11 Tempat Wisata Alam di Jakarta Yang Bagus Dikunjungi

Siapa bilang kota Jakarta hanya dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit saja, padahal di sekitar kota Jakarta juga punya beberapa tempat wisata dengan latarbelakang alam yang cukup menarik dikunjungi.

Walaupun dari segi kualitas, mungkin masih kalah dengan wisata alam dari daerah lain seperti beberapa tempat wisata alam di Bandung yang sedang hits dan populer dikalangan anak muda kekinian.

Tapi, beberapa tempat wisata alam di Jakarta ini bisa menjadi alternatif untuk warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin berlibur tapi tidak terlalu jauh dari kota Jakarta. Lantas, dimana saja tempat wisata alam di Jakarta tersebut? berikut ulasannya

1. Kepulauan Seribu

Tempat Wisata Alam di Jakarta

Kepulauan Seribu via tribunnews.com

Kepulauan Seribu merupakan tempat wisata alam di Jakarta yang selalu menjadi salah satu favorit bagi warga jakarta dan sekitarnya yang ingin liburan dengan latarbelakang alam tapi tidak ingin keluar terlalu jauh dari Jakarta.

Ada beberapa pulau yang selalu ramai dikunjungi oleh warga Jakarta dan sekitarnya setiap akhir pekan, salah satunya yaitu pulau Tidung.

Di pulau Tidung, pengunjung bisa menikmati pemandangan laut di bawah pohon rindang, berjemur di pantai, melihat sun rise, dan masih banyak kegiatan seru lainnya yang pasti membuat senang berada di pulau ini.

Baca Juga: 10 Pulau Terindah Di Kepulauan Seribu

2. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Tempat Wisata Alam di Jakarta

Taman Wisata Alam Angke Kapuk via kompas.com

Tempat wisata alam di Jakarta selanjutnya yaitu Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Taman ini berupa hutan bakau yang berada di kawasan pantai indah kapok, Jakarta Utara.

Berwisata ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang ingin menyegarkan tubuh sekaligus menyegarkan pikiran dari kesibukan kerja yang padat.

Kamu bisa berjalan santai di jembatan panjang, kalau kamu mau, taman ini juga bisa dijelajahi dengan bersepeda. Selain itu, di taman ini juga ada menyewaan perahu untuk bisa mengelilingi hutan bakau ini.

3. Taman Suropati

Tempat Wisata Alam di Jakarta

Taman Suropati via tempo.co

Taman kota juga bisa dianggap sebagai tempat wisata alam, terlebih lagi kalau taman tersebut di tanami beragam tumbuhan dan di tata sedemikian rupa, misalnya taman Suropati yang berada di kawasan Menteng, Jakarta.

Taman Suropati ini merupakan salah satu paru-paru kota Jakarta yang menjadi salah satu referensi tempat wisata alam di Jakarta yang cukup menarik dikunjungi.

Selain itu, taman ini juga dianggap oleh kalangan anak muda kekinian sebagai salah satu tempat paling romantis di Jakarta, jadi tidak heran jika taman ini selalu ramai dikunjungi anak muda yang sedang kasmaran.

4. Kebun Binatang Ragunan

Tempat Wisata Alam di Jakarta

Kebun Binatang Ragunan via pegipegi.com

Kebun Binatang Ragunan juga bisa di masukan ke dalam daftar tempat wisata alam di Jakarta yang patut di pertimbangkan untuk dikunjungi, dimana di kebun binatang yang sudah berdiri sejak tahun 1864 ini memiliki sekitar 2000 jenis satwa.

Dari dulu sampai sekarang, kebun binatang ini selalu ramai dikunjungi terutama warga Jakarta dan sekitarnya. Selain itu, tempatnya juga cukup teduh dengan 20 ribu pohon yang tumbuh subur di kebun binatang ini.

5. Taman Situlembang

Tempat Wisata Alam di Jakarta

Taman Situlembang via travel.detik.com

Selain taman Suropati, ada taman lain yang juga patut dipertimbangkan untuk dikunjungi yaitu Taman Situlembang. Taman ini merupakan kombinasi antara taman dan danau yang bisa membawamu dekat dengan alam walaupun sedang berada di tengah kota Jakarta.

