Hiiy Seramnya! 7 Cerita Urban Legend Di Bandung

Banyak orang yang tidak percaya dengan adanya hantu, mereka berdalih bahwa makhluk tersebut hanya tercipta dari rasa takut manusia yang tidak berdasar, sehingga membayangkan hal aneh yang sebetulnya tidak nyata.

Memang perlu pembuktian dulu agar seseorang bisa mempercayai adanya hantu, tapi bagaimana dengan urban legend yang ceritanya sudah ada sejak turun temurun. Kadang ceritanya terdengar aneh dan tidak masuk akal, tapi banyak orang mempercayainya.

Seperti beberapa cerita urban legend di Bandung ini. Konon katanya di beberapa tempat di daerah Bandung terkenal dengan keangkerannya dan sering terjadi penampakan hantu mengerikan. Tidak percaya? Sebaik dibaca saja dulu, setelah itu baru ditentukan, apakah kamu percaya atau tidak.

1. SMA 5 Bandung

Urban Legend di Bandung

SMA 5 Bandung via wikipedia.org

Di setiap kota pasti memiliki bangunan sekolah kuno yang sudah lama berdiri dan menjadi saksi sejarah kota tersebut. Inilah yang dialami oleh salah satu bangunan SMA terfavorit di Bandung yaitu SMA Negeri 5.

Bangunan kuno yang sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda ini terletak di jalan Belitung no:8. Di bangunan SMA yang dikenal juga dengan nama Hooge Burgere School ini pernah terjadi kasus bunuh diri.

Konon katanya terdapat tiga jendela di bangunan SMA ini yang selalu terbuka. Banyak yang percaya bila memutari bangunan kuno ini sebanyak 3 kali, kamu akan melihat hantu wanita Belanda di jendela tersebut.

Dipercaya hantu itu merupakan Nancy seorang wanita Belanda. Bahkan saat malam harinya di bangunan SMA 5 ini juga sering terdengar suara denting piano musik klasik yang berasal dari ruangan musik meskipun ruangan tersebut tidak ada orang.

2. Jalan Tongkeng (Stadion Siliwangi)

Urban Legend di Bandung

Jalan Tongkeng via kaskus.co.id

Banyak orang Indonesia percaya, kalau sebuah tempat yang besar dan tidak ditempati di malam harinya merupakan tempat favorit hantu. Itulah yang dialami bangunan Stadion Siliwangi, walaupun di siang harinya selalu ramai dengan hingar bingar sepakbola tapi berubah angker bila malam hari.

Tidak heran, apabila penduduk Bandung tidak mau melintasi kawasan jalan Tongkeng saat malam hari. Kenapa? karena sering terjadi penampakan hantu di sekitar stadion Siliwangi. Kabarnya hantu prajurit Belanda tanpa kepala yang menunggang kuda yang sering muncul di sana.

Tidak percaya? Jika ingin membuktikan, coba saja datangi daerah tersebut di atas jam 11 malam dan tiuplah peluit. Dipercaya hantu prajurit Belanda itu akan datang untuk mengambil kepalanya yang tergeletak disekitar jalanan.

3. Hantu Garasi di Antara Jalan Dago dan Dayang Sumbi

Di sepanjang antara jalan Dago dan jalan Dayang Sumbi ada sebuah rumah angker. Konon katanya di salah satu rumah tersebut terdapat garasi tua yang pernah menyimpan mobil antik milik mantan pertama Indonesia yaitu bapak Soekarno.

kabarnya, garasi tersebut tidak pernah di tutup dan dibiarkan selalu terbuka, karena kalau pintunya ditutup, akan terdengar suara ketukan dari dalam garasi yang bila dibuka tidak ada seorangpun di dalam sana.

Selain itu, penduduk bandung yang sering melewati kawasan tersebut sering melihat anak-anak berlarian dan tampak marah.

Baca juga: 7 Jalan Angker di Bandung. Berani Lewat Disini Tengah Malam?

