13 Tempat Wisata di Pekalongan Paling Rekomendasi untuk Dikunjungi

Pekalongan adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berada di jalur Pantura (pantai utara) yaitu jalur yang menghubungkan kota Jakarta sampai ke beberapa kota di bagian timur pulau Jawa seperti kota Surabaya.

Nama Pekalongan berasal dari kata ” Kalong “ yaitu sejenis kelelawar. Tapi bukan berarti di daerah ini banyak kelelawarnya, Konon katanya, nama ini berasal dari Bupati Kendal pertama yaitu Raden Bahu yang melakukan ” Tapa Kalong “ di sebuah gua sebelum membuka daerah ini.

Tanpa Operasi Plastik, Inilah 10 Pria Tercantik Di Dunia

Kini, kota yang berjuluk ” Kota Batik “ ini sudah banyak terdapat tempat wisata menarik yang bisa dijejalahi. Lantas, seperti apa saja tempat wisata di Pekalongan tersebut? berikut ulasannya

1. Pantai Pasir Kencana

Tempat Wisata di Pekalongan

Pantai Pasir Kencana via tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Pantai Pasir Kencana adalah salah satu tempat wisata di Pekalongan yang cukup populer. Selain itu, lokasinya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota, cukup menempuh 4 km perjalanan, pengunjung sudah bisa menikmati pantai indah ini.

Sebagai tempat wisata yang populer di Pekalongan, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat hari libur. Pantai ini termasuk tempat wisata yang cukup tertata rapi seperti jembatan kanal, batu pembatas ombak, dan panggung hiburan.

Selain itu, di pantai ini juga ada objek wisata bahari berupa akuarium dengan koleksi biota laut yang mirip seperti Seaworld. Di sekitar tempat ini, pengunjung juga bisa menemukan pelabuhan dan tempat pelelangan ikan yang penuh dengan aktivitas para nelayan lokal.

2. Pantai Slamaran

Tempat wisata di Pekalongan berikutnya yaitu Pantai Slamaran. Lokasi pantai ini tidak jauh dengan pantai Pasir Kencana, hanya dipisahkan oleh sebuah pelabuhan. Selain itu, pantai ini juga tidak kalah indah dengan pantai Pasir Kencana.

Yang menarik dari pantai ini, yaitu cerita legenda tentang Dewi Lanjar yang ditinggal mati oleh suaminya. Kemudian karena kesepian, dia akhirnya moksa dan menjadi bawahan Ratu Kidul penguasa pantai selatan.

Setelah itu, Dewi Lanjar diperintahkan oleh Ratu Kidul untuk menghalangi Raden Bahu untuk membuka hutan. Tapi, karena kesaktian yang dimiliki oleh Raden Bahu, akhirnya Dewi Lanjar pun takluk, dia pun memohon agar dibiarkan menempati lautan di sekitar Pekalongan.

3. Pantai Depok

Selain pantai Pasir Kencana, dan pantai Slamaran, ada satu lagi tempat wisata di Pekalongan berupa pantai yang cukup menarik dikunjungi yaitu pantai Depok. Pantai ini berada di desa Depok, kecamatan Siwalan.

Suasana di pantai cukup indah dengan panorama yang elok, dan ombak yang cukup tenang. Selain itu, pohon-pohon kelapa di pantai ini juga tidak hanya menjadikan pantai ini terasa lebih teduh, tapi juga akan terasa lebih romantis.

4. Curug Muncar

Tempat Wisata di Pekalongan

Curug Muncar via spadepicnic.wordpress.com

Selain pantai, di Pekalongan juga ada beberapa air terjun, salah satunya yang cukup populer yaitu Curug Muncar. Air terjun yang berada diketinggian 1.249 diatas permukaan air laut ini berada di desa Curugmuncar, kecamatan Petungkriyono atau sekitar 30 km dari ibukota kabupaten Pekalongan.

Curug Muncar dikelilingi lereng gunung Rogojembangan yang sangat menawan, letaknya berada di hutan milik Perhutani, dan jalan untuk akses ke tempat ini cukup panjang dan berliku-liku. Tapi, fasilitas di tempat ini sudah cukup memadai.

5. Curug Bajing

Selain curug Muncar, ada satu lagi tempat wisata di Pekalongan berupa air terjun yaitu Curug Bajing. Air terjun yang berada diketinggian 1.300 diatas permukaan air laut ini berada di desa Telogopakis, kecamatan Petungkriyono.

Keunikan air terjun setinggi 70 meter ini yaitu bentuk aliran airnya yang bertingkat-tingkat di dasarnya. Untuk bisa sampai ke air terjun ini, pengunjung harus melakukan trekking sekitar 15 menitan dari lokasi parkir.

6. Linggo Asri

Tempat Wisata di Pekalongan

Linggo Asri via gardutani.blogspot.co.id

Linggo Asri adalah tempat wisata di Pekalongan yang menyedia beberapa tempat rekresasi seperti kolam renang, kebun binatang mini, dan bumi perkemahan. Tempat wisata ini cocok dikunjungi bersama keluarga.

