7 Universitas Tertua Di Dunia Yang Masih Berdiri Hingga Sekarang

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang hakiki, dimana setiap orang tentunya ingin mendapatkan pendidikan yang bukan hanya tinggi tapi juga berkualitas. Karena hal itulah, tidak jarang orang memilih universitas yang sudah terjamin kualitasnya.

Memilih universitas bisa dibilang gampang-gampang susah, karena di luar sana banyak universitas yang mengklaim bahwa universitas mereka adalah yang terbaik. Jadi, sebelum menentukan universitas, ada baiknya melihat sejarah universitas tersebut, misalnya umurnya.

Karena semakin tua umur universitas, maka pengalaman yang dimiliki staff dan organisasi di dalam universitas tersebut, semakin terjamin kualitasnya. Lantas, universitas mana yang memiliki umur paling tua di dunia? berikut ulasannya

1. Universitas Al-Qarawiyyin – Didirikan Pada Tahun 859

Universitas Al-Qarawiyyin via wikipedia.org

Universitas Al-Qarawiyyin atau disebut juga universitas Al-Karaouine terletak di Fes, Maroko. Universitas ini merupakan universitas tertua di dunia yang masih beroperasi, dimana diketahui didirikan pada tahun 859.

Pada awalnya, bangunan universitas ini adalah sebuah masjid yang kemudian secara perlahan-lahan berkembang jadi tempat menimba ilmu, terutama ilmu pengetahuan alam sekaligus menjadi salah satu pusat spiritual muslim dunia.

2. Universitas Al-Azhar – Didirikan Antara Tahun 970-972

Universitas Tertua Di Dunia

Universitas Al-Azhar via wikipedia.org

Universitas Al-Azhar berada di ibukota Mesir, Kairo, dimana universitas ini didirikan antara tahun 970-972. Selain sebagai universitas tertua di dunia setelah Al-Qarawiyyin, universitas ini juga merupakan salah satu pusat pendidikan utama sastra Arab, Islam Sunni, dan berbagai pembelajaran Al-Quran.

Selain itu, di universitas ini juga diajarkan ilmu pengetahuan modern dan juga terdapat sebuah perpustakaan yang dianggap sebagai harta karun Islam. Karena hal itulah, banyak ulama-ulama besar yang belajar ditempat ini, termasuk juga ulama-ulama Indonesia.

3. Universitas Bologna – Didirikan Pada Tahun 1088

Universitas Tertua Di Dunia

Universitas Bologna via wikipedia.org

Universitas Bologna terletak di kota Bologna, Italia, yang merupakan universitas pertama yang didirikan di Eropa, dimana diketahui didirikan pada tahun 1088.

Pada masa perang dunia kedua, banyak pemimpin negara Eropa yang menempatkan mahasiswa-mahasiswa mereka di universitas ini. Tujuannya adalah untuk menjalin dan memperkuat institusi-institusi dengan negara yang lebih maju.

Hingga sampai sekarang, Universitas yang sudah memiliki 23 fakultas ini, masih dianggap sebagai salah satu universitas terbaik yang ada di Eropa.

4. Universitas Paris – Diperkirakan Didirikan Pada Tahun 1096

Universitas Tertua Di Dunia

Universitas Paris via wikipedia.org

Tidak ada catatan pasti yang menyebutkan kapan universitas ini berdiri, tapi menurut sejarahnya, proses mengajar di universitas ini sudak dilakukan sejak tahun 1096. Universitas Paris juga sering disebut universitas Sorbonne.

Sampai sekarang, universitas ini menjadi salah satu universitas paling terkenal dan prestisius di dunia, dimana sudah banyak para Ilmuwan, pemenang Nobel, hingga polikius yang menempuh pendidikan di universitas ini.

5. Universitas Oxford – Didirikan Pada Tahun 1096

Universitas Tertua Di Dunia

Universitas Oxford via pixabay.com

Universitas Oxford adalah salah satu universitas tertua di dunia yang terletak di kota Oxford, Inggris. Universitas ini juga tidak jelas kapan didirikannya, tapi secara formal disebutkan bahwa universitas Oxford didirikan pada tahun 1096.

Universitas ini berkembang pesat setelah Raja Inggris saat itu yaitu Raja Henry II melarang mahasiswa-mahasiswa Inggris belajar di universitas paris pada tahun 1167. Hingga sekarang universitas ini dianggap sebagai salah satu universitas terbaik di dunia.

6. Universitas Cambridge – Didirikan Pada Tahun 1209

Universitas Tertua Di Dunia

Universitas Cambridge via wikipedia.org

Bisa dikatakan Universitas Cambridge adalah saingannya Oxford, dimana universitas ini juga termasuk universitas tertua di dunia yang masih beroperasional dan tertua kedua di Inggris setelah universitas Oxford. Universitas ini didirikan oleh beberapa sarjana yang meninggalkan Oxford setelah terjadi sengketa yang terjadi pada tahun 1209.

Oxford dan Cambridge dipandang sebagai universitas paling bergengsi di Inggris, dimana keduanya sudak memiliki sejarah kompetisi yang cukup lama satu sama lainnya. Sampai saat ini universitas Cambridge termasuk salah satu unversitas terbaik dunia.

7. Universitas Salamanca – Didirikan Pada Tahun 1218

Universitas Tertua Di Dunia

Universitas Salamanca via wikipedia.org

Universitas ini terletak di negara Spanyol, tepatnya di Salamanca dan didirikan pada tahun 1218. Pada tahun 1225, Universitas ini baru mendapatkan gelar “universitas” dari Paus Alexander IV.

Universitas ini didirikan oleh raja Alfonso IX Leonese, yang bertujuan memberi kesempatan masyarakat Leonese untuk menimba ilmu. Karena memiliki jurusan hukum gereja dan hukum sipil, hingga akhirnya banyak mahasiswa tertarik belajar ditempat ini, termasuk mahasiswa dari Paris dan Bologna.

Hingga sekarang, universitas Salamanca tetap menjadi favorit mahasiswa Spanyol yang ingin fokus belajar tentang Humaniora dan studi bahasa.

Baca juga: Menakjubkan, Inilah 5 Masjid Tertua di Dunia

Loading...

Add Comment