Inilah 16 Pemilik Rambut Terpanjang di Dunia! Rapunzel di Dunia Nyata!!

Rapunzel dikenal sebagai salah satu tokoh fiktif yang memiliki rambut terpanjang di dunia, bahkan, saking panjangnya rambut yang dimiliki oleh Rapunzel, sampai bisa terurai indah hingga menyentuh lantai.

Ternyata, rambut panjang seperti yang dimiliki oleh Rapunzel itu bukan hanya ada di dalam dunia dongeng saja, dimana ada beberapa orang di dunia ini yang sengaja memanjangkan mahkota kepalanya tersebut.

Bahkan, ada beberapa di antaranya yang dijuluki sebagai pemilik rambut terpanjang di dunia atau Rapunzel di dunia nyata. Lantas, siapa saja pemilik rambut terpanjang di dunia tersebut? berikut ulasannya

1. Asha Mandela

Rambut Terpanjang di Dunia

Asha Mandela

Rambut terpanjang di dunia yang pertama dimiliki oleh seorang wanita bernama Asha Mandela, dimana wanita asal Amerika Serikat ini pernah memecahkan rekor dunia untuk kategori ” Rambut Gimbal Terpanjang di Dunia “ pada tahun 2008 silam.

Kini, wanita yang memiliki rambut sepanjang 5,7 meter ini dijuluki ” Black Rapunzel “ atau ” Rapunzel Hitam “. Dia mulai memanjangkan rambutnya sejak 25 tahun yang lalu, setelah dia pindah dari Tobago ke Amerika Serikat.

Ironisnya, karena memanjangkan rambutnya tersebut, kini Asha Mandela harus menderita kelengkungan tulang punggung. Hal ini diakibatkan dari berat rambutnya tersebut yang bisa mencapai 11,3 kg saat basah.

2. Dai Yue Qin

Rambut Terpanjang di Dunia

Dai Yue Qin

Rambut terpanjang di dunia selanjutnya yaitu Dai Yue Qin. Wanita yang lebih dikenal dengan sebutan ” Miss Dyq “ ini pernah memegang rekor Guinness sebagai wanita yang memiliki rambut paling panjang di dunia.

Wanita kelahiran bulan April 1964 di Zhejiang, China ini mulai memanjangkan rambutnya sejak dia masih berumur 14 tahun. Pada tahun 2001 lalu, rambutnya sudah mencapai sekitar 3,3 meter.

Kabarnya, memerlukan sekitar 1 atau 2 jam untuk menyisir rambutnya tersebut, sedangkan untuk mencuci rambutnya tersebut, Dai Yue Qin membutuhan waktu paling sedikit sekitar 5 jam setiap dua minggu sekali. Wow…

3. Natasha Moraes de Andrade

Rambut Terpanjang di Dunia

Natasha Moraes de Andrade

Gadis yang pernah tinggal di perkampungan kumuh di Rio de Janeiro, Brasil bernama Natasha Moraes de Andrade ini juga pernah dijuluki Rapunzel di dunia nyata, karena dia memiliki rambut indah sepanjang 1, 6 meter, sebelum akhirnya dipotong.

Keputusan untuk memotong rambut indah miliknya tersebut, untuk membelikan rumah untuk kedua orang tuanya. Natasha Moraes de Andrade ingin memberikan kehidupan baru yang layak untuk kedua orang tuanya.

Sebelum memotong rambutnya tersebut, kabarnya Natasha Moraes de Andrade sempat menangis tersedu-sedu. Kini, dia hanya menyisakan rambut sepanjang 40 cm saja dikepalanya.

4. Terelynn Russell

Rambut Terpanjang di Dunia

Terelynn Russell

Ibu tiga anak yang tinggal di Morris, Illinois, Amerika Serikat ini juga memiliki rambut yang panjang yaitu sekitar 1,8 meter. Katanya, saat dia berdiri panjang rambutnya tersebut bisa terurai hingga hampir menyentuh lantai.

Terelynn Russel pernah memenangkan beberapa kompetisi sebagai pemilik rambut terpanjang. Uniknya, ketiga anaknya yang semuanya perempuan tersebut juga mengikuti jejak ibunya yaitu ikut memanjangkan rambutnya.

5. Jiang Aixiu

Rambut Terpanjang di Dunia

Jiang Aixiu

Pemilik rambut terpanjang di dunia selanjutnya yaitu Jiang Aixiu, dimana wanita asal China ini memiliki rambut sepanjang 3,6 meter. Katanya, dia tidak pernah memotong rambutnya selama 21 tahun.

