Inilah 12 Tempat Wisata di Ponorogo Yang Sedang Hits

Like Fan Page @wowasiknyacom

Apa yang ada dipikiranmu jika mendengar tentang Ponorogo? Pasti yang ada dipikiranmu saat ini yaitu tarian khas Reog Ponorogo. Tidak ada yang salah dengan pikiranmu, karena tari Reog Ponorogo memang sudah sangat terkenal di Indonesia, bahkan di dunia.

Tapi tahukah kamu? Ada beberapa hal menarik lainnya di Ponorogo selain Reog, salah satunya yaitu tempat wisatanya, dimana ada banyak tempat wisata di Ponorogo yang menawarkan sejuta keindahan.

Dari banyaknya tempat wisata di Ponorogo tersebut, ada beberapa di antaranya yang sedang lagi hits dikalangan anak muda. Lantas, dimana saja letak tempat wisata di Ponorogo yang sedang hits tersebut? berikut ulasannya

1. Air Terjun Sunggah

Tempat Wisata di Ponorogo

Air Terjun Sunggah via youtube.com

Tempat wisata di Ponorogo yang pertama yaitu Air Terjun Sunggah. Air terjun yang berada di desa Selur, kecamatanNgrayun, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini sedang lagi hits di kalangan anak muda karena keindahannya.

Dulunya, air terjun ini tidak terlalu dikenal dan tidak terurus sama sekali, tapi baru-baru ini pemerintah setempat mengembangkan air terjun ini menjadi tempat wisata, barulah air terjun ini dikenal luas.

Di air terjun ini pengunjung akan disuguhkan pemandangan ciamik dari air terjun yang diapit oleh dua tebing berwarna kehijauan. Selain itu, batu-batuan besar yang menampung jatuhnya air terjun ini memciptakan spot yang indah untuk sekedar berfoto.

2. Gunung Bayangkaki

Tempat wisata di Ponorogo berikutnya yaitu Gunung Bayangkaki. Gunung yang berada di desa Temon, kecamatan Sawoo, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan setiap harinya.

Hal ini dianggap wajar, karena gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi ini memang dikenal memiliki pemandangan yang eksotis dan indah.

Selain itu, kalau kamu memiliki hobi hiking, kamu bisa mencoba memanjat gunung, di gunung ini ada beberapa puncak yang bisa kamu daki dan telusuri di antaranya yaitu Puncak Ijo, Puncak Tuo, Puncak Tumpak, dan Puncak Gentong.

3. Bukit Watu Semaur

Tempat Wisata di Ponorogo

Bukit Watu Semaur via kec-ngrayun.blogspot.co.id

Berikutnya yaitu Bukit Watu Semaur. Kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia, artinya yaitu batu menjawab. Dinamakan demikian, karena disaat kamu berteriak di tempat ini, maka suaramu akan mengema seperti berada di dalam sebuah gua.

Tebing batu yang memiliki tinggi 125 meter ini sering dijadikan tempat panjat tebing. Selain itu, disaat musim panas (kemarau), ada beberapa pengunjung yang menjadikan di sekitar Bukit Watu Semaur sebagai tempat berkemah.

4. Gunung Bangkong

Kebanyakan orang yang mencari informasi tempat ini di Google mengarah ke gunung Beruk. Tapi, setelah ditelurusi, ternyata, gunung Bangkong dan gunung Beruk berada di tempat yang sama yaitu di kecamatan Balong, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Lebih tepatnya, gunung Bangkong ini berada di atasnya gunung Beruk. Walaupun begitu, kedua gunung ini memiliki keindahan yang luar biasa menakjubkan. Dengan tiket masuk Rp 3000, pengunjung bisa menikmati dan berfoto sepuasnya di tempat ini.

5. Tumpak Pare

Tempat Wisata di Ponorogo

Tumpak Pare via youtube.com

Tempat wisata di Ponorogo yang sedang hits dikalangan anak muda selanjutnya ini berada di desa Cepoko, kecamatan Ngrayun, kabupaten Ponogoro, Jawa Timur. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat camping atau outbound.

Walaupun cukup jauh daru pusat kota, tapi keindahan Tumpak Pare dengan hutan pinus diatas puncaknya tidak boleh kamu lewatkan jika sedang liburan di Ponorogo. Perlu dicatat, jika ingin menikmati pemandangan hijau dari rumput seperti permadani, datanglah pas diakhir musim hujan.

