3 Trik Membatasi Kalori Berlebih Sewaktu Diet

Trik Membatasi Kalori Berlebih Sewaktu Diet

Memahami jumlah kalori untuk diet membantu menikmati diet sehat yang efektif tanpa efek samping, jadi idealnya perlu dipahami dulu. Diet sembari menghitung-hitung kalori semua jenis makanan yang dikonsumsi di masa sekarang sudah dianggap ketinggalan zaman.

Mengapa? Sebab sangat ribet dan resiko kebobolan cukup besar karena bisa jadi kalori alami makanan mentah mengalami perubahan sewaktu diolah. Misalnya sayur bayam, kalorinya memang rendah namun jika di tumis dengan banyak minyak tentu tidak baik untuk diet Anda.

Trik Membatasi Asupan Kalori Saat Diet

Daripada dibuat pusing dengan cara menghitung kalori untuk diet, maka banyak pelaku diet sehat mencoba skema yang lebih simpel. Sebab kebutuhan kalori harian idealnya 1400-2200 kalori per hari, usahakan tidak kurang saat diet agar tidak lemas, sembelit, atau malah diare. Jika ingin simpel membatasi kalori simak trik berikut:

1. Konsumsi lebih banyak protein,

Tubuh memerlukan protein untuk membakar kalori berlebih maka saat diet cobalah memperbanyak asupan protein. Baik protein nabati dari tahu dan tempe maupun protein hewani dari segala jenis daging dan juga seafood.

2. Kurangi minuman manis perbanyak air putih,

Minuman manis seperti semua jenis softdrink memberi suplay kalori dalam jumlah tinggi namun perut terasa lapar, akhirnya tubuh kebobolan kalori berlebih.

Saat menjalankan diet usahakan memangkas habis konsumsi minuman manis. Jika terbiasa minum teh manis hapus gula Anda, jika berat ganti dengan pemanis rendah kalori. Sebagai ganti agar tak dehidrasi maka perbanyak minum air putih.

3. Kurangi asupan sumber karbohidrat,

Karbohidrat menyumbang gula dalam tubuh cukup tinggi demikian pula dengan kalorinya, jadi selama diet sehat cobalah untuk memangkasnya. Misalnya saja saat terbiasa mengkonsumsi nasi putih bisa diganti dengan jagung atau mungkin nasi merah.

Opsional lain adalah oatmeal yang kalorinya rendah dan karbohidratnya sederhana sehingga memberi rasa kenyang lebih lama. Idealnya dalam diet asupan karbohidrat tetap masuk namun dibatasi semakin baik jika memilih karbohidrat sederhana, sebab hilangnya asupan karbohidrat membuat sistem pencernaan bermasalah.

Loading...

Add Comment