Taman yang berada di Jakarta Pusat ini memiliki sebuah danau di tengah-tengahnya, dimana pengunjung bisa memancing di danau tersebut. Yang lebih menariknya lagi, mamancing di danau ini ternyata tidak dipungut biaya alias gratis.

6. Pantai Ancol

Tempat Wisata Alam di Jakarta

Pantai Ancol via tribunnews.com

Pantai Ancol adalah salah satu tempat wisata alam di Jakarta yang paling populer, bahkan bukan hanya dikalangan masyarakat Jakarta saja, hampir seluruh orang Indonesia, mungkin pernah mendengar pantai Ancol ini.

Pantai ini memang memiliki daya tarik tersendiri, makanya tidak heran, jika pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama di musim liburan, baik yang lokal, maupun yang sengaja datang dari luar Jakarta.

Baca Juga: 7 Tempat di Hutan Pinus Mangunan Yang Menarik di Kunjungi

7. Taman Anggrek Indonesia Permai

Tempat Wisata Alam di Jakarta

Taman Anggrek Indonesia Permai via kompasiana.com

Dari namanya saja kita sudah tahu, apa yang kita dapatkan jika mengunjungi taman ini. Ya, Taman Anggrek Indonesia Permai merupakan taman bunga Anggrek yang berada di Komplek Taman Mini Indonesia Indah.

Ada beberapa jenis bunga Anggrek di taman ini. Jadi jika kamu adalah seorang yang menyukai bunga wajib hukumnya mengunjungi tempat ini.

8. Taman Cattleya

Tempat Wisata Alam di Jakarta

Taman Cattleya via akhsanisme.blogspot.co.id

Taman Cattleya merupakan salah satu taman kota di Jakarta yang harus dimasukan ke list tempat wisata alam di Jakarta ini, sebab taman ini berbeda dengan taman-taman lainnya yang menyuguhkan pemandangan alam yang tampak asri.

Makanya banyak warga Jakarta yang memilih taman ini sebagai tempat untuk melakukan kegiatan seperti olahraga atau sekedar jalan-jalan sambil menghirup udara segar. Taman ini juga sering disebut taman Komang, berada di kawasan Palmerah, Jakarta Barat.

9. Hutan Kota Manggala Wanabakti

Tempat Wisata Alam di Jakarta

Hutan Kota Manggala Wanabakti via virariyani226.blogspot.co.id

Ditengah-tengah gedung tinggi yang banyak terdapat di kota Jakarta, ternyata, kita juga bisa menemukan sebuah hutan disana, lebih tepatnya hutan kota seluas 0,4 hektar yaitu Hutan Kota Manggala Wanabakti.

Uniknya, hutan kota ini berada di halaman kantor Departemen Kehutan (samping gedung DPR). Hutan kota bisa jadi alternatif yang dikunjungi kalau kamu sudah bosan mengunjungi Mall-Mall yang banyak di kota Jakarta.

10. Tanah Tingal

Tempat Wisata Alam di Jakarta

Tanah Tingal via kompasiana.com

Tanah Tingal adalah salah satu tempat wisata alam yang fokus kepada kegiatan kreatif untuk berinteraksi dengan alam. Tanah Tingal ini berada di kawasan wilayah Ciputat dengan luas sekitar 10 hektar.

11. Setu Babakan

Tempat Wisata Alam di Jakarta

Setu Babakan via kompasiana.com

Tempat wisata alam di Jakarta yang terakhir adalah sebuah tempat wisata yang sarat dengan wisata budaya, terutama kebudayaan Betawi yang merupakan suku asli Jakarta. Namanya adalah Setu Babakan.

Setu Babakan ini berada di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, dimana di tempat ini kita bisa mengenal lebih jauh kebudayaan betawi seperti rumah adat, kesenian, hingga makanan khas suku betawi.

Selain itu, untuk menikmati keindahan alam di Setu Babakan, kamu bisa juga menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Dijamin kamu akan betah berada di tempat ini.

Nah, itulah beberapa tempat wisata alam di Jakarta yang menarik dan bagus untuk dikunjungi. Bagaimana sudah ada planning untuk berlibur kesana?

Baca Juga: 7 Bangunan Peninggalan Belanda di Indonesia Paling Megah

Loading...

Add Comment