Inilah 10 Sungai Terpanjang di Asia Tenggara Yang Menarik di Ketahui

Sungai Terpanjang di Asia Tenggara

Sungai Mekong

Sungai adalah aliran air dalam jumlah cukup besar yang memanjang dan mengalir secara terus menerus dari hulu (sumber air) menuju hilir (muara). Tapi, di beberapa kasus, ada juga sungai yang terletak di bawah tanah.

Biasanya, air sungai tersebut terkumpul dari presipitasi seperti air hujan, embun, mata air, limpasan air bawah tanah, lelehan es dan salju, dimana air tersebut akan meresap ke dalam tanah sebelum akhirnya mengalir ke badan sungai.

Asia Tenggara merupakan salah region Asia yang memiliki banyak sekali sungai, dimana kebanyakan sungai tersebut dimamfaatkan untuk keperluan seperti sarana transportasi, budidaya perikanan dan sumber air bagi pertanian. Lantas, sungai apa yang terpanjang di Asia Tenggara? berikut ulasannya

1. Sungai Mekong – 4.023 Km

Sungai terpanjang di Asia Tenggara yang pertama yaitu Sungai Mekong dengan panjangnya sekitar 4.023 km. Selain itu, Sungai Mekong juga sungai terpanjang ke 12 di dunia setelah Sungai Lena di Siberia

Sungai Mekong bersumber di Gunung Jifu di Zaduo county, Tibet, kemudian mengalir ke ke China, tepatnya di Provinsi Yunnan, terus mengalir ke Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, hingga sampai ke Vietnam.

2. Sungai Thanlwin – 2.815 Km

Sungai terpanjang di Asia Tenggara selanjutnya yaitu Sungai Thanlwin dengan panjangnya yang mencapai sekitar 2.815 km, dimana sungai ini mengalir di tiga negara Asia yaitu China, Myanmar, dan Thailand.

3. Sungai Irrawaddy – 2.170 Km

Selanjutnya yaitu Sungai Irrawaddy yang berada di Myanmar dengan panjang sekitar 2.170 km, dimana dalam hal perdagangan sebagai jalur sungai dan DAS (Daerah Aliran Sungai), sungai ini merupakan sungai terpenting di Myanmar.

4. Sungai Chindwin – 1.207 km

Sepertinya negara Myanmar banyak sekali memiliki sungai, dimana Sungai Chindwin ini juga berada di Myanmar yang merupakan anak Sungai Irrawaddy dengan panjangnya yang mencapai 1.207 km. Sungai Chindwin bersumber dari Lembah Hukawng, Kachin, Myanmar.

5. Sungai Kapuas – 1.143 Km

Sungai terpanjang di Asia Tenggara Selanjutnya yaitu Sungai Kapuas yang berada di Indonesia, lebih tepatnya terletak di provinsi Kalimantan Barat dengan panjangnya yang mencapai 1.143 km.

Nama sungai diambil dari nama daerah sumber sungai tersebut yaitu Kapuas, tapi karena sungai ini juga mengalir di daerah Lawie atau Lawai yang sekarang lebih dikenal dengan Kabupaten Melawi, maka ada juga yang menyebutnya sungai Batang Lawai.

6. Sungai Fly – 1.050 Km

Sungai Fly merupakan sungai terpanjang kedua di pulau Papua dengan panjangnya yang mencapai sekitar 1,050 Km. Sungai ini yang mengalir dari Gunung Emanuel Victor menuju ke bagian tenggara di Teluk Papua.

Sungai Fly juga merupakan bagian dari perbatasan antara negara Indonesia di provinsi Papua dengan Papua Nugini. Nama Fly diambil dari nama kapal HMS Fly yang digunakan oleh Kapten Blackwood untuk mengeksplorasi muara sungai tersebut pada tahun 1842.

7. Sungai Mahakam – 920 Km

Sungai Mahakam adalah sungai terpanjang kedua di Indonesia dan sungai terpanjang di Kalimantan Timur dengan panjangnya yang mencapai 920 km. Sungai ini bersumber di Kabupaten Kutai Barat dan bermuara di Selat Makassar.

Sejak dulu sampai sekarang ini, Sungai Mahakam mempunyai peranan yang cukup penting dalam kehidupan masyarakat Kalimantan Timur seperti sumber air, budidaya perikanan, dan sarana transportasi.

8. Sungai Barito – 909 Km

Sungai Barito atau kadang juga disebut sungai Dusun adalah salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang berada di pulau Kalimantan dengan panjangnya yang mencapai 909 km. Sungai ini bersumber di pengunungan Schwaner di Kalimantan Tengah dan bermuara di Laut Jawa.

Nama sungi tersebut diambil dari nama Kabupaten Barito yang dulunya beribukota Muara Teweh, dimana secara administrasi masuk wilayah Kalimantan Tengah.

9. Sungai Batanghari – 800 km

Satu lagi sungai di Indonesia yang masuk list sungai terpanjang di Asia Tenggara yaitu Sungai Batanghari atau kadang juga disebut Sungai Hari saja, yang panjangnya mencapai 800 km. Sungai Batanghari ini berada di pulau Sumatera.

Sungai Batanghari bersumber di Gunung Rasan di Kabupaten Solok, Sumatera Utara terus mengalir menuju ke Sungai Pagu. Selain itu, terdapat banyak juga sungai-sungai kecil lainnya yang bermuara di Sungai Batanghari ini

10. Sungai Chi – 765 km

Sungai terpanjang di Asia Tenggara yang terakhir adalah Sungai Chi yang berada di Thailand dengan panjangnya mencapai 765 km, dimana sungai ini bersumber di pegunungan Phetchabun dan bermuara di Sungai Mun.

Nah, itulah beberapa sungai terpanjang di Asia Tenggara dan ternyata 4 di antaranya ada di Indonesia, dimana 3 sungai tersebut berada di pulau Kalimantan.

Baca juga: 5 Sungai Terpanjang Di Benua Asia

Loading...

Add Comment