakan bahwa pada masa tersebut, mayoritas penduduk di pulau ini beragama Kristen.

Kemudian, pada tahun 1507, pasukan bangsa Portugis mendarat di pulau ini, dengan tujuan menghentikan perdagangan-perdagangan orang Arab dari Laut Merah ke Samudra Hindia, dan menghapus juga aturan-aturan perdagangan Islam di pulau ini.

Tapi, invasi bangsa Portugis tersebut tidak berjalan mulus, sebab kebanyakan penduduk di pulau ini, tidak suka dengan kebijakan bangsa Portugis tersebut. Kemudian, banyak penduduk pulau Socotra yang menentang, bahkan melawan bangsa Portugis.

Pada tahun 1511, pulau ini dikuasai oleh kerajaan dari kesultanan Mahra. Setelah itu, sekitar 456 tahun kemudian, atau lebih tepatnya pada tanggal 30 November 1967 silam, pulau ini menjadi bagian dari wilayah Republik Rakyat Yaman Selatan, yang sekarang sudah menjadi Republik Yaman.

Lokasi Pulau Socotra

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, pulau Socotra adalah bagian dari wilayah Republik Yaman. Hanya saja, pulau ini sangat terpencil yaitu berada 380 km disebelah selatan Arab, dan 80 km disebelah timur Afrika.

Jadi, dengan melihat lokasinya yang terpencil tersebut, jadi wajar kalau pulau ini, kurang terekspos dari dunia luar, dan terkesan misterius. Padahal, pulau ini menyimpan begitu banyak keindahan alam yang begitu luar biasa.

Flora dan Fauna di Pulau Socotra

Pulau Socotra

Dracanea Cinnabari

Umumnya, flora dan fauna di pulau Socotra ini, tidak bisa ditemukan dan dilihat di tempat lain. Dimana, kebanyakan flora dan fauna di pulau ini sudah berevolusi dengan iklim secara berlawanan selama kurang lebih 20 juta tahun.

Pulau ini merupakan rumah bagi lebih dari 1.000 jenis flora dan fauna langka di dunia, kalau dikalkulasikan, itu artinya sepertiga jenis flora dan fauna langka di dunia ini berada di pulau ini. Woow….

Selain itu, beberapa hewan dan tumbuhan di pulau ini juga terkesan aneh, salah satu contohnya adalah Dracanea Cinnabari atau Pohon Darah Naga, yang menjadi ikon khas pulau ini. Konon katanya, getah pohon ini digunakan penduduk setempat untuk mengobati beberapa penyakit.

Tumbuhan unik lainnya, yaitu Dendrosicyos, Punica Protopunica (Pohon Delima Socotra), Dorstenia Gigas, Myrrhs, dan lidah buaya langka, serta masih banyak jenis tumbuhan lainnya yang tidak mungkin bisa ditemukan di tempat lain.

Umumnya, jenis tumbuhan-tumbuhan tersebut berkembangbiak di tempat-tempat seperti batuan-batuan merah di tebing Maalah, dekat desa Qulansiyah yang berada di bagian barat paling ujung pulau Socotra.

Berbagai jenis tumbuhan ini, sudah menyesuaikan diri dengan tingkat kelembaban, ketinggian, dan rentang suhu di pulau ini, serta sudah beradaptasi dengan suhu panas, tanah gersang, dan sapuan angin.

Sedangkan untuk jenis hewan di pulau ini, banyak ditemukan ular-ular berukuran cukup besar di gua-gua. Selain itu, di pulau ini ada sejenis bunglon yang hanya bisa ditemukan di pulau ini, yakni Chamaeleo monachus.

Menurut kepercayaan orang-orang di pulau ini, Chamaeleo monachus adalah salah satu hewan ajaib di pulau ini, dimana konon katanya, orang yang mendengar suara desisan bunglon ini bisa menjadi bisu selamanya. Hiii

Hewan unik lainnya, yaitu sejenis Keong darat yang sering memanjat pohon untuk menghindari suhu dan cuaca panas, Sula leucogaster, yaitu burung dendang laut cokelat, dan kepiting air tawar yang hanya ada di pulau Socotra.

Karena banyaknya keunikan-keunikan tersebut, sehingga pulau ini pernah dicalonkan menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia terbaru. Kini, pulau ini sudah termasuk pulau yang dilindungi oleh UNESCO.

Konon Katanya, Dajjal Dikurung di Pulau Socotra

Berdasarkan ajaran Agama Islam dan Hadist Nabi Muhammad SAW, Dajjal bisa didefinisikan sebagai makhluk biasa yang diciptakan oleh ALLAH.SWT untuk menguji keimanan manusia di akhir jaman kelak.

Diceritakan, Dajjal adalah salah satu makhluk mitologi Islam yang akan muncul dengan mengaku sebagai salah satu nabi ALLAH.SWT yang turun ke bumi dengan bentuk, wujud, dan rupa manusia, serta memiliki kesaktian yang selevel mukzizat.

Diceritakan juga bahwa, Dajjal ini sudah ada sejak jaman Nabi Muhammad SAW. Tapi, sampai waktunya bebas, dia (Dajjal) dikurung di salah satu pulau di laut Syam.

Syam adalah sebuah negeri yang menjadi salah satu jantung perdagangan paling maju di Timur Tengah di masa lampau, dimana disaat ini, wliayahnya meliputi Yordania, Suriah, Lebanon, dan Palestina.

Sehingga, kalau dilihat dipeta, Laut Syam yang dimaksud mungkin Laut Tengah yang berbatasan langsung dengan Lebanon dan Palestina, yang memanjang hingga ke Samudera Atlantik yang terletak diantara benua Eropa, Afrika, dan Amerika.

Dalam Hadist tersebut, disebutkan juga bahwa pernah ada beberapa pelaut Arab yang terdampar di sebuah pulau di Laut Syam. Dimana, di pulau tersebut mereka bertemu dengan seorang makhluk yang sedang dipasung.

Makhluk tersebut mengaku sebagai Dajjal. Selain itu, di pulau tersebut juga terdapat banyak sekali tumbuhan dan hewan aneh. Nah, dari Hadist tersebut, banyak orang yang menyimpulkan bahwa pulau yang disebut dalam hadist tersebut adalah pulau Socotra.

Tapi, sebagai umat Islam, semua hal tersebut adalah rahasia ALLAH.SWT, yang lebih tahu, dimana Dajjal dikurung, dan kapan dia akan menunjukan dirinya, serta seperti apa bentuk dan rupa Dajjal tersebut.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang pulau Socotra, yaitu pulau misterius tapi memiliki keindahan yang luar biasa, serta dipercaya sebagian orang sebagai tempat dikurungnya Dajjal.

Loading...

Add Comment