5 Sungai Terpanjang Di Benua Asia

Sungai adalah pita air di bumi yang mengalir dari daerah tinggi ke daerah yang rendah. Setiap benua mempunyai sungai-sungai indah yang jadi ikon dunia. Sungai yang umumnya memiliki berbagai fungsi bagi masyarakat setempat.

Misalnya jadi salah satu jalur transportasi dengan memanfaatkan perahu atau kapal yang bisa dipakai di sungai dan pergi ke daerah lain. Jumlah sungai kalau ditotal di seluruh dunia mungkin saja mencapai ribuan atau bahkan puluhan ribu.

Di antara sungai-sungai tersebut pasti ada yang masuk jenis paling besar, terdalam, terpanjang dan yang lainnya. Nah, kali ini kita akan membahas soal Sungai Tepanjang Di Benua Asia.

1. Sungai Yangtze

Sungai Terpanjang Di Benua Asia

Sungai Yangtze (republika.co.id)

Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Cina dan sekaligus di asia, dengan panjang mencapai 63000 kilometer. Sungai ini merupakan sungai terpanjang ketiga di dunia. Sungai ini juga menjadi batas antara kebudayaan kuno Cina yang terletak antara Sungai Kuning di utara dan Sungai yangtze di selatan.

Sungai ini dikenal juga sebagai Sungai Yangzi sebab adanya kesalahpahaman dari para misionaris pada awalnya. Sungai Yangtze cuma mengacu pada panjang bagian hilir sungai, tapi sebab nama yangtze yang pertama didengar oleh orang Barat, Yangtze dipakai untuk mewakili seluruh Sungai ini.

2. Sungai Kuning

Sungai Terpanjang Di Benua Asia

Sungai Kuning (kaskus.co.id)

Sungai Kuning atau Hwangho merupakan sungai utama di Cina Utara yang jadi pusat kebudayaan Cina bersama dengan Sungai Yangtze di selatan. Dengan panjang mencapai 5.464 kilometer, sungai ini merupakan sungai terpanjang kedua di China setelah Sungai Yangtze.

3. Sungai Mekong

Sungai Terpanjang Di Benua Asia

Sungai Mekong (clear.co.id)

Sungai Mekong berada di urutan ke 12 sebagai sungai paling panjang didunia. Kalau di benua Asia posisinya ke tiga dengan panjang antara 4.350-4909 km. Sungai ini melintasi enam negara yakni Thailand, kamboja, Laos, Cina, Myanmar dan Vietnam. Di setiap negara sungai mekong mepunyai nama yang berbeda-beda. Mekong merupakan penyebutan di Vietnam.

4. Sungai Gangga

Sungai Gangga mempunyai panjang kurang lebih 2.506 km dan merupakan salah satu sungai terpanjang di benua asia.

5. Sungai Irawadi

Sungai Terpanjang Di Benua Asia

Sungai Irawadi (wikipedia.org)

Sungai Irawadi merupakan sungai terpanjang ke empat di benua asia mencapai 2.170 km yang melintasi negara Myanmar. Sungai ini merupakan salah satu jalur perdagangan terpenting di Myanmar.

Baca juga: 20 Jembatan Terpanjang di Dunia Yang Pasti Membuatmu Takjub

Loading...

Add Comment