Lupakan Mistisnya! Inilah 8 Tempat Pesugihan Yang Lokasinya Indah!!

Kehidupan orang di Indonesia, jelas tidak bisa dipisahkan dengan hal yang berbau supranatural, mulai dari beragam jenis hantu hingga ritual-ritual klenik yang berbau mistis masih sangat kental di bumi nusantara ini.

Salah satu contohnya adalah masih banyak tempat-tempat yang dianggap angker atau dikeramatkan. Dimana, sebagian tempat-tempat keramat tersebut, ada yang digunakan sebagai spot untuk mencari kekayaan atau sering disebut ” pesugihan “.

Tapi tahukah kamu, kalau ada beberapa tempat pesugihan di Indonesia, yang bukan hanya dikenal mistis, tapi lokasinya juga indah. Lantas, dimana saja tempat pesugihan di Indonesia yang lokasinya indah tersebut? Berikut ulasannya

1. Gunung Kemukus di Jawa Tengah

Tempat Pesugihan

Gunung Kemukus di Jawa Tengah via 3.bp.blogspot.com

Secara geografis, Gunung Kemukus kurang dikenal kalau dibandingkan dengan Gunung Merapi atau Gunung Semeru. Tapi, kalau dimata para pencari kekayaan dengan jalan pesugihan, Gunung Kemukus dikenal sebagai salah satu tempat pesugihan paling populer di Indonesia.

Hal tersebut tidak lepas dari ritual unik yang harus dilakukan oleh pelaku pesugihan di Gunung Kemukus. Dimana, para pelaku pesugihan harus mau melakukan hubungan badan di alam bebas gunung Kemukus dengan orang, yang bukan pasangannya selama tujuh hari berturut-turut.

Sayangnya, gara-gara ritual unik ini, Gunung Kemukus menjadi terkenal dengan berbagai kasus prostitusinya. Karena, ada banyak wanita tuna susila yang menjadikan ritual unik sebagai ladang pekerjaannya.

Tapi dibalik sebagai statusnya sebagai salah satu tempat pesugihan paling populer di Indonesia, ternyata Gunung Kemukus memiliki pemandangan yang cukup indah, dengan nuansa hijau-nya dan udaranya juga sejuk.

Di atas Gunung Kemukus juga terdapat Vihara tua, yang sangat dihormati. Konon katanya, Vihara tua tersebut dibangun oleh Pangeran Samudera, yaitu salah satu keturunan bangsawan kerajaan Majapahit, yang kabur membawa salah satu selir ayahnya.

2. Alas Purwo di Jawa Timur

Tempat Pesugihan

Alas Purwo di Jawa Timur

Sebenarnya, Alas Purwo ini adalah salah satu taman nasional terbesar di Indonesia, yang terletak di kabupaten Bayuwangi, Jawa Timur. Di taman nasional ini terdapat ribuan flora dan fauna khas Indonesia.

Sangat jelas, jika kamu adalah seorang pengemar wisata alam, maka kamu akan dimanjakan ketika mengunjungi Alas Purwo ini. Selain ribuan flora dan fauna, pengunjung juga bisa melihat Goa Istana dan makan Mbah Dowo.

Tapi sayang, Alas Purwo bukan hanya terkenal sebagai salah satu taman nasional terbesar di Indonesia. Sebab, taman nasional seluas 434 hektar ini juga terkenal sebagai hutan angker yang banyak dihuni makhluk halus.

Selain itu, dipercaya juga dulu ada banyak kasus orang hilang dan tidak pernah ditemukan di Alas Purwo ini. Tapi anehnya, keangkeran Alas Purwo tersebut tidak menyurutkan beberapa orang untuk melakukan ritual pesugihan disana.

3. Gunung Kawi di Jawa Timur

Gunung Kawi adalah salah satu gunung yang membentang diantara Kota Batu dan kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari kejauhan, bentuk Gunung Kawi ini mirip seperti seorang putri yang sedang tertidur lelap.

Soal keindahan alam, jangan dipertanyakan lagi. Di Gunung Kawi juga ada beberapa bangunan tua yang mirip seperti candi. Tapi sayang, Gunung Kawi tidak terkenal karena keindahan alamnya, melainkan karena kemistisannya.

Gunung Kawi terkenal sebagai salah satu tempat pesugihan paling populer di Indonesia. Hebatnya lagi, kepopulerannya tidak hanya di Indonesia, dimana diketahui ada banyak peziarah yang datang dari beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Myanmar, dan Singapura.

4. Pantai Parangtritis di Yogyakarta

Tempat Pesugihan

Pantai Parangtritis di Yogyakarta via wikimedia.org

Buat kamu yang tinggal di pulau Jawa, mungkin nama pantai Parangtritis sudah sangat akrab ditelingamu, sebab pantai yang berada di Jogja ini adalah salah satu tujuan wisata yang sering dikunjungi saat study tour sekolah.

