Bukan Hanya di Indonesia! Inilah 9 Tradisi Mudik di Berbagai Negara!!

Tradisi Mudik

Ilustrasi Tradisi Mudik di Indonesia

Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir semua kota-kota besar di Indonesia banyak dihuni oleh orang-orang perantau yang mencoba mengubah nasibnya, makanya saat liburan Hari Raya Idul Fitri, sebagian besar penduduk kota di Indonesia akan pulang ke kampung halamanannya masing-masing.

Pulang kampung saat liburan lebaran atau yang sering disebut ” mudik “ ini sudah sejak lama menjadi tradisi di Indonesia. Biasanya, tujuannya adalah untuk berkumpul, bertemu, dan bersilaturahmi dengan keluarganya di kampung halaman.

Tapi tahukah kamu? Kalau tradisi mudik ini bukan hanya ada di Indonesia, ada beberapa negara lain yang juga memiliki tradisi yang mirip dengan tradisi mudik di Indonesia. Lantas, negara apa saja yang memiliki tradisi mudik seperti di Indonesia? berikut ulasannya

1. Malaysia

Malaysia adalah negara yang masih serumpun dengan Indonesia, sehingga ada beberapa tradisi dan kebudayaan yang mirip dengan Indonesia, salah satunya yaitu tradisi mudik saat menjelang lebaran atau Hari Raya Idul Fitri.

Bedanya, istilah yang mereka pakai adalah ” Balek Kampung “ yang biasa mereka lakukan seminggu sebelum lebaran. Sedangan Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri biasa mereka sebut dengan istilah ” Hari Raya Puasa “.

Umat muslim di Malaysia juga mengenal tradisi bagi-bagi uang, yang kalau di Indonesia sering disebut ” THR “. Hal ini tentunya tidak lepas, karena negara Malaysia juga mayoritas penduduknya beragama Islam.

2. Mesir

Negara Mesir juga memiliki tradisi mudik, cuma bedanya mudik di Mesir sedikit berbeda dengan mudik di Indonesia, karena kebanyakan masyarakat muslim disana menganggap lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah hari raya kecil.

Puncak arus mudik di negara Mesir justru terjadi saat menjelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban, karena masyarakat muslim disana menganggap Idul Adha adalah hari raya yang lebih besar dari Hari Raya Idul Fitri.

3. Turki

Turki adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk mayoritas muslim di dunia, sehingga Hari Raya Idul Fitri disana dirayakan dengan sangat meriah. Biasanya, Perayaan Idul Fitri disana disebut dengan istilah ” Seker Bayram “.

Selain itu, kebiasaan orang-orang di Turki juga mirip dengan orang di Indonesia yaitu orang-orang yang tinggal di perantauan akan melakukan mudik atau pulang ke kampung halamanan masing-masing saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Biasanya, tujuan mudik di Turki adalah untuk bersilaturahmi dengan keluarga atau kerabat lainnya dan berziarah. Berziarah disana tidak dilakukan secara besar-besaran, hal ini biasanya ditandai dengan adanya beberapa pasar bunga di beberapa daerah.

4. China

Berdasarkan data, hanya kurang lebih 2% penduduk di China yang beragama Islam, dimana kota Kota Xinjiang dan Yunnan adalah dua kota di China yang mempunyai jumlah muslim terbanyak dibanding kota lainnya di China.

Walaupun begitu, umat muslim disana juga mengenal tradisi mudik yaitu pulang ke kampung halamananya masing-masing saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hanya saja, liburan lebaran disana tidak sepanjang di Indonesia.

Liburan panjang dan meriah terjadi disaat menjelang Imlek. Hal ini tentunya, karena mayoritas penduduk China memeluk agama Konghucu, Tao, dan Buddha.

5. India

Walaupun termasuk agama minoritas, tapi umat islam di India termasuk lumayan banyak. Hal ini karena, negara India adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar kedua di dunia setelah negara China.

Muslim di India juga mengenal tradisi mudik, bahkan fenomena mudik disana lebih heboh daripada di Indonesia, dimana saat menjelang perayaan Idul Fitri, umat muslim di India akan berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Alat transportasi seperti kereta api akan penuh dan sesak saat mudik, bahkan ada beberapa orang yang rela bergelantungan di bagian pintu, jendela, bahkan ada yang dibagian atap kereta. Tapi, puncak arus mudik yang besar di India akan terjadi di hari Festival of Lights atau Diwali.

Baca Juga: Unik dan Meriah, Inilah 10 Tradisi Lebaran di Indonesia

6. Bangladesh

Merantau ke kota-kota besar untuk bekerja demi memperbaiki nasib juga banyak dilakukan oleh masyarakat di negara Bangladesh. Makanya, saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, para perantau tersebut akan pulang kampung atau mudik.

Tradisi mudik di Bangladesh adalah agenda tahunan yang wajib dilakukan oleh para perantau di negara Bangladesh, karena negara ini memiliki populasi muslim yang cukup nesar. Makanya, menjelang lebaran, hampir semua rute perjalanan akan dipenuhi oleh para pemudik.

7. Pakistan

Kurang lebih sama dengan negara Bangladesh, negara Pakistan juga memiliki tradisi mudik, momennya juga sama dengan negara Bangladesh dan Indonesia yaitu dilakukan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Arus mudik biasanya terjadi di jalur-jalur utama yang menghubungkan antar wilayah di negara Pakistan. Bahkan, untuk mencegah kemacetan, pihak pemerintah pun melibatkan kepolisian untuk mengawal dan mengamankan para pemudik di beberapa titik yang rawan kemacetan.

Sebagai gambaran arus mudik di Pakistan, mungkin kurang lebih sana dengan arus mudik di Indoensia, dimana jalur utama yang menghubungkan antar wilayah akan selalu penuh dan sesak menjelang lebaran.

8. Arab Saudi

Mengingat negara Arab Saudi adalah salah satu negara di dunia dengan jumlah penduduknya muslim, maka tidak heran jika warga muslim di negara ini juga melakukan mudik atau pulang ke kampung halamannya masing-masing saat menjelang lebaran.

Selain itu, di negara ini juga ada beberapa tempat ibadah yang sangat disucikan oleh umat muslim di seluruh dunia, maka tidak heran juga kalau perayaan Idul Fitri di negara ini juga dilakukan dengan sangat meriah.

9. Nigeria

Mudik atau pulang ke kampung halamannya masing-masing juga dilakukan oleh sebagian besar umat muslim di negara Nigeria. Disana, Hari Raya Idul Fitri sama dengan di Indonesia yaitu dijadikan hari libur nasional.

Nah, momen inilah yang dimamfaatkan oleh umat muslim disana untuk pulang kampung saat menjelang lebaran dengan tujuan mengunjungi keluarga dan kerabat lainnya, serta berziarah ke makam keluarga yang sudah mendahului.

Nah, itulah beberapa tradisi mudik di berbagai negara selain di Indonesia. Ternyata, hampir semua umat muslim di dunia melakukan mudik atau pulang ke kampung halamannya masing-masing saat menjelang lebaran.

Baca Juga: 11 Lagu Religi Terbaik Yang Selalu Jadi Hits di Bulan Ramadhan

Loading...

Add Comment