10 Tempat Wisata Alam di Bandung Yang Bagus Untuk Menenangkan Diri

Bandung memang dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang banyak sekali mempunyai tempat wisata yang bagus untuk menenangkan diri dari keramaian kota yang penuh dengan kebisingan dan polusi.

Ciwidey dan Lembang adalah dua daerah di Bandung yang paling terkenal sebagai tempat wisata yang bagus untuk menenangkan diri, dimana di dua daerah tersebut, banyak sekali terdapat tempat wisata yang berlatarbelakang alam dan pegunungan.

Makanya, setiap weekand Bandung selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik yang lokal maupun mancanegara. Lantas, dimana saja tempat wisata alam di Bandung yang bagus untuk menenangkan diri? berikut ulasannya

1. Dago Pakar

Dago Pakar adalah salah satu tempat wisata alam di Bandung yang paling terkenal, dimana setiap akhir pekan, tempat wisata ini selalu ramai dan dipadati oleh pengunjung yang ingin merasakan suasana pegunungan khas daerah Bandung.

Nama lain Dago Pakar adalah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang diresmikan langsung oleh presiden kedua republik Indonesia yaitu bapak Suharto pada tahun 1985 silam.

Dikawasan ini banyak sekali terdapat tempat-tempat keren yang bisa dikunjungi seperti air terjun, goa, sampai tempat nongkrong keren dengan konsep alam. Salah satu tempat nongkrong dengan konsep alam yaitu D’Pakar. D’Pakar adalah tempat nongkrong dengan kursi-kursi yang diletakan di tempat terbuka, yang bisa kamu gunakan sambil menikmati kopi atau apapun.

Selain itu, dikawasan ini pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam dan pegunungan dengan hamparan pohon yang menghijau. Untuk lokasi tempat wisata ini berada di jalan dako pakar, Bandung.

2. Kawah Putih

Tempat Wisata Alam di Bandung

Kawah Putih via wikipedia.org

Kawah Putih juga cukup terkenal sebagai salah satu tempat wisata alam di Bandung, sebab kawasan ini terkenal dengan pemandangan yang indah dan romantis. Makanya banyak pasangan muda-mudi datang ke tempat ini.

Salah satu bukti bahwa Kawah Putih adalah salah satu tempat paling romantis di Bandung yaitu banyak pasangan pengantin baru yang menjadikan Kawah Putih sebagai latarbelakang foto prewedding mereka.

Kawah Putih adalah sebuah kawah di Gunung Patuha yang merupakan hasil dari letusan Gunung Patuha beberapa ratus tahun silam. Kini, kawah dengan air danau berwarna biru toska ini sering dijadikan latarbelakang foto yang romantis.

Selain sering dijadikan background foto prewedding oleh pasangan muda-mudi, Kawah Putih juga beberapa kali dijadikan lokasi pembuatan film, sinetron, dan beberapa video klip band terkenal pun dibuat disini.

Selain itu, di dekat Kawah Putih juga sudah berdiri beberapa penginapan dan hotel yang siap kamu gunakan jika ingin berlibur di sini. Lokasi Kawah Putih ini berada di Jalan Raya Soreang Ciwidey, Bandung.

3. Situ Patenggang

Tempat Wisata Alam di Bandung

Situ Patenggang via wikipedia.org

Keindahan alam di kawasan Ciwidey bukan hanya Kawah Putih saja, ada satu lagi tempat wisata alam di Bandung yang berada di daerah Ciwidey yaitu Situ Patenggang. Situ Patenggang adalah sebuah danau yang sangat cantik.

Yang unik dari danau seluas 48 hektar ini yaitu lokasinya berada ditengah-tengah perkebunan teh, sehingga pemandangan danau ini terlihat lebih cantik lagi. Selain itu, danau ini juga berada di ketinggian sekitar 1.600 meter diatas permukaan air laut.