Walaupun setelah kamu dewasa mungkin reputasi pantai Parangtritis sebagai tempat wisata mulai pudar, karena kamu lebih tertarik mengeksporasi pantai lainnya di Gunung Kidul, tapi reputasinya sebagai salah satu pintu gerbang kerajaan gaib Nyai Roro Kidul tidak pernah pudar.

Dipercaya, pantai Parangtritis adalah pintu penghubung antara kerajaan Jogja dan kerajaan Nyai Roro Kidul. Konon katanya, Nyai Roro Kidul bisa memberikan kekayaan asal mau melakukan ritual-nya dan memberikan tumbal.

5. Sumur Kembar di Bali

Tempat Pesugihan

Sumur Kembar di Bali via merdeka.com

Tempat pesugihan selanjutnya berada di pulau Bali, atau lebih tepatnya di sebuah sumur bernama ” Sumur Kembar “ di Gilimanuk, kabupaten Jembrana. Lokasinya dekat dengan pantai dan untuk mencapai lokasinya harus memasuki sebuah hutan kurang lebih 10 menitan.

Selain pantai, pengunjung juga bisa melihat banyak pura di sepanjang jalan menuju Sumur Kembar ini. Sumur yang tidak diketahui kapan dibuatnya ini sering dijadikan orang sebagai tempat pesugihan dan tempat mencari jodoh.

Bagi mereka yang ingin kaya, diharuskan mandi telanjang di sumur ini, sedangkan mereka yang ingin dimudahkan jodohnya cukup membasuh muka dengan air sumur tersebut. Uniknya, ritual ini hanya boleh dilakukan oleh wanita saja.

Sedangkan para laki-laki-nya, biasanya datang kesana untuk mencari batu permata saja, yang konon katanya bisa dijadikan jimat.

6. Sendang Kemilon di Yogyakarta

Tempat Pesugihan

Sendang Kemilon di Yogyakarta via jogja.mblusuk.com

Selain pantai Parangtritis, ada satu lagi tempat indah di Yogyakarta, yang juga cukup sering dijadikan sebagai tempat pesugihan, yaitu Sendang Kemilon. Air terjun yang berada di Bantul ini memiliki mata air yang terus mengalir meskipun saat musim kemarau.

Sayangnya, Sendang Kemilon bukan hanya dikenal sebagai salah satu tempat wisata air saja di Yogyakarta. Sebab, Sendang Kemilon juga dikenal sebagai tempat untuk pemujaan Nyai Blorong.

Konon katanya, untuk mendapatkan kekayaan di Sendang Kemilon, para pelaku pesugihan harus mau melakukan hubungan badan dengan Nyai Blorong. Setelah itu, Nyai Blorong akan memberi mereka sebuah batu pertama yang berasal dari sisiknya.

7. Gunung Tilu di Jawa Barat

Tempat Pesugihan

Gunung Tilu di Jawa Barat via wikipedia.org

Secara administratif, Gunung Tilu berada di desa Cemara dan desa Jabranti di kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Dinamakan ” Gunung Tilu “ karena dilihat dari sudut mana saja, selalu memperlihatkan tiga puncaknya yaitu puncak Tilu, puncak Sukmana, dan satu puncak lagi yang belum diberi nama.

Selain keindahan alamnya, Gunung Tilu juga cukup terkenal dengan keangkerannya. Konon katanya, di tempat ini pengunjung bisa bertemu atau melihat berbagai jenis hantu seperti Kuntilanak, Tuyul, Genderuwo, dan hantu lainnya.

Keangkeran Gunung Tilu ini sudah banyak dibahas berbagai media. Tapi anehnya, ada cukup banyak orang yang mengambil resiko untuk datang kesana demi mencari kekayaan dengan jalan pesugihan.

8. Kobongan Rembang di Jawa Barat

Tempat Pesugihan

Kobongan Rembang di Jawa Barat via murianews.com

Walaupun tidak sepopuler seperti Nyi Roro Kidul dan Nyi Blorong, nama Nyai Puspo Cempoko cukup dikenal diantara para pencari kekayaan dengan cara pesugihan. Dan tempat ritual pesugihan dengan Nyai Puspo Cempoko berada di Kobongan Rembang, Jawa Barat.

Konon katanya, untuk menjalankan ritual pesugihan ini, para laki-laki harus menjadi suami Nyai Puspo Cempoko dan setiap malam jum’at kliwon harus memenuhi kebutuhan seksual-nya Nyai Puspo Cempoko.

Selain itu, pelaku juga harus membuat kamar khusus, yang hanya boleh dimasuki oleh pelaku dan Nyai Puspo Cempoko, dengan berbagai sesajen seperti kembang tujuh rupa, berbagai jenis jajanan pasar, dan sesajen lainnya.

Nah, itulah beberapa tempat pesugihan di Indonesia yang lokasinya sebenarnya Indah. Tapi karena ada mitos, legenda, atau kejadian tertentu, sehingga tempat tersebut menjadi angker dan dikeramatkan. Pesan saya, tidak usah aneh-aneh mencari pesugihan, rezeki sudah ada yang mengatur, dan kita tinggal mensyukurinya saja.

Loading...

Add Comment