16 Tempat Wisata Alam di Bogor! Mulai Dari Air Terjun Hingga Danau, ada Disini!!

Bogor adalah salah satu daerah di Indonesia yang kaya dengan keindahan alamnya, jadi tidak heran, banyak tempat wisata alam di Bogor dan sekitarnya yang selalu ramai dikunjungi pada saat musim liburan seperti weekand atau hari libur nasional.

Ada banyak pilihan tempat wisata alam yang ada di bogor, mulai dari yang berupa air terjun hingga danau ada disini. Selain itu, di jantung kota Bogor terdapat sebuah kebun raya yang legendaris yaitu Kebun Raya Bogor, dan masih banyak tempat menarik lainnya.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Nah, buat kamu yang ada rencana liburan di sekitar Bogor, wajib tahu beberapa tempat wisata alam paling direkomendasikan untuk dikunjungi di sekitar Bogor ini. Penasaran? langsung saja baca ulasannya berikut ini

1. Kebun Raya Bogor

Kalau ditanya tentang tempat wisata alam di Bogor paling direkomendasikan? Pasti yang pertama direkomendasikan adalah Kebun Raya Bogor, sebab di tempat ini kamu bisa merasakan kesejukan sambil menikmati beragam jenis fauna dan flora.

Selain itu, Kebun Raya Bogor juga bukan hanya sekedar tempat wisata alam pada umumnya, sebab tempat ini juga dijadikan sebagai salah satu pusat observasi tanaman di Indonesia. Makanya banyak para orangtua memilih berwisata ke tempat ini bersama anak-anaknya , karena bisa menjadi sarana edukasi yang baik terhadap anaknya.

Kebun Raya Bogor ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak kerajaan Sunda dulu. Tempat yang cukup terkenal dikalangan wisatawan di antaranya yaitu Pohon Jodoh dan Jembatan Merah yang konon katanya bisa membuat putus cinta bagi pasangan kekasih yang melewatinya.

2. Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor adalah taman safari pertama di Indonesia, dimana di tempat ini pengunjung bisa menikmati perjalanan dengan pemandangan alam yang cukup indah, lengkap dengan beragam jenis fauna berkeliaran dengan bebas.

Taman safari ini bagus sebagai tempa liburan bersama putra-putri anda, karena selain bisa berwisata alam dengan pemandangan indah, bisa juga langsung mengenalkan beragam jenis fauna kepada putra-putri anda.

Kalau ingin berfoto bersama-sama, bisa langsung mengunjungi Baby Zoo, dimana di tempat ini anak-anak akan aman berfoto dengan beberapa jenis hewan. Selain itu, di Taman Safari Bogor juga ada beberapa atraksi dan wahana yang cukup menarik untuk dicoba.

3. Situ Gede

Tempat Wisata Alam di Bogor

Situ Gede via wikipedia.org

Situ Gede adalah salah satu tempat wisata alam di Bogor yang cukup dikenal, hal ini terbukti dengan banyaknya warga lokal yang datang kesana, walaupun kebanyakan dari mereka hanya sekedar datang untuk memancing saja.

Selain memancing, pengunjung juga bisa mencoba menaiki perahu sambil menikmati keindahan alam Situ Gede. Karena keindahannya inilah, ada beberapa film yang mengunakan Situ Gede sebagai salah satu lokasi syutingnya.

4. Warso Farm

Kalau kamu adalah salah satu orang yang sangat menyukai buah durian, berarti kamu wajib mengunjungi tempat wisata alam di Bogor yang satu ini, sebab Warso Farm adalah salah satu pelopor agrowisata buah durian di Indonesia.

Tempat wisata seluas 8,5 hektar ini memiliki 19 jenis buah durian dengan kurang lebih 900 pohon durian. Yang lebih menarik lagi, di tempat ini kamu bisa langsung memetik buah durian langsung dari pohonnya.

Selain itu, kamu juga bisa memesan dan menyantap buah durian di tempat sudah disediakan oleh pengelola, baik dalam bentuk jus maupun memakannya langsung. Kalau ingin membawa pulang untuk oleh-oleh buat kerabat juga bisa.

