10 Tempat Angker di Surabaya Yang Konon Berhantu, Berani Datang?

Kisah seram yang berhubungan dengan mahkluk tak kasat mata memang sudah menjadi budaya di Indonesia, bahkan di setiap kota Indonesia selalu memiliki cerita seram sendiri yang sudah ada sejak turun temurun.

Salah satunya yaitu kota Surabaya, dimana diketahui di kota pahlawan ini ada beberapa tempat yang memiliki kisah seram. Kisah tempat angker di Surabaya ini sudah menjadi urban legend bagi masyarakat Surabaya.

Dari bangunan tua yang apik buat berfoto ria sampai sebuah Mall yang selalu ramai dkunjungi setiap harinya masuk dalam list tempat angker yang ada di Surabaya ini. Dimana saja tempatnya? berikut ulasannya

1. Jembatan Merah

Tempat Angker di Surabaya

Jembatan Merah via tedbudiyansyah.tumblr.com

Jembatan Merah adalah jadi saksi bisu tentang tewasnya Brigjen A. W. S. Mallaby di tangan arek-arek Surabaya. Dia adalah seorang Perwira Muda Eksekutif dari Kerajaan Inggris yang terkenal berkat kemenangannya di Burma dan di Semenanjung Malaya melawan Jepang.

Sampai akhirnya dia dikirim oleh sekutu untuk memimpin pertempuran di Surabaya pada tahun 1945. Kisah hidupnya berakhir saat mobil yang dia tumpangi berhasil diledakkan oleh arek-arek Surabaya di Jembatan Merah ini.

Ada yang mengatakan asal nama Jembatan Merah, karena dari awal memang warnanya memang merah, tapi ada juga cerita lainnya yang menyebutkan karena percikan darah para pejuang melawan pasukan penjajah.

Kisah seram yang beredar, saat malam hari, di jembatan yang menghubungkan jalan Rajawali dengan jalan Kembang Jepun ini sering tercium bau bangkai dan aroma anyir darah yang menyengat hidung.

2. Penjara Kalisosok

Tempat Angker di Surabaya

Penjara Kalisosok via hermanusa.wordpress.com

Sejatinya, tempat Penjara Kalisosok masih berada di area Jembatan Merah. Penjara dengan dinding setebal 10 cm ini mempunyai kisah yang kelam, dimana penjara ini dianggap sebagai penjara terangker di Indonesia.

Jadi tidak heran banyak napi yang takut dimasukan disini, bahkan warga yang kebetulan lewat disana bisa merinding takut melihat penjara angker ini.

Penjara ini dibangun 1 September 1808 pada saat kepemimpinan Herman Willem Daendels. Saat itu tempat ini bukan hanya sekedar penjara untuk mengurung napi, tapi juga dijadikan sebagai tempat penyiksaan.

Berjalannya waktu, penjara ini sudah tidak terawat, bahkan temboknya sudah berlumut dan usang yang membuatnya nampak angker. Kisah seram yang beredar hampir setiap malam sering terdengar suara rintihan meminta tolong dari dalam penjara.

3. Mall Delta Plaza

Bagi warga Surabaya pasti tahu dengan salah satu tempat angker di Surabaya ini, Mall yang berlantai enam ini adalah salah satu pusat perbelanjaan yang berada di jantung kota dan selalu ramai dikunjungi.

Tapi tahukah kamu? kalau bangunan Mall ini dulunya adalah bekas rumah sakit, tepatnya rumah sakit yang memiliki kisah urban legend yang terkenal di semua sudut kota Surabaya yaitu hantu suster gepeng.

Konon katanya, sebelum Mall ini dibangun, sudah berdiri sebuah rumah sakit yang memiliki kisah seram tersendiri. Menurut warga sering mendengar bahkan melihat penampakan suster gepang ini. Banyak yang berperdapat, bahwa suster ini dulunya meninggal karena terjepit lift.

Pernah ada sebuah peristiwa saat rumah sakit masih beroperasi, seorang pasien dikunjungi seorang suster cantik yang membawakannya suntikan dan beberapa obat, padahal pasien tersebut sudah diberi obat oleh suster yang sedang berjaga saat itu.

4. Pintu Air Jagir

Menurut sejarahnya, Pintu Air Jagir ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1917 untuk mengendalikan banjir. Saat ini, Pintu Air Jagir merupakan salah satu tempat favorit untuk mereka suka memancing.

Bahkan ada yang mandi dan berenang di tempat ini, walaupun sudah ada larangan mandi di sungai ini, sebab kedalamannya yang dianggap cukup membahayakan. Selain itu, ada kisah legenda Buaya Putih yang sering memakan korban jiwa.

Pernah juga kejadian salah satu kru stasiun TV yang pernah meliput mengenai tempat angker di Surabaya ini sempat melihat penampakan sosok Buaya Putih di pinggir sungai dekat dengan pintu air. Hiii.

5. Rumah Hantu Kupang

Tempat Angker di Surabaya

Rumah Hantu Kupang via aldofahreza.blogspot.co.id

Dari namanya kita sudah tahu kalau tempat ini angker. Gedung tua dengan warna putih kusam ini berada di kampung Banyu Urip Wetan, Surabaya. Penampakan luar gedung pun cukup menyeramkan.

Menurut beberapa warga disekitarnya, gedung tua ini dijuluki gedung setan atau rumah setan, sebab banyak kisah seram yang terjadi di gedung tua ini. Bahkan banyak orang mengetahui keberadaannya bukan karena bangunannya yang kuno melainkan kisah seramnya.

