Ini Dia 9 Tempat Wisata di Ngawi! Pesonanya Pasti Membuatmu Kagum!!

Ngawi adalah sebuah kabupaten yang berada paling ujung barat di propinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan propinsi Jawa Tengah. Karena letaknya di tengah daratan, membuat Ngawi mempunyai topografi berupa dataran tinggi.

Kabupaten Ngawi juga mempunyai beberapa julukan seperti ” Kota Bambu “ yang merupakan asal usul dari nama Ngawi yaitu ” Awi “ yang berarti ” Bambu “ atau ” Kota Kripik Tempe “ karena kabupaten ini memiliki kripik tempe yang sangat khas.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Selain memiliki banyak julukan, kabupaten Ngawi juga memiliki sejumlah tempat wisata yang tidak boleh dipandang sebelah mata, karena beberapa tempat wisata di Ngawi ini pasti bisa membuatmu terkagum-kagum. Lantas, dimana saja tempat wisata di Ngawi tersebut? berikut ulasannya

1. Air Terjun Pengantin

Tempat Wisata di Ngawi

Air Terjun Pengantin via lilianto-ichsan.blogspot.co.id

Kamu masih ingat dengan film Indonesia bergenre slasher thriller yang dibintangi artis terkenal Tamara Bleszynski berjudul ” Air Terjun Pengantin “. Ternyata, Air Terjun Pengantin ini benaran ada di kabupaten Ngawi.

Tapi, Air Terjun Pengantin di Ngawi ini berbeda dengan Air Terjun Pengantin yang diceritakan dalam film tersebut, tidak ada suasana horornya. Selain itu, tempat wisata di Ngawi yang satu ini masih jarang dikunjungi wisatawan.

Dinamakan Air Terjun Pengantin, karena air terjun ditempat ini ada sepasang yang letaknya saling berdampingan dengan tinggi sekitar 12 meter. Air Terjun Pengantin ini berada agak tersembunyi dibalik Perkebunan Teh Jamus yang merupakan ikon kabupaten Ngawi.

Air terjun ini berada di dusun Besek, desa Hargomulyo, kecamatan Ngrambe. Dan untuk mengunjungi air terjun ini memerlukan waktu tempuh kurang lebih 3 jam dari pusat kota Ngawi.

2. Air Terjun Srambang

Gunung Kawi memang menyimpan banyak pesona, salah satunya yaitu Air Terjun Srambang. Air terjun yang berada di desa Girimulyo, kecamatan Jogorogo ini sangat sejuk dan asri, karena masih sangat tersembunyi dibalik hutan pinus.

Untuk mengunjungi air terjun ini diperlukan waktu tempuh sekitar 25 km dari pusat kota Ngawi dengan kondisi jalan yang lumayan terjal dan berliku-liku. Tapi pemandangan indah hutan pinus disepanjang jalan menuju ke air terjun ini akan membuatmu lupa dengan kondisi jalan yang jelek tersebut.

Memang, untuk menuju ke air terjun ini diperlukan tenaga yang sedikit lebih ekstra, tapi segala kelelahan tersebut akan terbayar dengan indahnya air terjun ini.

3. Ikon Tempat Wisata di Ngawi Yaitu Perkebunan Teh Jamus

Tempat Wisata di Ngawi

Perkebunan Teh Jamus via pur88.blogspot.co.id

Perkebunan Teh Jamus adalah salah satu tempat wisata di Ngawi paling populer, saking populernya, sampai-sampai Perkebunan Teh Jamus ini dijadikan ikon pariwisita untuk kabupaten Ngawi.

Perkebunan Teh Jamus yang berada di dusun Jamus, desa Girikerto, kecamatan Sine ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Hal ini bisa terlihat dari pohon-pohon teh di perkebunan ini yang sudah sangat tua.

Pohon-pohon teh yang usianya lebih dari seratus tahun ini bisa kamu lihat di Bukit Borobudur yaitu salah satu dari perkebunan teh yang berundak-undak mirip seperti Candi Borobudur. Selain itu, dari atas bukit ini kamu juga bisa melihat hamparan kebun teh yang hijau.

Di tempat ini juga pengunjung juga bisa melakukan beberapa kegiatan seru lainnya seperti Flying Fox, atau bermain air di Sumber Mata Air Lanang.

4. Waduk Pondok

Tempat Wisata di Ngawi

Waduk Pondok via radardjowo.blogspot.co.id

Karena letaknya berada di dataran tinggi, maka kabupaten Ngawi tidak memiliki wisata pantai, tapi kabupaten Ngawi memiliki alternatif untuk wisata air yaitu Waduk Pondok. Tempat wisata di Ngawi ini berada di kecamatan Dampit.

