8 Tempat Angker di Semarang Selain Lawang Sewu

Indonesia memang mempunyai banyak tempat menarik untuk dikunjungi, dari tempat yang indah sampai tempat yang angker, ada banyak di Indonesia, salah satunya adalah Lawang Sewu yang ada di Semarang.

Bangunan kuno bersejarah berlantai dua ini sudah cukup terkenal sebagai salah satu tempat angker di Semarang dengan kisah-kisah horor menyeramkan yang bisa membuatmu merinding ketakutan.

Tapi, ternyata bukan cuma Lawang Sewu saja. Di Semarang, ada beberapa tempat angker lainnya yang tidak kalah angker dengan Lawang Sewu. Lantas, dimana saja tempat angker di Semarang selain Lawang Sewu? berikut ulasannya

1. Hotel Siranda

Tempat Angker di Semarang

Hotel Siranda via infometafisik.com

Tempat angker di Semarang yang pertama yaitu Hotel Siranda. Dikalangan masyarakat Semarang, Hotel ini dikenal dengan cerita seramnya, bahkan dilihat dari luar saja, hotel yang sudah tutup ini terlihat angker.

Konon katanya, dulu ada sebuah pembunuhan yang terjadi disebuah kamar di hotel ini, kemudian arwah korban tersebut bergentayangan dan menganggu pengunjung dan tamu yang menginap di hotel tersebut.

Kisah hantu gentayangan inilah yang membuat hotel ini sepi pengunjung dan tidak ada yang mau menginap sampai akhirnya ditinggalkan sampai sekarang ini. Kabarnya, para pengamen yang bermalam di depan hotel mangatakan masih sering merasakan fenomena mistis disekitar hotel tersebut.

2. Rumah Setan

Di kota Semarang ada sebuah bangunan yang sering disebut Rumah Setan, dari namanya saja kita sudah tahu kalau tempat ini pasti angker dan seram. Lokasi Rumah Setan tersebut berada disekitar Stasiun Poncol.

Konon katanya, dulu bangunan tua ini pernah digunakan oleh penganut aliran sesat. Menurut warga disekitar yang pernah jadi petugas kebersihan disini mengatakan bahwa dia sering mengalami hal-hal mistis seperti penampakan hantu.

Hantu yang sering menampakan disini diantaranya adalah hantu suster ngesot, hantu toilet, hantu kuda, hantu mesin ketik, dan hantu tentara yang sedang berbaris. Untuk hantu suster ngesot, konon katanya adalah seorang suster yang diperkosa kemudian dibunuh tentara Jepang.

3. Gedung Bekas Pabrik Gas Belanda

Tempat Angker di Semarang

Gedung Bekas Pabrik Gas Belanda via kisahsemarangan.com

Tempat angker di Semarang yang selanjutnya adalah gedung bekas pabrik gas Belanda yang bernama “Nederlandsch Indische Gas Maatschappij”. Gedung yang terletak di Jalan Sleko nomor 17 ini lumayan terkenal angker.

Dulunya, gedung ini merupakan sebuah pabrik pemasok gas di Semarang, sampai akhirnya tutup karena pernah terendam saat Kali “sungai” Semarang meluap.

Menurut penuturan salah satu penjaga gedung ini mengatakan sering mendengar suara seperti orang yang sedang bercanda sambil bekerja dan suara langkah-langkah kali. Dibagian belakang gedung ini juga ada lintasan kereta api yang sudah memakan banyak korban jiwa.

4. Rumah Abraham Fletterman

Rumah yang bergaya kolonial Belanda ini sudah lama tidak berpenghuni. Selain itu rumah ini dulunya pernah dijadikan lokasi pembuatan film horor yang dibintangi oleh “Suzanna” dengan judul “Beranak Dalam Pendam”

Tidak sedikit warga disekitar yang mempunyai pengalaman mistis saat melintasi rumah yang berada di Jalan Veteran ini, mereka mengaku melihat penampakan seorang perempuan berambut panjang berjalan mondar-mandir di halaman rumah. Hiii

Baca juga: 13 Tempat Angker di Jakarta, Berani Uji Nyali Disana?

5. Tanjakan Gombel

Tempat angker di Semarang lainnya yang juga sering jadi bahan perbincangan adalah Tanjakan Gombel. Tanjakan yang berada diantara Banyumanik dan Jatingaleh ini terkenal sering terjadi kecelakaan.

Warga sekitar percaya bahwa segala kecelakaan yang terjadi di Tanjakan Gombel adalah perbuatan dari hantu Wewe Gombel dan makhluk tak kasat mata lainnya yang merupakan penunggu daerah tersebut.

Konon katanya, hantu Wewe Gombel tersebut sering menganggu penguna jalan yang sedang melintasi tanjakan tersebut sampai akhirnya terjadi kecelakaan. Mereka sering menampakan diri sebab merasa tempatnya sudah diganggu dengan kegiatan manusia.

6. Gereja Gedangan

Tempat Angker di Semarang

Gereja Gedangan via ratihdhi.blogspot.co.id

Gereja Gedangan merupakan salah satu gereja Katolik paling terkenal di kota Semarang. Menurut sejarahnya gereja yang berada di Tanjungmas, Semarang Utara ini dibangun pada tahun 1870-an dan pernah roboh serta memakan korban jiwa.

Menurut penuturan beberapa warga yang pernah melintasi bangunan gereja tersebut di malam hari, mereka mengaku pernah melihat penampakan seorang pastor bule yang sedang berjalan mengelilingi gereja tersebut. Selain itu, sering juga lonceng gereja yang berbunyi secara tiba-tiba di malam hari. Hiii.

7. Gedung Marabunta

Tempat Angker di Semarang

Gedung Marabunta via kompasiana.com

Konon katanya gedung yang berada di kawasan kota tua Semarang ini sudah menjadi rumah bagi makhluk tak kasat mata, walaupun gedung yang identik dengan patung semut raksasa ini pernah dijadikan cafe dan tempat pertunjukan.

Menurut cerita warga disekitar gedung, mereka mengaku sering merasakan hal-hal mistis di sekitar gedung ini, yang paling sering diperbincangkan adalah penampakan hantu noni Belanda yang sedang menari-nari seolah-olah sedang mementaskan drama. Hii seram!!

8. SMA Negeri 1

Tempat Angker di Semarang

SMA Negeri 1 via igoadiputro.wordpress.com

Berdasarkan sejarahnya, bangunan SMA Negeri 1 yang berada di kompleks Taman KB ini pernah dijadikan sekolah di jaman Belanda yaitu Hogere Burger Schoool dan pernah juga dijadikan asrama sekolah pendidikan oleh tentara Jepang.

Kemudian pernah juga dijadikan Rumah Sakit Tentara oleh Belanda pada tahun 1945, tapi hanya beberapa bulan saja.

Konon katanya, di aula besar, aula kecil, bekas kolam renang, dan ruang kesenian di SMA ini sering terlihat penampakan Noni Belanda, bahkan pernah ada seseorang yang pernah mendengar suara orang seperti sedang mengadakan pesta.

Nah, itulah beberapa tempat angker di Semarang selain Lawang Sewu. Benar kan tidak kalah angker dengan Lawang Sewu, tapi kalau penasaran dan ingin membuktikan sendiri, silahkan saja datangi sendiri tempatnya.

Baca juga: 9 Tempat Angker di Malang Yang Bagus Untuk Menguji Nyalimu

Loading...

Add Comment