4 Fakta dan Sejarah Rumah Hantu Darmo! Rumah Terangker di Surabaya!

Rumah Hantu Darmo

Rumah Hantu Darmo

Surabaya adalah salah satu kota metropolitan di Indonesia dan kota terbesar kedua di Indonesia setelah kota Jakarta. Pembangunan seperti apartemen, hotel, pusat perbelanjaan, dan tempat wisata sedang gencar-gencarnya dilakukan.

Tapi dibalik itu semua, ternyata kota yang berjuluk kota Pahlawan ini masih menyimpan beberapa tempat angker, salah satunya yaitu Rumah Hantu Darmo. Rumah ini dikenal sebagai rumah paling horor di Surabaya.

Bagi warga Surabaya, cerita mistis di Rumah Hantu Darmo merupakan cerita Urban Legend yang tidak asing lagi ditelinga mereka. Lantas, kenapa sampai tempat ini bisa menjadi rumah paling angker di Surabaya? berikut fakta dan sejarahnya

1. Ditinggalkan dan Dibiarkan Kosong Selama 15 Tahun Sebelum Akhirnya Jadi Rumah Paling Angker di Surabaya

Konon kabarnya, rumah yang berada di jalan Puncak Permai II NO.26 Sukomanunggal ini ditinggalkan dan dibiarkan kosong selama kurang lebih 15 tahun sampai akhirnya menjadi rumah paling angker di Surabaya.

Cerita yang beredar dikalangan warga Surabaya, bahwa penghuni Rumah Hantu Darmo ini dibunuh oleh Jin, karena mereka ada perjanjian dengan Jin tersebut dengan jalan pesugihan. Katanya, penghuni rumah ini diberi kekayaan yang berlimpah selama mereka bisa menyediakan tumbal manusia setiap malam jum’at.

Suatu ketika, keluarga penghuni rumah ini ingin berhenti melakukan pesugihan dan tidak ingin memberikan tumbal lagi. Mereka pun akhirnya pergi meninggalkan rumah ini kesuatu tempat jauh mengunakan kapal laut.

Tapi dalam perjalanan untuk meninggalkan rumah ini, kapal yang mereka tumpangi tenggelam, dan katanya tenggelamnya kapal tersebut ada campur tangan si Jin tempat mereka meminta kekayaan terseebut. Sampai sekarang bangkai kapal tersebut belum ditemukan.

Selain itu, ada juga cerita bahwa setelah rumah tersebut ditinggalkan, masih ada dua orang yaitu seorang pembantu dan baby sitter berusia sekitar 25 tahun. Kabarnya, kedua orang tersebut mati dibunuh dan pembunuhnya sampai sekarang belum diketahui.

Sejak saat itulah, rumah besar dan megah ini kosong dan jadi angker, sampai akhirnya pada tahun 1997 rumah ini mengalami kebakaran yang hebat dan tidak seorang pun yang tahu apa penyebab kebakaran tersebut.

2. Sering Terjadi Penampakan Makhluk Astral

Bukan hanya itu saja kenapa Rumah Hantu Darmo disebut sebagai rumah hantu, karena sampai sekarang di rumah ini sering terjadi kejadian aneh, dan tidak jarang ada penampakan mahkluk halus yang dialami warga sekitarnya.

Salah satu ceritanya adalah yang dialami seorang anak SMP kelas 2 saat dia masih bekerja menjadi loper koran dan hendak mengirim koran-koran tersebut ke pelanggannya di daerah perumahan elit Darmo Harapan.

Waktu itu, masih subuh saat dia melihat seorang wanita yang mengunakan pakaian serba putih dan berjalan menunduk di persimpangan jalan Puncak Permai – Darmo Harapan ( depan rumah hantu tersebut).

Terlepas benar atau tidak tentang cerita mistis di Rumah Hantu Darmo tersebut, tapi warga disekitar sering memperbincangkannya, terutama setelah kebakaran pada tahun 1997 silam. Mulai ada suara tangisan di tengah malam sampai penampakan-penampakan makhluk halus di sekitar rumah tersebut.

3. Uji Nyali Sampai Kesurupan Adalah Hal Biasa di Rumah Ini

Karena cerita mistis yang menyebar dari mulut ke mulut, sampai akhirnya tempat ini terkenal sebagai tempat paling angker di Surabaya dan tidak sedikit anak muda masa kini yang berani melakukan uji nyali di tempat ini.

Dan tidak jarang diantara mereka yang uji nyali atau hanya sekedar berkunjung ke tempat ini mengalami kesurupan dan hal tersebut dipandang biasa saja karena memang sudah sering terjadi di Rumah Hantu Darmo ini.

4. Tidak Ketahui Siapa Sebenarnya Pewaris Rumah Ini

Satu lagi yang masih jadi misteri dari Rumah Hantu Darmo yaitu siapa pewaris atau pemilik sah rumah ini? karena sampai detik ini tidak ada yang tahu siapa pewaris atau pemilik rumah hantu ini sekarang.

Atau mungkin memang tidak ada pemiliknya, karena berdasarkan cerita yang beredar bahwa semua keluarga yang tinggal di rumah ini meninggal dalam kecelakaan kapal laut yang tenggelam, yang konon katanya disebabkan oleh Jin pesugihan milik mereka sendiri.

Nah, itulah beberapa fakta dan sejarah Rumah Hantu Darmo sampai akhirnya menjadi rumah paling angker di Surabaya. Dan jangan kaget kalau kamu berkunjung kesana banyak wisatawan lokalnya, karena sekarang rumah angker ini sudah menjadi salah satu tujuan wisata mistis di Surabaya.

Baca Juga: 10 Tempat Angker di Surabaya Yang Konon Berhantu, Berani Datang?

Loading...

Add Comment