Selain itu, di Linggo Asri juga ada beberapa tempat wisata outbond seperti arung jeram, flying fox, dan trekking di hutan. Tempat wisata ini terkenal sangat dingin, karena terletak di ketinggian yaitu sekitar 700 diatas permukaan air laut.

7. Bukit Pawuluhan

Tempat wisata di Pekalongan berikutnya yaitu Bukit Pawuluhan. Katanya, di bukit yang berada di desa Gembong, kecamatan KandangSerang ini kita bisa melihat Golden Sunrise dan jajaran perbukitan yang indah.

Selain itu, jalur pendakiannya pun termasuk mudah dan tidak memerlukan peralatan profesional serta dapat didaki dengan waktu sekitar 2 jam. Sedangkan waktu tempuh tempat ini dari pusat kota sekitar 3 jam perjalanan.

8. Gunung Kendalisodo

Mungkin belum banyak pendaki yang tahu dengan gunung yang berada di kecamatan Petungkriyono, kabupaten Pekolangan ini, tapi pecinta alam dan warga lokal sering menjadikan gunung ini sebagai salah satu tujuan pendakian di Pekalongan.

Walaupun ketinggiannya hanya 1.697 meter diatas permukaan air laut, tapi jalur pendakiannya cukup menantang dengan medan yang curam. Tapi yang paling penting, sebelum mendaki gunung, persiapkan dirimu sebaik-baiknya dan jangan tinggalkan apapun selain jejakmu.

9. Gunung Rogojembangan

Tempat Wisata di Pekalongan

Gunung Rogojembangan via wikipedia.org

Selain gunung Kendalisodo, ada satu lagi tempat wisata di Pekalongan berupa gunung yaitu gunung Rogojembangan. Gunung ini juga berada di kecamatan Petungkriyono, atau lebih tepatnya berada di desa Gumelam.

Perlu diingat, jika ingin mendaki gunung ini, pendaki wajib membawa air, karena disepanjang jalur pendakian menuju puncak tidak terdapat sumber air. Selain itu, di salah satu jalur pendakiannya juga ada jalur yang disebut ” Jalur Setan “ dengan kemiringan hampir 90 derajat.

10. Puncak Tugu Petungkriyono

Tidak jauh dari gunung Rogojembangan, kamu juga bisa mengunjungi Puncak Tugu Petungkriyono dengan pemandangan alam yang menyejukan mata dan pikiran. Lokasinya tepat disebelah timur gunung Rogojembangan.

Dinamakan ” Puncak Tugu “ karena di tempat ini ada Tugu Trianggulasi yang merupakan peninggalan Belanda. Dari Bascamp ke pintu masuk bisa ditempuh sekitar 45 menit, sedangkan dari pintu masuk jalur pendakian ke puncak membutuhkan waktu sekitar 60-90 menitan.

11. Desa wisata lolong

Desa wisata bernama Lolong ini berada kecamatan Karanganyar, atau sekitar 34 km dari pusat kota. Di desa wisata ini, mengalir sungai Sengkarang dengan lebar sekitar 1,6 meter yang sering dijadikan tempat Arum Jeram.

Selain Arum Jeram, di desa wisata ini juga memiliki festival durian setiap setahun sekali. Desa Wisata Lolong ini dikembangkan oleh pemuda setempat yang bekerjasama dengan pemerintahan daerah Pekalongan. Bagaimana, tertarik datang kesini?

12. Kedung Si Pingit Petungkriyono

Tempat Wisata di Pekalongan

Kedung Si Pingit Petungkriyono via instapekalongan.tumblr.com

Kalau kamu sedang mencari tempat berenang dengan tenang dan leluasa tanpa ditimpa air terjun, maka Kedung Si Pingit ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Selain itu, air di tempat ini juga terkenal sangat menyegarkan dengan warna birunya.

Enaknya lagi, kalau kamu berani, kamu bisa terjun dan lompat dari tebing untuk menyambut kejernihan airnya. Kedung Si Pingit yang berada di kecamatan Petungkriyono ini sering juga disebut ” Grand Canyon ala pekalongan “.

13. Museum Batik

Kalau berbicara tentang tempat wisata di Pekalongan, tidak etis kalau tidak membahas museum Batik, sebab Pekalongan adalah salah satu daerah penghasil batik di Indonesia. Di museum ini pengunjung bisa memperkaya pengetahuan tentang Batik khas Indonesia.

Museum yang berada di jalan Jetuyu, NO.1 Pekalongan ini memiliki koleksi ratusan jenis Batik, baik yang kuno maupun yang modern dengan berbagai corak. Selain itu, harga tiketnya juga sangat murah meriah.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Pekalongan. Tapi perlu diingat, kita wajib menjaga baik-baik tempat seperti ini, karena kalau sampai rusak, kemana lagi kita akan pergi untuk sekedar melepas penat.

Loading...

Add Comment