4. Hantu Boneka Jalan Siliwangi

Urban Legend di Bandung

jalan Babakan Siliwangi via merdeka.com

Tepat di jalan Babakan Siliwangi terdapat sebuah pohon angker. kabarnya di jalan tersebut pernah terjadi kecelakaan mengerikan, dimana seorang anak kecil ditabrak hingga tewas di tempat, tepat di depan pohon tersebut

Kemudian penduduk disekitar tempat itu mengantung boneka di atas pohon tersebut, agar arwah anak kecil itu tidak menganggu. Tapi boneka itu justru seolah-olah memanggil arwah penasaran. Konon katanya, apabila melintasi jalan itu malam hari, akan ada hantu yang melayang-layang.

Hantu tersebut berbentuk boneka panda kecil yang tidak lain merupakan boneka milik si gadis yang tewas di tabrak tersebut. Gadis kecil yang diketahui bernama Uci ini meninggal saat berumur 2 tahun pada tahun 1981 silam.

5. Ruang Bawah Tanah Museum KAA

Urban Legend di Bandung

museum Konferensi Asia-Afrika via wikipedia.org

Gedung Merdeka yang saat ini sudah menjadi museum ini merupakan saksi sejarah Konferensi Asia-Afrika (KAA) di Bandung. Konon katanya gedung yang sering menjadi tujuan wisata favorit di Bandung ini, sering terjadi hal ganjil saat pengunjung berfoto di dalam gedung.

Banyak pengunjung mengaku melihat penampakan sosok misterius, bahkan salah satu petugas keamanan museum mengatakan pernah mendengar suara pintu yang dipukul dengan keras dari rungan bawah tanah.

Karena penasaran, petugas tersebut mendatangi suara tersebut dan mendengar suara pintu didobrak dari dalam. Tapi saat dibuka, di dalam ruangan gelap tersebut tidak ada seorangpun. Tidak cuma itu saja, pengunjung juga pernah tidak sengaja memotret penampakan hantu wanita dengan kamera.

Kabarnya, dulunya museum KAA merupakan tempat berkumpulnya orang-orang Eropa. Sebagai gedung tua, ada peringatan jangan asal foto di gedung tersebut

6. Gedung ITB

Urban Legend di Bandung

Gedung ITB via wikipedia.org

Bukan hal yang luar biasa jika mendengar cerita mengerikan di gedung kampus. selain karena sepi di malam hari, gedung unversitas, khususnya di Indonesia, banyak yang merupakan bangunan tua. Itu juga yang dialami Gedung ITB.

Gedung ITB sudah berdiri sejak 3 Juli 1920 yang artinya sudah 96 tahun gedung tua ini dibangun. Tidak heran kalau para mahasiswa ITB sudah terbiasa dengan banyaknya penampakan hantu disana.

Ada beberapa kisah yang diceritakan turun temurun oleh para mahasiswa ITB, salah satu sosok hantu muka rata di Aula Barat dan di gedung PAU juga sering menjadi tempat penampakan hantu yang terjatuh secara tiba-tiba dari lantai atas gedung.

Tidak cuma itu, di lab-lab gedung mesin juga sering muncul keanehan misalnya tiba-tiba mesin menyala sendiri, padahal tidak ada seorangpun di sana.

7. Patung H.C. Verbraak di Taman Maluku

Urban Legend di Bandung

Patung H.C. Verbraak via merdeka.com

H.C. Verbraak adalah seorang pastor Belanda yang pernah bertugas di Aceh pada tahun 1870 dan di beberapa daerah Indonesia lainnya. Konon katanya, tepat dibawah monumennya itu merupakan tempat pusara dirinya. Berdasarkan cerita penduduk setempat, patung pastor yang tewas karena kecelakaan pesawat ini, bisa bergerak sendiri.

Baca juga: 14 Tempat Angker di Bandung Yang Konon Katanya Angker dan Berhantu

Loading...

Add Comment