Ada satu cerita legenda tentang danau cantik ini, cerita ini juga yang membuat banyak orang penasaran untuk datang ke danau ini. Konon katanya, di salah satu tempat di danau ini adalah titik pertemuan Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Kedua diketahui saling jatuh cinta dan sempat terpisah dengan waktu yang cukup lama, titik pertemuan ini dinamakan Batu Cinta. Selain itu, ditengah danau juga ada sebuah pulau yang dipercaya sebagai perubahan wujud dari perahu yang digunakan oleh Ki Santang dan Dewi Rengganis. Pulau tersebut dinamakan Pulau Asmara.

Bagaimana ingin datang kesana? lokasinya sekitar 35 km dari pusat kota Bandung, kalau dari Kawah Putih sekitar 15 menit sudah sampai ke Situ Patenggang.

4. Farm House

Tempat Wisata Alam di Bandung

Farm House via tribunnews.com

Farm House adalah salah satu tempat wisata alam di Bandung paling baru dan banyak dibicarakan orang. Tempat wisata ini mengabungkan konsep perternakan dan perkebunan ala Eropa abad pertengahan.

Banyak tempat atau spot menarik yang didesain ala Eropa yang membuat kita seolah-olah benar berada di Eropa. Salah satu tempat yang paling populer yaitu rumah-rumah kecil kurcaci seperti di film ” The Hobbit “.

Selain rumah kurcaci, kamu juga bisa menikmati rumah bergaya Eropa, air terjun mini, dan kamu juga bisa berfoto dengan bermacam-macam jenis hewan atau bisa juga berfoto sambil mengenakan kostum ala orang Eropa.

Farm House adalah salah satu tempat wisata di Bandung paling hits untuk kalangan anak muda, bahkan saat musim liburan tiba, tempat ini sering jadi biang kemacetan, karena banyak yang antri untuk masuk ke tempat wisata ini.

5. De’ Ranch

De’ Ranch adalah salah satu tempat wisata alam di Bandung yang paling banyak dikunjungi. Tempat wisata ini berada di kawasan Lembang dan masih satu manajemen dengan tempat wisata alam Farm House.

Kalau di Farm House, kamu bisa menjadi orang Eropa, sedangkan kalau di De’ Ranch bisa menjadi seorang Cowboy. Karena tempat ini adalah sebuah perternakan yang dikelola sedemikian rupa hingga menjadi lebih menarik.

Walaupun sudah dikembang menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang kini banyak dikunjungi orang setiap liburan tiba, tapi kegiatan perternakan di De’ Ranch masih berjalan sebagaimana seharusnya.

Selain itu, De’ Ranch ini berada di daerah pengunungan di Lembang, sehingga suasana di tempat ini terasa adem dan sejuk, serta beberapa fasilitas pendukungnya pun sudah disediakan oleh pengelola seperti tempat makan, arena flying fox, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Inilah 14 Makanan Khas Bandung yang Pasti Membuatmu Ngiler

6. Dusun Bambu

Dusun Bambu adalah tempat wisata alam di Bandung, dimana pengunjung bisa mendapatkan banyak hal dalam satu kali kunjungan saja, walaupun kebanyakan adalah cuma tempat makan saja, terhitung ada 3 tempat makan di tempat wisata ini.

Yang paling menarik yaitu tempat makan bernama Lutung Kasarung, yaitu sebuah cafe yang dibangun mirip sangkar burung di atas sebuah pohon. Selain Lutung Kasarung, ada juga tempat makan Burangrang dan Saung Purbasari.

Selain itu, tempat wisata ini juga ada sebuah tempat belanja yang dinamakan Pasar Khatulistiwa. Jika ingin menginap, Dusun Bambu sudah menyediakan dua jenis penginapan, yang pertama Sayang Heulang yaitu tempat menginap ala pendaki dan yang kedua yaitu Kampung Layung dengan konsep tradisional.

Bagaimana, mau berkunjung kesana? Lokasinya terletak di Jalan Kertawangi Komplek Komando, Cisarua, Bandung Barat.

