7 Trik BMX Untuk Pemula Yang Harus Dikuasai Sebelum Mencoba Trik Yang Lebih Berbahaya

BMX Freestyle merupakan olahraga yang mengunakan sepeda sebagai alat utama untuk melakukan aksinya. Pada perkembangan olahraga ini banyak di gemari oleh anak muda remaja jaman sekarang.

Bersepeda mungkin tidak masuk kategori olahraga ekstrim, tapi kalau BMX Freestyle mungkin beda lagi ceritanya. Perbedaan paling menonjol antara bersepeda biasa dan BMX yaitu manuver-manuver yang dilakukan BMX.

Saat melihat seseorang melakukan trik BMX, mungkin saja kita merasa bahwa trik itu sangat mudah dilakukan. Padahal seorang pengendara BMX harus menguasa trik dasar sebelum mencoba trik-trik yang lebih berbahaya. Nah berikut beberapa Trik Dasar BMX Untuk Pemula

1. Wheelie

Trik BMX Untuk Pemula

Wheelie

Trik ini merupakan trik paling dasar yang harus dikuasai pengendara BMX freestyle. Tujuan utamanya adalah mengangkat stang sepeda tapi sepeda tetap berjalan dengan satu roda. Caranya, letakan kedua kaki pada pijakan belakang (back peg), selanjutnya angkat stang sampai sepeda bisa berjalan dengan mengunakan roda belakang.

2. Endo

Trik BMX Untuk Pemula

Endo

Trik ini cukup beresiko, jadi sebaiknya gunakan perangkat keamanan seperti helm dan lainnya sebelum melakukan trik ini.

Tujuannya adalah mengangkat roda belakang sampai posisi sepeda tegak. Caranya, saat bergerak dengan kecepatan yang tinggi, genggam rem depan selanjutnya gerakan tubuh sedikit condong kedepan sampai ban belakang sepeda terangkat.

3. Manual

Trik BMX Untuk Pemula

Manual

Trik ini bertujuan, mengangkat sedikit ban depan sepeda dan tetap bergerak mengunakan pedal. Caranya, letakan salah satu kaki ke peg, selanjutnya kaki yang satunya harus berada di pedal, lalu angkat stang dan kemudian buat seimbang sepeda dengan pedal.

4. Nose Manual

Trik BMX Untuk Pemula

Nose Manual

mirip dengan trik manual, tapi yang diangkat adalah bagian belakang sepeda. Caranya, letakan salah satu kaku di peg depan, kemudian kaki yang satunya taruh pada pedal. selanjutnya seimbangkan sambil mengerakan pedal.

5. Pogos

Trik BMX Untuk Pemula

Pogos

Trik ini adalah membuat sepeda melompat dengan sedikit lompatan kecil. Caranya rem sepeda roda belakang, selanjutnya letakan kaki di peg belakang, lalu angkat stang, kemudian cobalah lompat dengan sepeda.

6. Bunny Hop

Trik BMX Untuk Pemula

Bunny Hop

Tujuan trik ini adalah membuat sepeda melompat setinggi tingginya. Trik ini dibutuhkan latihan yang rutin karena harus busa mengkordinasikan antara kaki dan tangan untuk memastikan kapan waktu yang tepat untuk melakukan lompatan

7. Dork Wheelie

Trik BMX Untuk Pemula

Dork Wheelie

Trik ini hampir sama dengan trik Wheelie, tapi di trik ini salah satu kaku harus berada di belakang untuk mengendalikan keseimbangan

Nah, itulah beberapa Trik BMX Untuk Pemula yang harus dikuasai sebelum mencoba trik BMX yang lebih berbahaya lainnya. Perlu diingat juga mencoba trik diatas harus mengunakan keamanan yang diangjurkan.

Baca juga: 6 Trik Dasar Skateboard Yang Harus Dikuasai Skaters Pemula

Loading...

Add Comment