Wajib Disimak, 7 Trik Menghemat Uang Bulanan Berikut Ini

Wajib Disimak, 7 Trik Menghemat Uang Bulanan Berikut Ini

Tak peduli apakah kamu seorang anak kos, pekerja kantoran, atau pelaku startup, kamu mesti bisa menghemat uang bulanan jika ingin hidup lebih makmur, tentram, dan aman.

Sayangnya, berbagai kebutuhan di era modern semakin mempersulit kita untuk menghemat uang bulanan. Biaya untuk keperluan sehari-hari seperti biaya makan atau biaya listrik memang bisa kita penuhi. Namun ada saja hal-hal lain yang membuat uang bulanan kita ludes dengan sangat cepat.

Jika kamu punya grand plan tertentu seperti melanjutkan kuliah S2, menikah, atau ingin meningkatkan level bisnis, maka kamu wajib mengaplikasikan 7 trik menghemat uang bulanan berikut ini.

1. Prioritaskan Kebutuhan Sehari-hari

Pasca gajian atau mendapatkan dana bulanan dari orang tua, kamu wajib memprioritaskan kebutuhan sehari-hari. Jika kamu sudah menikah, maka gelontorkan uang hanya untuk kebutuhan sehari-hari seperti biaya listrik, biaya sekolah anak, biaya dapur, dan lainnya.

Jika kamu anak kos, maka segera selesaikan seluruh kebutuhanmu seperti bayar uang kos, bayar uang kuliah, beli kebutuhan makan, dan lainnya. Jadi setelah mendapatkan gaji, jangan pernah memprioritaskan hal-hal yang tidak urgent seperti makan di restoran, party di rumah teman, travelling, dan hal-hal yang berbau foya-foya lainnya.

2. Jalan Kaki atau Bersepeda

Salah satu penyebab mengapa seseorang sulit untuk menabung yaitu karena uangnya habis untuk biaya bensin. Apalagi mereka yang terbiasa berada di jalanan untuk macet-macetan, pasti uangnya habis untuk beli bensin.

Jika tempat kerja atau kampus kamu tidak terlalu jauh, sebaiknya kamu jalan kaki saja untuk menghemat budget bensin. Atau jika lokasinya agak lumayan jauh, kamu bisa invest dana untuk beli sepeda.

Dengan menggunakan sepeda, selain sangat sehat, kamu ‘pun tak perlu lagi mengeluarkan uang bensin. Tak perlu gengsi, bahkan kamu bisa menjadi contoh baik bagi banyak orang karena kamu sudah mengkampanyekan hidup sehat dan hemat.

3. Manfaatkan Promo Bebas Biaya Admin

Jika kamu sering belanja token listrik, air, atau TV kabel, sebaiknya kamu cari marketplace yang menawarkan promo bebas biaya admin, salah satunya yaitu promo Tokopedia.

Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang sangat sering memberikan promo semacam ini. Dengan memanfaatkan promo tokopedia bebas biaya admin, kamu tak perlu keluar biaya tambahan saat membeli token listrik ataupun kebutuhan lainnya.

4. Jangan Terpengaruh Tren

Bagi kamu yang menggunakan Instagram, kamu tentunya sering menemukan akun-akun clothing brand ternama. Koleksi clothing yang ditawarkan oleh brand-brand tersebut memang sangat ‘menggoda iman’. Tak ayal, jika kita tak punya prinsip kuat untuk berhemat, kita ‘pun pasti tergoda untuk membeli berbagi produk fashion yang ditawarkan di Instagram.

Jadi agar kamu bisa menghemat budget belanja bulanan, sebaiknya jangan terlalu terpengaruh tren. Sebaiknya kamu membeli pakaian yang tidak terlalu mahal namun tidak kelihatan norak. Apabila ada teman di sekolah atau kantor yang sering menggunakan item fashion brand ternama, maka kamu jangan sampai tergoda ya.

5. Belanja di Pasar Tradisional

Jika kamu anak kos, maka hindarilah belanja kebutuhan sehari-hari di supermarket. Sebaiknya, kamu belanja kebutuhan sehari-hari seperti buah-buahan, sayuran, daging, dan lainnya di pasar tradisional.

Selain sangat hemat, kamu ‘pun bisa menemukan bahan-bahan pangan yang lebih fresh tanpa bahan pengawet sama sekali. Tak perlu gengsi, yang penting budget bulananmu aman hingga akhir bulan.

6. Gunakan Wi-Fi Gratisan

Jika kamu bukan seseorang dengan tipikikal full-time online, sebaiknya kamu gunakan Wi-Fi gratisan. Jika kamu di kantor, kamu bisa memanfaatkan akses Wi-Fi kantor. Jika kamu anak kuliahan, maka kamu bisa memanfaatkan akses Wi-Fi kampus, kafe, dan lokasi-lokasi lain yang ada free Wi-Fi ‘nya.

7. Sedekah

Meskipun kamu berusaha untuk hemat, namun bukan berarti kamu tak perlu sedekah. Ingat, sedekah merupakan usaha kita membantu orang lain, dan kita ‘pun pasti akan mendapatkan balasan terbaik dari Tuhan, jadi tetap sedekah ya.

Apapun profesimu, jika kamu ingin hidup lebih tentram dan aman, sebaiknya mulailah berhemat. Namun jangan asal berhemat, kamu mesti merealisasikan beberapa tips diatas.

Loading...

Add Comment