5 Topeng Seram yang Menjadi Ikon Film Horor Terkenal di Dunia

Topeng merupakan alat yang pada umumnya sering digunakan untuk menutupi wajah sebagai media penyamaran, pertunjukan, atau secara simbolis sering juga dipergunakan dalam acara-acara ritual khusus.

Tapi dalam perjalanannya, topeng juga di desain dengan tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan keperluannya, mulai yang hanya sekedar untuk pertunjukan biasa sampai topeng seram yang dipergunakan dalam pembuatan film horor.

Bahkan, banyak film horor sukses menciptakan topeng seram yang pada akhirnya justru menjadi ikon film horor tersebut. Lantas, topeng seram apa saja yang menjadi ikon film horor terkenal? berikut ulasannya

1. Topeng Ghostface – Scream

Topeng Seram

Topeng Ghostface – Scream

Topeng seram yang disebut Ghostface ini sebenarnya dibuat oleh Fun World untuk kostum Hallowen. Bahkan sebelum digunakan dalam film “Scream”, ternyata topeng ini pernah jadi cover album Pink Floyd: The Wall.

Dengan bentuk yang sederhana, topeng seram ini justru menjadi ikon film horor “Scream”, dimana ceritanya sang pembunuh memakai topeng Ghostface dalam setiap melakukan aksi untuk menutupi jati dirinya.

2. Topeng Smiley – Smiley

Topeng Seram

Topeng Smiley – Smiley

Emotion Smile memang lucu, tapi tidak berlaku dalam film horor Smiley. Film ini bercerita mengenai seorang pembunuh berantai dengan nama “Smiley” yang mencari dan mengintai korbannya lewat internet.

Disitus IMDb, film ini hanya mendapat ratting 3.5 dan budget pembuatan film ini juga rendah, namun itu semua tidak berpengaruh dalam film horor dengan topeng paling seram. Sebab, film Smiley menjadi populer karena desain topeng seram nya.

3. Sam dengan Topeng Karung Goni – Trick’r Treat

Topeng Seram

Sam dengan Topeng Karung Goni – Trick’r Treat

Sejatinya, Film Trick’r Treat merupakan film horor yang memiliki 4 cerita yang terpisah-pisah, dimana film yang rilis pada tahun 2007 silam ini menjadi populer karna karakter penjahat utamanya yang mengerikan yaitu Sam.

Sam mengunakan topeng seram dari karung goni, dan siapa pun yang melanggar peraturan Hallowen akan dia serang. Ada satu adegan, dimana topeng seram karung goni tersebut robek yang memperlihatkan antara bekas luka bakar dan Jack-O-Lantern (labu Halloween).

4. Michael Myers dengan Topeng Tanpa Ekspresi – Hallowen

Topeng Seram

Michael Myers dengan Topeng Tanpa Ekspresi – Hallowen

Dalam film “Hallowen”, Michael Myers merupakan mimpi buruk bagi siapa saja yang tidak sengaja bertemu dengannya, dan yang lebih seram lagi, dia mengunakan topeng seram bermuka kosong tanpa ekspresi.

Sebenarnya, topeng seram ini adalah topeng karakter Captain Kirk dalam film “Star Trek”, dimana salah satu kru film “Hallowen” yang disutradarai oleh John Carpenter membelinya di sebuah toko mainan dan kemudian memodifikasinya.

5. Leatherface dengan Topeng Dari Kulit Manusia – The Texas Chainsaw Massacre

Topeng Seram

Leatherface dengan Topeng Dari Kulit Manusia – The Texas Chainsaw Massacre

Memang beberapa karakter pembunuh dalam film sering mengunakan topeng sebagai media penyamarannya seperti dari plastik, kayu, besi, dan sebagainya, tapi tidak untuk Leatherface di film “The Texas Chainsaw Massacre”, dia memakai topeng seram dari kulit manusia.

Karakter Leatherface memang terinspirasi dari kisah nyata pembunuh berantai yaitu Ed Gein, dimana seperti yang sudah diketahui dia dalam aksi pembunuhannya mengunakan topeng dari kulit manusia. Hii

Nah, itulah beberapa topeng seram yang menjadi ikon film horor terkenal di dunia. Beberapa film horor ini justru dikenal karena topeng yang digunakan oleh tokoh utama penjahatnya.

Baca juga: Hati-Hati, Inilah 10 Film Tersadis Yang di Cekal Banyak Negara

Loading...

Add Comment