Menurut pengakuan warga, kisah seram pertama yang ada di gedung tua ini yaitu sering terdengar suara rintihan anak meminta tolong. Konon katanya, anak tersebut adalah anak yang dibunuh oleh ibunya sendiri karena hasil dari hubungan gelapnya.

Selain itu, ada lagi satu kisah yang sering meneror para wisatawan ketika melewati gedung tua itu yaitu spookhuis. spookhuis adalah seorang budak yang konon katanya disiksa hingga tewas secara mengenaskan oleh majikannya di gedung tua itu.

Cerita yang beredar, kejadian ini terjadi di jaman kerja paksa era Jepang, dimana budak tersebut berpesan jangan memandikan jasadnya jika dia tewas nantinya. Benar atau tidak, sosok ini selalu bergentayangan dengan memberikan bau yang tidak sedap.

Baca juga: Konon Katanya, 7 Tempat Angker di Bekasi ini Berhantu

6. Pantai Kenjeran

Tempat Angker di Surabaya

Pantai Kenjeran via jamuren.wordpress.com

Pantai Kenjeran adalah salah satu tempat wisata di Surabaya sekaligus salah satu tempat angker di Surabaya, terutama di kelokan dari pantai lama ke Nambangan yang selalu memakan korban jiwa setiap tahunnya.

Beredar cerita kalau di tempat ini adalah tempat berkumpulnya para makhluk tak kasat mata seperti kuntilanak, siluman ular, dan lainnya. Memang di pantai ini terkenal dengan kisah kerajaan siluman ular.

Tidak jauh dari pantai tersebut, ada bangunan tua yang merupakan benteng pertahanan saat melawan penjajah yang juga memiliki cerita seram sendiri. Konon, bangunan bekas gudang peluru ini sering terlihat tubuh tercerai berai dengan kepala, tangan, kaki, dan organ tubuh lainnya.

Tidak jarang juga di tempat ini hasil foto menangkap sosok kuntilanak, dan sosok orang tanpa kaki, kepala, tangan, dan lainnya.

7. Gedung Grahadi

Tempat Angker di Surabaya

Gedung Grahadi via foto2surabaya.blogspot.co.id

Gedung yang berada di jalan Gebernur Suryo ini memiliki kisah seram yang tidak kalah dengan tempat angker di Surabaya lainnya. Konon katanya gedung yang dibangun pada tahun 1795 ini sering terlihat penampakan sosok wanita dan pria Belanda.

Selain itu, di gedung yang dulunya merupakan tempat peristirahatan untuk pejabat Belanda ini sering terlihat penampakan prajurit Belanda yang sedang berjaga di halaman gedung. Tapi gedung ini saat ini masih dipakai untuk rumah dinas gubernur Jawa Timur.

8. Balai Pemuda

Tempat Angker di Surabaya

Balai Pemuda via wikipedia.org

Didepan kawasan Gedung Grahadi ada Balai Pemuda yang tidak kalah seram kisahnya. Kisah seram yang beredar di tempat ini adalah sering terdengar lantunan musik lawas yang mendesing di segala penjuru.

Pada jaman Belanda, tempat ini memang merupakan tempat dugem paling keren di Surabaya, dimana pemuda-pemudi Belanda asik minum-minum dan clubbing di tempat ini dengan musik yang bergema.

Bahkan, dulunya sebelum tahun 2004 an, di tempat ini ada sebuah pohon beringin yang menambah kesan angker tempat ini, ditambah lagi sering juga diberi sesajen oleh warga setempat.

9. Bekas Pabrik Padi Ketintang

Pada jaman Belanda, tempat ini merupakan pabrik padi yang dibeli oleh perusahaan swasta waktu itu, bahkan sampai sekarang dalam pabrik tersebut masih ada beberapa mesin-mesin yang dulu digunakan oleh pabrik tersebut.

Kisah seram yang terkenal di tempat ini adalah adanya sosok noni Belanda, selain itu ada juga sosok nenek tua yang diduga terbunuh di jaman Belanda dengan terpenggal yang sering memperlihakan wujudnya di pabrik ini.

10. Rumah Hantu Darmo

Tempat Angker di Surabaya

Rumah Hantu Darmo via lellylelong.blogspot.co.id

Tempat angker di Surabaya yang terakhir yaitu Rumah Hantu Darmo. Rumah ini pernah dijadikan lokasi pembuatan film horor yang berjudul “Malam Suro di Rumah Darmo”. Konon katanya, rumah ini dulunya adalah rumah mewah milik keluarga kebangsaan Belanda.

Isu yang beredar, keluarga tersebut menjadi kaya raya karena menjalani pesugihan. Semakin lama, keluarga tersebut tidak bisa memenuhi perjanjian pesugihannya. Sampai mereka memutuskan melarikan diri lewat jalur laut, kemudian kapal yang mereka tumpangi tenggelam dan menewaskan semua penumpangnya.

Sejak saat itulah, sering terlihat kejadian ganjil di rumah tersebut, mulai dari suara seseorang yang menangis di malam hari, penampakan wanita cantik yang mengoda penguna jalan, dan pohon besar di depan rumah tidak bisa ditebang, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa tempat angker di Surabaya. Namanya juga mistis, percaya boleh, tidak percaya juga boleh, tapi buat kamu yang senang dengan suasana horor, mampir ya ke tempat yang disebutkan diatas.

Baca juga: 8 Tempat Angker di Semarang Selain Lawang Sewu

Loading...

Add Comment