4 Klub Sepabola Dengan Suporter Terbanyak Di Indonesia

Sekarang ini Sepak bola merupakan olahraga terpopuler yang memiliki pengemar terbanyak di dunia. Pengemar Sepak bola tidak hanya di dominasi oleh laki-laki, perempuan pun sekarang ini banyak yang mengemari olahraga ini.

Bahkan sosok yang juga disebut juga sebagai pemain kedua belas ini dianggap sebagai salah satu faktor penentu hasil akhir pertandingan Sepak bola. Dukungan dengan yel-yel diiringi tabukan alat musik akan memberikan motivasi untuk pemain Sepak bola.

Di dunia ini ada banyak sekali klub Sepak bola yang memiliki pendukung fanatik, tidak tercuali di Indonesia. Tercatat ada beberapa klub Sepak bola di Indonesia yang memiliki pendukung fanatik dengan jumlah yang banyak. Berikut ulasannya

1. Viking

Suporter Terbanyak Di Indonesia

Viking via tribunnews.com

Viking Persib Club yang lebih dikenal dengan Viking merupakan pendukung (suporter) kesebelasan sepak bola Persib yang sudah berdiri sejak 17 Juli 1993. Nama Viking terinspirasi dari suku bangsa Viking di Skandinavia yang dikenal senang menjelajah.

Awalnya hanya segelintir Bobotoh (sebutan anggota Viking) yang setia menyaksikan Persib baik laga kandang maupun tandang, kini Viking sudah dikenal di Indonesia bahkan Asia sebagai salah satu superter terbanyak di Indonesia.

Anggota Viking menyebar di seluruh kota bandung dan provinsi Jawa Barat bahkan setiap provinsi di Indonesia pun ada distrik Viking. Termasuk juga di Jakarta yang sejatinya merupakan wilayah seteru abadi Viking yaitu The Jakmania, suporter Persija Jakarta.

2. Bonek

Suporter Terbanyak Di Indonesia

Bonek via flickr.com

Bonek merupakan pendukung (suporter) klub sepakbola asal Surabaya yaitu Persebaya. Istilah bonek adalah akronim bahasa jawa “Bondo Nekat” yang artinya “Modal Nekat”. Istilah bonek juga muncul pertama kali oleh Harian Pagi Jawa Pos 1989 untuk mengambarkan fenomena pendukung persebaya yang secara berbondong-bondong ke jakarta dengan jumlah yang besar.

Bonek juga merupakan pendukung pertama di Indonesia yang mentradisikan “Away Suporters (pendukung sepak bola yang mengiringi timnya bertandang ke luar kota)” mirip seperti di Eropa. Tapi sayangnya, ternyata “Away Suporters” juga diikuti dengan aksi pekelahian dengan suporter tim lawan.

Tidak ada yang tahu asal-usulnya, sampai sekarang Bonek dikenal radikal dan anarkis. Apabila mengacu pada tahun 1988, dimana saat itu 25 ribu Bonek berangkat ke jakarta untuk menonton final antara Persebaya versus Persija, tidak ada kerusuhan apapun.

3. The Jakmania

Suporter Terbanyak Di Indonesia

The Jakmania via republika.co.id

The Jakmania merupakan pendukung (suporter ) klub sepak bola asal ibu kota, Jakarta, yaitu Persija yang sudah berdiri sejak Ligina IV (19 Desember 1997). Ide terbentuknya The Jakmania muncul dari gagasan Rasyid Ali yang merupakan manager Persija saat itu, kemudian ide tersebut mendapat dukungan penuh dari Gubernur DKI Jakarta saat itu (Sutiyoso).

Kepengurusan The Jakmania saat ini sangat terkoordinasi secara baik. Hal ini terbukti dengan adanya agenda pertemuan tiap minggunya untuk membahas kemajuan dan perkembangan tim yang dibela mereka yaitu Persija Jakarta.

Dengan atribut serba orange, mereka akan membakar semangat para pemain Persija Jakarta. Apalagi saat pertandingan dikandang maka sudah dipastikan seluruh stadion akan penuh dengan warna orange.

4. Aremania

Suporter Terbanyak Di Indonesia

Aremania via flickr.com

Di Jawa Timur selain Persebaya, ada juga Arema yang merupakan salah satu klub sepakbola dengan suporter terbanyak di Indonesia. Aremania merupakan pendukung (suporter) klub sepakbola Arema. Aremania dikenal sebagai suporter paling loyal di Indonesia.

Kepengurusan Aremania lumayan besar dan hampir selalu ada di setiap provinsi, karena hal itulah kenapa setiap Arema bertanding di luar kota selalu ada Aremania yang mendukung Arema dengan tabuhan alat musik yang siap membakar semangat pemain Arema.

Baca juga: 5 Formasi Sepak Bola Yang Sering Digunakan Oleh Juru Taktik

Loading...

Add Comment