7. Bumi Perkemahan Ranca Upas

Tempat Wisata Alam di Bandung

Bumi Perkemahan Ranca Upas via portaltraveling.blogspot.co.id

Apabila kamu ingin menikmati sensasi camping seperti di alam pegunungan tapi sedang tidak ada waktu untuk mendaki gunung, kamu bisa datang dan mendirikan langsung tenda campingmu di Bumi Perkemahan Ranca Upas.

Selain itu, Bumi Perkemahan Ranca Upas juga cocok untuk mengadakan acara yang bertema outdoor. Selain itu, di sekitar tempat ini juga ada kolam renang dengan waterboom yang berada di kampung Cai dan juga sudah tersedia beberapa tempat makan.

Luas Bumi Perkemahan Ranca Upas sekitar 215 hektar dan berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan air laut. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari tempat wisata Kawah Putih di kawasan Ciwidey.

8. Taman Begonia

Tempat Wisata Alam di Bandung

Taman Begonia via detik.com

Taman Begonia adalah salah satu tempat wisata alam di Bandung yang keberadaannya sangat fenomenal, sebab banyak foto-foto keren dengan latarbelakang Taman Begonia yang jadi viral di sosial media seperti facebook dan instagram.

Taman Begonia merupakan sebuah taman dengan beraneka ragam bunga, dari bunga khas Indonesia sampai bunga dari mancanegara, salah satunya yaitu bunga Balinea yang merupakan bunga khas pulau Bali.

Selain itu, di Taman Begonia juga ada sebuah cafe dengan view hamparan bunga Balinea yang berwarna merah menyala. Objek wisata menarik ini berada di Jalan maribaya N0 120 A, di kawasan Lembang.

9. Wisata Hutan Pinus Cikole Pal 16

Tempat Wisata Alam di Bandung

Wisata Hutan Pinus Cikole Pal 16 via eclairer0.blogspot.co.id

Kalau tempat wisata alam di Bandung yang satu ini baru saja dibuka secara resmi pada bulan Juli 2016 yang lalu. Lokasinya berada di Cikole, kabupaten Bandung Barat. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini berada di tengah-tengah kawasan hutan pinus.

Selain itu, ternyata tempat wisata ini juga berada satu jalur dengan tempat wisata lainnya di Lembang seperti gunung Tangkuban Perahu, Terminal Wisata Grafika Cikole, Bandung Treetop Adventure, dan Maribaya.

Tempat wisata dikenal sebagai tempat wisata alam yang adem, makanya setiap musim liburan, PAL 16 ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik yang lokal maupun wisatawan yang datang dari luar daerah.

10. Wisata Perkebunan Teh

Tempat Wisata Alam di Bandung

Perkebunan Teh Rancabali via info-wisatadibandung.blogspot.co.id

Seperti yang kita ketahui, Jawa Barat adalah salah satu propinsi penghasil teh terbesar di Indonesia, jadi sebagai ibu kota Jawa Barat, di sekitar kota Bandung banyak terdapat perkebunan teh yang tampak asri dan hijau.

Salah satu yang paling besar dan terkenal yaitu Perkebunan Teh Rancabali. Perkebunan teh yang berada di Ciwidey ini memiliki pemandangan super hijau dan super luas yang pasti membuat matamu ikut hijau memandangnya.

Selain Perkebunan Teh Rancabali, ada juga Perkebunan Teh Gambung yang juga berada di kawasan Ciwidey. Di kebun teh ini pengunjung bisa mempelajari bagaimana merawat dan mengurus tanaman teh, cabai, kacang, dan buncis.

Selain di Ciwidey, perkebunan teh di Bandung juga ada di Pangalengan yaitu Perkebunan Teh Malabar yang tidak kalah indah dengan pemandangan hijaunya.

Sebenarnya masih banyak perkebunan teh lainnya yang terdapat di Bandung seperti Perkebunan Teh Sukawana yang berada dikawasan Lembang atau Perkebunan Teh Kertamanah di Pangalengan, dan masih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa tempat wisata alam di Bandung paling yang bagus untuk menenangkan diri. Bagaimana tertarik datang kesana?

BACA JUGA: 10 Tempat Belanja Murah di Bandung Paling Direkomendasikan

Loading...

Add Comment