5. Gunung Pancar

Kalau ingin melakukan piknik bersama keluarga di Bogor? mungkin Gunung Pancar adalah salah satu jawabannya. Sebab, di tempat ini kamu bisa melakukan piknik sambil mendirikan kemah, bersepeda, hingga hiking.

Selain itu, di sekitar Gunung Pancar terdapat juga pemandian air panas, dimana sumber airnya berasal dari air panas alami. Di tempat ini kamu bisa berendam sambil menikmati indah pemandangan pohon pinus.

6. Air Terjun Bidadari

Tempat Wisata Alam di Bogor

Air Terjun Bidadari via kompasiana.com

Bagaimana ya sensasinya mandi di tempat pemandian para bidadari? hal ini bisa kamu rasakan sendiri bila mengunjungi dan mandi di Air Terjun Bidadari yang lokasinya berada di Sentul Paradise Park.

Air terjun setinggi 75 meter ini memiliki sumber air yang berasal dari hutan lindung yang berada tidak jauh dari air terjun tersebut. Kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi, apalagi pas waktu liburan.

7. Telaga Warna

Tempat Wisata Alam di Bogor

Telaga Warna via liputan6.com

Kalau ingin pergi ke tempat wisata alam di Bogor yang menenangkan? Telaga Warna bisa jadi salah satu alternatf yang patut dipertimbangkan. Sebab, di tempat ini memang benar-benar menenangkan dengan view yang sangat indah.

Kalau ingin menikmati pemandangan Telaga Warna dari ketinggian, pengunjung juga bisa menyewa dan mencoba flying fox yang disediakan disana. Telaga Warna terletak di kawasan Puncak, atau lebih tepatnya berada di desa Tugu, kecamatan Cisarua.

8. Taman Wisata Mekarsari

Mungkin buat mereka yang pernah keliling Indonesia untuk berwisata ria pasti tahu tentang Taman Wisata Mekarsari ini, sebab tempat ini adalah salah satu taman wisata buah paling besar yang ada di Indonesia.

Tempat wisata ini sangat cocok buat wisata keluarga, sebab di taman seluas sekitar 264 hektar ini terdapat 1470 jenis tanaman buah dengan ratusan ribu pohon buah. Selain itu, taman ini juga bagus dijadikan tempat konservasi dan edukasi.

Untuk mengeliling tempat ini, sudah disediakan kereta oleh pihak pengelola. Selain berwisata dengan kereta, pengunjung bisa juga mencoba aktivitas outbond di sekitar danau.

Baca Juga: 5 Mitos Kebun Raya Bogor Yang Justru Menarik Minat Banyak Wisatawan

9. Taman Wisata Matahari

Tempat Wisata Alam di Bogor

Taman Wisata Matahari via wisatakuliner09.blogspot.co.id

Tempat wisata alam di Bogor selanjutnya yaitu Taman Wisata Matahari. Tempat wisata ini berada di Jalan Raya Puncak Bogor dengan luas sekitar 30 hektar. Taman Wisata Matahari ini adalah salah satu tempat wisata untuk pengunjung segala usia.

Ada banyak kegiatan outbond di tempat wisata ini seperti flying fox, arung jeram, mengendarai ATV, mini outbond, dan rumah hantu. Untuk anak ada area sawah dan kebun sayur, dan wahana khusus untuk anak-anak.

10. Agro Gunung Mas

Agro Gunung Mas adalah salah satu tempat wisata alam di Bogor yang bagus untuk menenangkan hati, dimana hamparan perkebunan teh yang indah akan membantu menenangkan hati serta pikiran yang selalu sibuk dengan bisnis.

Di Agro Gunung Mas, pengunjung bisa langsung melihat segala kegiatan berkebun dari pemetik daun teh. Tidak jarang juga, ada beberapa pengunjung yang menjadikan hamparan perkebunan teh ini sebagai background untuk berfoto.

11. Taman Riung Gunung

Tempat Wisata Alam di Bogor

Taman Riung Gunung via wisatakuliner09.blogspot.co.id

Taman Riung Gunung adalah salah satu objek wisata dikawasan Puncak Bogor yang menyajikan pemandangan perkebunan teh sebagai daya tarik utamanya. Selain itu, di tempat ini juga terdapat beberapa fasilitas lain seperti kolam renang, teawalk, area outbond, hingga sarana bermain untuk anak-anak.