Dia mulai memanjangkan rambut setelah mendapatkan rekomendasi dari salah satu penata rias rambut pada tahun 1990 silam. Uniknya, dalam memanjangkan rambut tersebut, Jiang Aixiu tidak pernah mengunakan shampo khusus.

Kabarnya, dulu dia pernah menolak uang sebesar 10.000 yuan atau sekitar 18 juta rupiah untuk memotong rambut tersebut. Tapi, sekarang dia berencana memotong rambut panjangnya tersebut, karena dokter menyebutkan bahwa rambutnya terlalu banyak menyerap nutrisi dikepalanya.

6. Ni Linmei

Rambut Terpanjang di Dunia

Ni Linmei

Ibu dua anak asal China ini juga mempunyai rambut yang panjang yaitu 2,4 meter. Wanita bernama Ni Linmei mengatakan bahwa dirinya tidak pernah memotong rambutnya tersebut selama kurang lebih 14 tahunan.

Tapi sayang, wanita berusia 55 tahun yang tinggal di Taiyuan, Provinsi Shanxi, China ini pernah mengalami masalah rambut yang bercabang. Hal ini tentunya bisa merusak keindahan rambutnya tersebut.

7. Ecih Sukaesih

Rambut Terpanjang di Dunia

Ecih Sukaesih

Pemilik rambut terpanjang di dunia bukan hanya ada di luar negeri, sebab di Indonesia juga ada orang yang memiliki rambut yang panjang, salah satunya yaitu Ecih Sukaesih dengan panjang rambutnya mencapai 3 meteran.

Berkat rambutnya tersebut, kini Ecih Sukaesih memegang rekor MURI untuk kategori rambut terpanjang di Indonesia. Kabarnya, dia tidak pernah berniat memotong rambut panjang yang dimilikinya tersebut.

Tapi, merawat rambut panjang seperti itu bukanlah pekerjaan mudah, dimana konon katanya, dibutuhkan waktu dan tenaga yang eksra untuk menyisir dan mencuci rambut super panjang milik Ecih Sukaesih ini.

8. Tran Van Hay

Rambut Terpanjang di Dunia

Tran Van Hay

Rambut super panjang ternyata tidak hanya dimiliki oleh kaum wanita saja, dimana ada seorang pria yang meninggal pada tahun 2010 silam, bernama Tran Van Hay diketahui memiliki rambut super panjang.

Walaupun tidak pernah diukur secara resmi, tanpa banyak orang yang beranggapan bahwa rambut yang dimiliki pria asal Kien Giang, Vietnam ini adalah rambut terpanjang di dunia, yang panjangnya sekitar 6,8 meter.

Berdasarkan cerita istrinya yang bernama Nguyen Thi Hoa, Tran Van Hay tidak pernah memotong rambutnya selama kurang lebih 50 tahun. Hal ini dilakukannya, karena dia sering sakit-sakitan saat rambutnya dipotong.

9. Kazuhiro Watanabe

Rambut Terpanjang di Dunia

Kazuhiro Watanabe

Kalau pria asal Jepang bernama Kazuhiro Watanabe ini memegang rekor Guinness World Record untuk kategori ” Rambut Mohawk Tertinggi di Dunia “ yaitu tingginya mencapai sekitar 1,13 meteran.

Sedangkan, kalau dibiarkan terurai dan menjuntai ke bawah, bisa sampai lututnya. Kabarnya, untuk membuat rambut mokawk tersebut, dia membutuhkan 1 botol gel dengan ukuran besar, dan 3 kaleng hairspray, serta perlu waktu 15 tahun untuk memanjangkan rambutnya.

10. Aimee Chase

Rambut Terpanjang di Dunia

Aimee Chase

Pemilik rambut terpanjang di dunia selanjutnya yaitu Aimee Chase, dimana gadis remaja ini mengaku belum pernah sama sekali memotong rambut pirangnya tersebut. Hingga kini, rambutnya sudah mencapai sekitar 1, 06 meter.

Tapi kabarnya, gadis cantik ini berencana memotong rambut tersebut untuk acara amal di Little Princess Trust, yaitu sebuah organisasi yang menyediakan potongan rambut atau wig untuk anak-anak yang mengalami kerontokan rambut selama pengobatan kanker.

Masih penasaran pemilik rambut terpanjang di dunia lainnya? Untuk melanjutkan klik NEXT.

Loading...

Add Comment