Tradisi Nyadran: Ziarah Ke Makam Keluarga Untuk Menyambut Ramadhan

Tradisi Nyadran

Tradisi Nyadran via wikipedia.org

Menjelang datangnya bulan Ramadhan, umat muslim biasanya akan mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan. Salah satunya yaitu ziarah ke makam keluarga (leluhur).

Tradisi ziarah atau nyekar ini biasanya dilakukan seminggu sebelum bulan Ramadhan dimulai. Hal ini juga dilakukan di Jawa Tengah, hanya saja berziarah ke makam keluarga sebelum dimulainya bulan Ramadhan memiliki tradisi sendiri di Jawa Tengah yaitu Tradisi Nyadran.

Inilah 7 Kejadian Memalukan Wanita Kejepit Sesuatu Paling Langka

Nyadran adalah sebuah tradisi yang sudah turun temurun dilakukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan di Jawa Tengah. Lantas, seperti apa saja Tradisi Nyadran tersebut? berikut ulasannya

1. Tradisi Nyadran Biasanya Diisi dengan Melakukan Pembersihan Makam Keluarga

Rangkaian acara dari tradisi ini¬†biasanya dengan melakukan pembersihan makam-makam keluarga dari kotoran dan rumput-rumput yang ada disekitar makam tersebut atau dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah ” Besik “.

Setelah selesai membersihan makam-makam tersebut, kemudian dilakukan pembacaan doa, zikir, tahlil, dan kemudian ditutup dengan makan bersama keluarga dan sanak saudara lainnya disekitar makam tersebut.

Acara makan bersama keluarga lainnya di sekitar pemakaman tersebut adalah bentuk rasa syukur kepada Tuhan. Selain itu, tradisi Nyadran ini juga bisa dipahami sebagai bentuk hubungan antara keluarga yang sudah meninggal dengan sesama manusia, dan Tuhan.

2. Tradisi Nyadran adalah Tradisi Turun Temurun di Jawa Tengah

Umumnya tradisi ini sering dilakukan oleh masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta, karena masyarakat disana percaya bahwa mendoakan leluhur dan keluarga yang sudah meninggal, sangat baik dilakukan.

Selain itu, tradisi ini juga bermamfaat bagi orang yang masih hidup di dunia untuk mengingatkannya tentang kematian yang bisa kapan saja mendatanginya. Dengan berziarah, umat muslim akan diingat tentang keseimbangan hidup di dunia untuk mencari bekal di akhirat nanti.

Nah, itulah tadi sedikit ulasan tentang tradisi Nyadran yaitu tradisi ziarah ke makam keluarga sebelum datangnya bulan Ramadhan. Sampai saat ini, Nyadran menjelang bulan Ramadhan sudah menjadi salah satu wisata rohani yang cukup mencuri perhatian di Jawa Tengah.

Loading...

Add Comment