6. Watu Pecah Jonggol

Tempat Wisata di Ponorogo

Watu Pecah Jonggol via wisatajambon.blogspot.co.id

Kebanyakan anak muda yang datang kesini karena penasaran dengan fasilitas rumah pohonnya. Rumah pohon disini memang cukup unik, dimana ada dua rumah pohon yang terhubung dengan sebuah jembatan yang dinamakan ” Jembatan Cinta “. Lokasinya berada di kecamatan Jambon, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

7. Air Terjun Mlaten

Selain Air Terjun Sunggah, ada satu lagi air terjun di Ponorogo yang lumayan ramai dikunjungi yaitu Air Terjun Mlaten. Air terjun ini berada di dusun Temon, desa Temon, kecamatan Sawoo, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Air terjun ini tergolong masih perawan atau hanya sedikit orang yang baru tahu keberadaannya, jadi jangan heran bila berkunjung kesini, lokasinya masih sepi. Karena keindahan yang masih terlihat alami, sehingga air terjun ini dijuluki  ” Brown Canyon “nya Ponorogo.

8. Kedung Gamping

Dulunya, tempat ini sering dijadikan oleh warga setempat sebagai tempat mandi dan mencuci baju. Tapi kini, tempat ini cukup populer sebagai tempat wisata yang sering dikunjungi dan sangat instagramable.

Keunikan tempat ini yaitu suasana alamnya masih terasa sangat asli dan asri, selain itu, airnya juga sangat bersih. Tempat wisata di Ponorogo yang satu ini berada di desa Temon, kecamatan Ngrayun, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

9. Gunung Bedes

Tempat Wisata di Ponorogo

Gunung Bedes via elzhito.wordpress.com

Selain gunung Bayangkaki dan gunung Bangkong, ada satu lagi gunung di Ponorogo yang cukup populer dikalangan wisatawan muda yaitu Gunung Bedes. Lokasinya berada di dusun Buyut, desa Ngadirojo, kecamatan Sooko, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Entah kenapa gunung ini diberi nama ” Bedes “, kemungkinan di dalam hutan gunung tersebut banyak monyetnya, karena kata ” Bedes “ adalah bahasa jawa yang kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia yaitu Monyet.

Selain bisa menikmati keindahan alam di gunung ini, pengunjung juga bisa melihat gunung Bayangkaki dari sisi yang berbeda, sehingga sensasinya pasti membuatmu terkagum-kagum. Tidak percaya, coba saja kunjungi tempat ini.

10. Gua Lowo

Tempat wisata di Ponorogo berikutnya yaitu Gua Lowo, dinamakan demikian, karena di dalam gua tersebut banyak sekali kekelawar. Karena dalam bahasa Jawa, kata ” Lowo “ berarti kekelawar.

Bahkan, saking banyaknya kekelawar di dalam gua tersebut, sampai kotoran kekelewar disana sampai bisa menjadi pupuk yang bagus untuk berbagai jenis tanaman. Guo ini berada di dusun Boworejo,kecamatan Sampung, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

11. Air Terjun Juruk Klenteng

Tempat Wisata di Ponorogo

Air Terjun Juruk Klenteng via mday.info

di kabupaten Ponorogo ada banyak sekali tempat wisata berupa air terjun, selain Air Terjun Sunggah, dan Air Terjun Mlaten, ada juga air terjun Juruk Klenteng yang cukup populer dikalangan wisatawan muda.

Air terjun ini berada diantara perbatasan kabupaten Ponorogo dan kabupaten Trenggalek, propinsi Jawa Timur, atau lebih tepatnya berada di desa Tumpuk, kecamatan Sawoo, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Dinamakan ” Air Terjun Juruk Klenteng “, karena lokasi air terjun ini diapit oleh dua tebing gunung batu. Terkadang, air terjun ini juga disebut air terjun Tumpuk oleh warga disekitarnya, karena lokasinya yang berada di desa Tumpuk.

12. Bukit Cumbri

Tempat wisata di Ponorogo yang cukup hits dikalangan wisatawan muda yang terakhir yaitu Bukit Cumbri. Bukit ini berada diantara perbatasan kabupaten Ponorogo dan kabupaten Wonogiri, atau lebih tepatnya berada di desa Pager Ukir, kecamatan Sampung, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Dari bukit yang didominasi oleh batuan ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan seperti di film Jurasic Park. Kelebihan lainnya yang pasti semua orang suka yaitu tidak dipugut biaya sepeserpun untuk masuk ke bukit ini.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Ponorogo yang sedang lagi hits dikalangan anak muda, walaupun sebenarnya masih banyak tempat-tempat wisata menarik lainnya yang berada di kabupaten Ponorogo.

Loading...

Add Comment