Wajib Tahu! Aneka Benda Ini Kerap Menjadi Sarang Kuman di Kantor

Wajib Tahu! Aneka Benda Ini Kerap Menjadi Sarang Kuman di Kantor

Ilustrasi Meja Kerja

Menjaga kebersihan akan membuat kita senantiasa sehat. Namun hal ini tak selalu mudah kalau kita kerap beraktivitas di tempat umum. Bahkan ruang kantor yang tampak bersih pun bisa menjadi sarang kuman yang berisiko bagi kesehatan kita.

Tak semua benda di kantor itu bersih dan bebas kuman. Justru banyak kuman dan bakteri tak kasatmata yang timbul karena peralatan kantor dipakai banyak orang. Beberapa benda berikut ini malah kerap menjadi sarang kuman di kantor. Yuk simak dulu ulasannya!

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Meja Kerja Pribadi

Meja kerja pribadi kita pun bisa jadi salah satu sarang kuman bila kita malas membersihkannya. Ada penelitian yang menyebutkan kalau meja kerja biasanya mengandung kuman 10 kali lebih banyak daripada dudukan toilet. Mulai sekarang kita wajib membersihkan meja kerja pribadi secara teratur, minimal 2 kali sehari.

Keyboard Komputer

Tentu tak banyak orang yang mengira kalau keyboard komputer adalah sarang kuman di kantor. Keyboard komputer memang tak kelihatan terlalu berdebu karena disentuh setiap hari. Namun tangan-tangan yang menyentuh keyboard kemungkinan besar mengandung kuman dan bakteri. Sehingga keyboard pun terkontaminasi kotoran dan berisiko menjadi media penyebar penyakit.

Tempat Sabun Cair

Penelitian yang dilakukan University of Arizona menyatakan bahwa tempat sabun cair di kantor kerap mengandung bakteri yang sama dengan bakteri pada feses. Hal ini bisa terjadi karena oang sering memegangnya dengan tangan yang kotor. Solusinya, kita harus mencuci tangan dengan sabun cair hingga bersih agar tak ada kuman yang tertinggal di permukaan tangan.

Pulpen

Pulpen yang sering berpindah-pindah tangan dan digunakan banyak orang memang berpotensi menjadi kotor. Terutama bila ada rekan kerja yang suka menggigit-gigit ujung pulpen. Sudah pasti pulpen bisa menjadi media penyebar bakteri yang berasal dari mulut dan tangan.

Telepon

Tak sekadar jadi sarana komunikasi, rupanya telepon juga dapat menjadi sarana penyebar kuman penyakit. Setiap hari gagang telepon pasti dipegang oleh banyak orang. Sehingga risiko penyebaran penyakit pun kian meningkat. Alangkah lebih baik bila telepon dibersihkan secara teratur dengan cairan alkohol untuk meminimalkan kuman-kuman pada permukaannya.

Finger Scan System

Sistem absen atau buka pintu yang satu ini memang canggih. Kita tak perlu buang waktu lama-lama jika ada sistem ini di kantor. Sayangnya, finger scan system juga merupakan benda kantor yang rentan menjadi sarang kuman. Kita tak boleh lupa mencuci tangan setiap kali selesai menyentuhnya. Agar risiko sakit akibat kuman pada finger scan system bisa diminimalkan.

Jika banyak benda di kantor yang mulai usang karena dipakai terlalu lama, jangan ragu untuk segera menggantinya. Banyak yang jual peralatan kantor terlengkap dengan harga terjangkau. Setelah memiliki peralatan kantor yang baru, kita dapat memulai kebiasaan bersih-bersih secara teratur. Jangan sampai kita mudah sakit hanya karena sering menggunakan benda-benda kotor di kantor. Kebersihan seisi kantor juga menjadi tanggung jawab kita.

Loading...

Add Comment