Di Waduk Pondok ini pengunjung akan disunguhkan hamparan air dan bukit-bukit hijau. Selain itu, di tempat ini pengunjung juga bisa melakukan beberapa kegiatan seru seperti berkeliling dengan perahu, bermancing, atau bermain jet ski.

Baca Juga: 16 Tempat Wisata Alam di Bogor! Mulai Dari Air Terjun Hingga Danau, ada Disini!!

5. Museum Trinil

Tempat wisata di Ngawi berikutnya yaitu Museum Trinil, dimuseum ini pengunjung bisa belajar tentang sejarah manusia purba, karena di museum ini ada salah satu fosil manusia purba terpopuler saat ini yaitu Phitecantropus Erectus.

Fosil Phitecantropus Erectus ini memang ditemukan di Ngawi, makanya didirikan museum ini. Museum ini berada di dusun Pilang, desa Kawu, kecamatan Kedunggalar, atau sekitar 14 kilometer dari pusat kota Ngawi.

6. Benteng Pendem Van den Bosch

Tempat Wisata di Ngawi

Benteng Pendem Van den Bosch via wikipedia.org

Benteng Pendem Van den Bosch adalah salah satu benteng peninggalan Belanda di Indonesia. Benteng yang berupa tembok-tembok usang dan kusam tapi masih kokoh berdiri ini justru memiliki pesona dan daya tarik tersendiri.

Benteng ini terletak di antara Bengawan Madiun dan Begawan Solo, lebih rendah dari tanah di sekelilingnya, makanya masyarakat disana lebih sering menyebut benteng ini dengan nama ” Benteng Pendem “.

Di benteng ini pengunjung bisa menjelajahi beberapa ruangan yang dulunya digunakan sebagai penjara, gudang senjata, barak tentara, dan sebagainya. Tempat ini bagus dijadikan bakcground foto dengan tema bangunan tua.

7. Pesanggrahan Srigati

Sekitar 12 km dari kota Ngawi atau lebih tepatnya di desa Babadan, kecamatan Paron, terdapat sebuah Pesanggrahan Srigati yang dianggap punya nilai sejarah, karena dipercaya sebagai tempat petilasan Raja Brawijaya.

Konon katanya, di tempat ini ada sebuah keraton dari kerajaan gaib, makanya banyak orang mengunakan tempat ini sebagai tempat untuk mencari berkah atau memperdalam ilmu gaib.

Tapi terlepas dari hal-hal yang berbau gaib tersebut, Pesanggrahan Srigati ini cukup menarik dikunjungi, karena tempat ini memiliki sejarah yang tidak terpisahkan dengan kota Ngawi. Selain itu, di tempat ini kalian juga bisa melihat Sendang Drajat, Selodakan, Palenggahan Sukarno, atau Palenggahan Agung Srigati.

8. Taman Wisata Tawun

Sekitar 7 km ke arah timur dari pusat kota Ngawi atau lebih tepatnya di desa Twun, kecamatan Kasreman, ada sebuah taman yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu yaitu Taman Wisata Tawun.

Di dalam taman ini pengunjung bisa berenang di kolam, atau bertemu beragam hewan di kebun binatang mini. Selain itu, di taman ini juga sudah tersedia tempat pemancingan.

Di Taman Wisata Tawun juga ada sumber mata air alami, dimana airnya digunakan untuk menyuplai air ke dalam kolam pemandian. Nah, di sumber mata air inilah diadakan ritual Keduk Beji Tawun setiap hari selasa Kliwon setiap tahunnya. Pada saat itu, akan banyak wisatawan yang datang untuk melihat ritual tersebut.

9. Air Terjun Teleng

Tempat Wisata di Ngawi

Air Terjun Teleng via radardjowo.blogspot.co.id

Selain Air Terjun Pengantin dan Air Terjun Srambang, ada satu lagi tempat wisata di Ngawi berupa air terjun yang wajib dipertimbangkan untuk dikunjungi yaitu Air Terjun Teleng. Air terjun ini terkenal dengan pemandangan alamnya yang masih asli.

Air terjun ini sangat cocok dijadikan background foto dengan pemandangan alam yang masih tampak asri. Selain itu, mengunjungi air terjun yang berada di desa Ngrayudan ini tidak dipungut biaya masuk sepeser pun alias gratis.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Ngawi yang pesona pasti membuatmu terkagum-kagum. Jadi kapan berkunjung ke Ngawi?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Alam di Bandung Yang Bagus Untuk Menenangkan Diri

Loading...

Add Comment