Buat kamu yang ingin mengakrabkan diri bersama keluarga atau teman, di tempat ini juga menyediakan resto lesehan. Kegiatan paling seru tentunya menelusuri kawasan perkebunan teh dengan pemandangan yang bisa menghijaukan matamu.

12. Air Panas Ciparay

Tempat Wisata Alam di Bogor

Air Panas Ciparay via travel.detik.com

Ciparay juga salah satu tempat wisata alam di Bogor yang cukup dikenal, dimana pemandian air panas di alam terbuka adalah daya tarik utamanya. Letaknya ada di desa Gunung Sari, kecamatan Pamijahan.

Selain kolam sebagai tempat pemandian air panas, disini juga ada beberapa tempat yang bisa digunakan untuk bersantai. Selain itu, disana juga ada banyak warung yang menyediakan beragam hidangan seperti kopi, teh, dan makanan ringan lainnya.

13. Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Tempat Wisata Alam di Bogor

Air Panas Tirta Sanita Ciseeng via coba-like.blogspot.co.id

Selain Air Panas Ciparay, ada satu lagi pemandian air panas di Bogor yaitu Air Panas Tirta Sanita Ciseeng yang berada di desa Ciseeng, kecamatan Parung. Pemandian air panas yang cukup dikenal di tempat ini yaitu Tirta Sanita.

Mandi di pemandian air panas Tirta Sanita Ciseeng diyakini bisa menyembuhkan segala penyakit kulit. Sebab, sumber air panasnya berasal dari Gunung Kapur Ciseeng yang mengandung 3 unsur mineral yaitu garam, belerang, dan kapur.

14. Curug 7 Cilember

Buat kamu yang suka dengan air terjun, Bogor juga punya, salah satu yang paling direkomendasikan yaitu Curug 7 Cilember. Curug 7 Cilember adalah air terjun di Bogor yang memiliki 7 buah air terjun sekaligus.

Curug 7 Cilember berada di desa Jogjoan, kecamatan Cisarua, tempat ini masih masuk kawasan Puncak Bogor. Selain itu, disekitar Curug 7 Cilember ada juga penangkaran kupu-kupu yang bisa langsung kamu lihat dari dekat.

15. Danau Lido

Kalau kamu mencari tempat wisata alam di Bogor berupa danau yang indah? maka danau Lido bisa jadi pilihan yang bagus, sebab bukan hanya nuansa danau saja yang kamu dapat, nuansa pegunungan pun bisa kamu rasakan di danau ini.

Danau Lido terletak di desa Wates Jaya, kecamatan Cijeruk. Tempat ini cukup mudah ditemukan, sebab lokasinya yang berada di Jalan Raya Sukabumi – Bogor. Ada beberapa fasilitas yang bisa kamu gunakan di danau ini seperti sepeda air, perahu tradisional, dan speedboat.

16. Goa Gudawang

Tempat Wisata Alam di Bogor

Goa Gudawang via tribunnews.com

Keindahan goa yang didalamnya terdapat stalagmit dan stalaktit ini sudah berhasil membuat para pengemar traveling penasaran, hingga mereka akhirnya memutuskan untuk mengeksplorasi isi goa tersebut.

Goa Gudawang ini berada di desa Argapura, kecamatan Ciguged, dimana goa ini sangat bagus dijadikan tempat Caving yang seru. Di dalam gua, pengunjung akan disuguhkan ukiran alam berupa stalagmit dan stalaktit.

Sebenarnya di kawasan ini ada beberapa goa, dimana yang sudah pernah dieksplorasi di antaranya adalah goa Simasigit, goa Sipahang, dan goa Simenteng.

Nah, itulah beberapa tempat wisata alam di Bogor, mulai dari air terjun hingga danau, ada di bogor. Jadi, Bagaimana sudah memutuskan mau pergi ke Bogor?

Baca Juga: 7 Tempat di Hutan Pinus Mangunan Yang Menarik di Kunjungi

Loading...

Add Comment