11 Jenis Racikan Kopi Paling Terkenal di Dunia Yang Menarik Diketahui

Selain bermamfaat untuk menahan kantuk, Kopi juga nikmat jika diseduh dengan benar dan merupakan teman yang baik disaat bersantai atau sedang bekerja dikantor, apalagi dinikmati bersama cemilan.

Saat ini, Kopi sudah menjadi gaya hidup oleh sebagian orang. Dimana setiap orang punya cerita sendiri dalam menikmati secangkir Kopi, ada yang ngopi untuk bersosialisasi, dan ada juga yang memang pecinta Kopi sejati.

Di dunia ini ada beberapa jenis Kopi dan setiap daerah punya ciri khas sendiri dalam meracik Kopi, tapi hanya beberapa diantaranya yang terkenal di dunia. Lantas racikan Kopi apa saja yang paling terkenal di dunia? berikut ulasannya

1. Espresso

Racikan Kopi

Espresso via pixabay.com

Jenis racikan Kopi Espresso mulai dikenal di Italia. Sesuai dengan namanya, Espresso dibuat dengan mesin brewing khusus dan disajikan dengan cepat kepada pembeli. Caranya yaitu dengan mengekstrak biji Kopi melalui proses pengilingan.

Mesin pembuat Kopi Espresso ini ditemukan pertama kali oleh orang Italia bernama Luigi Bezzera pada tahun 1901. Sejak saat itulah Kopi Espresso mulai dikenal di Italia, dan hingga sekarang Espresso sudah terkenal di dunia.

2. Cappucino

Racikan Kopi

Cappucino via pixabay.com

Racikan Kopi Cappuccino memiliki 3 komposisi utama yaitu Espresso, susu, dan foam. Kopi Cappucino memiliki ciri khas khusus yaitu adanya foam setebal kurang lebih 2 cm diatas permukaannya.

Jenis Kopi ini adalah salah satu jenis Kopi paling sulit dibuat dengan benar. Kalau di Italia sana, Kopi ini hanya diminum pagi hari saja (sebelum jam sebelas) sedangkan di belahan dunia lainnya, Cappucino biasa diminum kapan saja.

3. Macchiato

Racikan Kopi

Macchiato via pixabay.com

Macchiato adalah racikan Kopi Espresso yang ditambah sedikit susu tapi tidak diaduk, seolah-olah diendapkan dibagian atas Espresso yang berfungsi untuk melapisi Espresso dari udara terbuka dengan takaran yang sedikit.

Terkadang juga ditambahkan “milk foam”, hal ini dilakukan untuk menandai bahwa Kopi ini mengandung susu.

4. Latte

Racikan Kopi

Latte via pixabay.com

Nama Latte berasal dari bahasa Italia yang artinya susu, maka jangan heran kalau kalian memesan Latte di cafe-cafe Italia, yang kalian dapatkan adalah segelas susu. Nama “Caffe Latte” untuk membedakannya dengan susu murni.

Sama seperti Cappucino, racikan Kopi ini perpaduan antara Espresso dan susu dengan perbandingan 3 : 1 antara kopi dan susu, tapi ada juga yang mengunakan perbandingan 4 : 1. Tapi intinya jumlah kopi yang digunakan harus lebih banyak daripada susu.

5. Frappucino

Racikan Kopi

Frappucino via pixabay.com

Awalnya jenis racikan Kopi ini ditemukan di Yunani tanpa sengaja dengan nama Frappe. Frappe dibuat dengan air dingin, sehingga seperti es Kopi, kemudian dikembangkan menjadi Frappucino yaitu kombinasi antara frappe dan cappuccino.

6. Kopi Tubruk

Racikan Kopi

Kopi Tubruk via wikipedia.org

Kalau yang ini adalah jenis racikan Kopi asli Indonesia. Jenis Kopi ini masih memiliki butiran-butiran Kopi kasar dan langsung diseduh serta langsung diminum saat masih dalam keadaan panas.

Untuk mengurangi rasa pahitnya, bisa ditambah gula sesuai dengan selera masing-masing. Banyak pencinta Kopi, khususnya di Indonesia menyukai Kopi Tubruk ini karena aromanya yang kuat dan rasanya yang khas.

7. Flat White

Racikan Kopi

Flat White via pixabay.com

Flat White hampir mirip dengan Kopi Latte, yang membedakannya adalah jumlah susu Flat White lebih banyak dibandingkan susu di Kopi Latte. Racikan Kopi ini berasal dari Selandia Baru dan Australia.

8. Mochacinno

Racikan Kopi

Mochacinno via wikimedia.org

Racikan Kopi Mochacinno terbuat dari Espresso dan cokelat panas yang kemudian diberi susu panas berbuih (foam milk), dibagian atasnya ditambahkan lagi bubuk cokelat, kayu manis dan whipped cream.

9. Kopi Jos

Satu lagi racikan Kopi asli Indonesia yang lumayan terkenal, yaitu Kopi Jos. Kopi ini terkenal di Yogyakarta. Yang unik dari jenis Kopi ini adalah ditambahkannya arang panas di dalam secangkir Kopi.

Aneh memang, tapi dengan menambahkan arang panas dalam kopi tersebut, kadar kaffein dalam kopi tersebut sedikit berkurang.

10. Americano

Racikan Kopi

Americano via pixabay.com

Americano adalah racikan Kopi Espresso tapi airnya lebih banyak. Bagi sebagian orang mungkin Kopi Espresso terlalu kental maka diperlukan tambahan air agar membuatnya jadi sedikit encer dan untuk mereka yang tidak tahan dengan Kopi Espresso, maka Kopi Americano adalah salah satu pilihannya.

11. Kopi luwak

Kopi Luwak adalah kopi yang mengunakan biji Kopi dari sisa kotoran hewan bernama Luwak atau Musang. Biji Kopi ini dipercaya memiliki rasa yang lebih enak setelah dimakan dan melewati saluran pecernaan Luwak tersebut. Saat ini jenis Kopi Luwak adalah jenis Kopi termahal di dunia.

Nah, itulah beberapa jenis racikan Kopi yang terkenal di dunia. Kita patut bangga beberapa diantaranya berasal dari Indonesia, tidak mengherankan, sebab Indonesia memang dikenal sebagai salah satu negara Asia yang memiliki beragam kuliner yang enak dan lezat, salah satunya yaitu Kopi.

Baca juga: 7 Makanan Terekstrim Di Dunia Ini Bisa Membuat Nafsu Makan Hilang

Loading...

Add Comment